penyebab selang hidrolik getas
penyebab selang hidrolik getas source google.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa selang hidrolik mudah mengalami getas. Penyebab selang hidrolik getas harus diulik lebih dalam agar tidak menganggu kenyamanan performa mesin anda. Jangan sampai anda merogoh kocek lebih dalam hanya karena sebuah selang getas.

Selang hidrolik umumnya terbuat dari material berbahan karet, bertujuan agar elastis atau fleksibel sehingga mudah digunakan dalam menghantarkan fluida ke mesin. Penggunaan selang hidrolik atau hose sangat dibutuhkan pada alat berat seperti excavator,  crane, forklift, dan masih banyak lainnya. Namun mengapa selang hidrolik ini cepat mengalami getas?

Penyebab Selang Hidrolik Getas

Getasnya sebuah selang dapat menimbulkan bahaya yang dapat mengacam performa mesin. Jika dibiarkan terus berlanjut, maka kebocoran pun tidak dapat terhindarkan. Sangat tidak nyaman bukan?

Berbagai kasus getas pada selang  yang terjadi umumnya disebabkan oleh berbagai hal berikut ini, diantaranya;

1. Paparan Terik Matahari

Penyebab yang pertama ialah dapat disebabkan oleh sinar atau paparan terik matahari secara langsung. Perlu diketahui bahwa sinar matahari dapat membuat karet menjadi lebih cepat meskipun tidak terjadi secara langsung. Suhu udara dari matahari terbilang tinggi

Hal ini memang sudah menjadi polemik bagi pengguna khususnya daerah industri pertambangan sebab lokasi kerja yang mengharuskan berada dibawah sinar matahari.

2. Suhu Mesin Bertekanan Tinggi

Selanjutnya yakni suhu mesin yang memiliki tekanan tinggi. Ketika mesin sedang beroperasi, tidak jarang suhu yang dihasilkan justru bertekanan tinggi. Hal ini disebabkan oleh beragam faktor, salah satunya oli yang sudah jarang diganti.

Saat mesin bertekanan tinggi, otomatis selang juga dapat ikut tersambar panas suhu mesin sehingga perlahan material karet menjadi meleleh dan terbuka. Alahasil, bocor menjadi tidak terhindarkan.

3. Kurang Perawatan

Selain penyebab diatas, ternyata kurang perawatan juga menjadi penyebab selang hidrolik cepat getas. Beberapa pengguna masih kerap abai atau malas melakukan perawatan mesin. Padahal, sangat dianjurkan untuk dilakukan pengecekan menyeluruh setiap selesai mengoperasikan mesin.

Lakukan perawatan dari hal yang paling terkecil, minimal membersihkan bekasi sisa oli pada mesin. Hal ini bertujuan agar debu tidak mudah menempel ke komponen mesin. Bukan tanpa sebab, debu dapat dikatakan dapat menjadi salah faktor tenaga mesin berkurang loh.

4. Selang Kualitas Buruk

Coba cek merek selang yang anda pakai, bisa jadi kualitasnya memang sudah jelek atau buruk. Umumnya, kualitas selang sangat berkaitan dengan merek. Merek telah menjadi indikator terpenting dalam menentukan kualitas suatu produk apapun itu, termasuk selang.

Baca Juga : Ingat, Ganti Selang Hidrolik Setiap Mencapai Waktu Ini

Oleh sebab itu, jangan tergiur dengan harga murah. Sebagai kosumen bijak dan cerdas, ada baiknya anda perlu melakukan cross and check dari masing-masing merek yang hendak digunakan. Bandingkan material, keunggulan, spesifikasi, dan harganya. Jawabannya tentu ditangan anda.

Solusi Mengatasi Selang Cepat Getas

Apa yang terjadi jika selang getas? Pasti rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Maka solusi tepat untuk mengatasi hal ini yakni mengganti selang hidrolik dengan kualitas tinggi.

Mengapa harus selang hidrolik kualitas tinggi?

Kualitas memang tidak bisa dipungkiri sebab hasil menjadi jawabannya. Dengan memakai selang hidrolik berkualitas, maka keuntungan yang akan anda dapatkan yakni memperpanjang life time selang dari getas. Sebab kualitas yang digunakan pasti menggunakan material terbaik untuk mencegah timbulnya getas lebih cepat.

Pastikan anda mendapatkan selang kualitas tinggi dari disributor resmi agar terhindar dari kaulitas abal-abal. Mau konsultasi langsung dengan ahlinya? Segera klik disini.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *