penyebab yang bikin rusak selang hidrolik

Salah satu komponen yang dianggap penting yakni selang hidrolik sebagai penghantar fluida atau oli. Selang hidrolik umumnya dipakai dalam bidang industri, khususnya pertambangan. Tanpa kita sadari, terkadang penyebab yang bikin rusak selang hidrolik dapat mengancam bahaya pada area kerja. Memang sepele, namun dampaknya sangat terasa jika sebuah mesin menjadi rusak total hanya karena sebuah selang.

Oleh sebab itu, maka tidak jarang saat ini banyak para kontraktor yang menggunakan jasa hose fitting hydraulic yang terpercaya. Hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir kecelakaan atau kerugian yang terjadi. Namun tetap saja anda harus mengetahui penyebab yang bikin rusak selang hidrolik, apakah penyebab dibawah ini juga pernah anda alami?

Yuk intip penjelasan selengkapnya dibawah ini;

Cairan yang Tidak Sesuai

Terkadang beberapa pengguna masih mengabaikan kondisi lingkungan dengan cairan yang hendak dipakai. Hal tersebut justru dapat menjadi boomerang bersama. Cairan yang tidak sesuai dapat menyebabkan tabung bagian dalam mengalami kerusakan lebih cepat hingga mengelupas. Jika sudah terjadi demikian, maka tidak jarang komponen kerusakan menjadi merembet ke lainnya.

Baca Juga : Jual Selang Hidrolik Murah, Apakah Memang Berkualitas?

Erosi Pipa

Aliran cairan dengan kecepatan tinggi yang terkonsetrasi lama kelamaan dapat menyebabkan erosi bagian dalam pipa pada selang hidrolik. Jika terus terjadi, erosi pipa bagian dalam ini lama kelamaan juga dapat menyebabkan kebocoran eksternal.

Melebihi Radius Bengkok Minimum

Setiap jenis selang mempunyai titik minimum bengkok radius yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan. Dampaknya, bagian luar tabung dan penutup akan mengalami sobek sehingga kinerja menjadi terganggu.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui kondisi lapangan dengan selang yang hendak dipakai. Tentukan kembali secara akurat dan pasti dalam menentukan radius bengkok minimum agar lebih sesuai.

Udara Kering

Tahukah anda? Ternyata udara kering juga bisa dijadikan sebagai pemicu selang mengalami kerusakan. Pendeteksiannya pun terbilang cukup sulit karena tidak bisa dilihat secara kasat mata. Umumnya, kerusakan jenis ini dapat ditandai adanya kebocoran eksternal.

Rakitan yang Tidak Sesuai

Nah, penyebab jenis ini umumnya diakbatkan oleh kesalahan pengguna. Saat memotong selang, kemungkinan ada partikel logam dan serpihan yang dapat mengendap di di dalamnya jika tidak dibilas dengan benar. Puing yang tertinggal di dalam selang ini bersifat abrasif dan dapat mencemari sistem hidrolik dan juga dapat menimbulkan patahan kecil pada tabung bagian dalam, sehingga dapat memicu kebocoran. Waduh sangat bahaya bukan? 

Selesai sudah ulasan mengenai penyebab yang bikin rusak selang hidrolik yang dapat anda hindari semaksimal mungkin. Pastikan anda menggunakan produk selang terbaik agar terhindari dari kerusakan yang kemungkinan terjadi. Jangan ragu untuk menggunakan jasa hose fitting hydraulic yang terpercaya sebagai solusi menciptakan kenyamanan yang lebih aman.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *