selang hidrolik
selang hidrolik source google

Mengapa selang hidrolik jadi getas lebih cepat? Pertayaan ini sering sekali dilontarkan oleh pengguna hidrolik, khsusunya mereka yang berkecimpung dalam dunia pertambangan maupun industri. Getasnya suatu selang tentu akan menimbulkan efek yang buruk jika tidak segera ditangani segera mungkin.

Penyebab Selang Hidrolik Cepat Getas

Getasnya selang hidrolik menjadi hal yang wajar. Sifat getas tidak telepas dari material selang yang tercipta dari material karet. Seiring dengan bergulirnya waktu, karet pasti mengalami getas disebabkan oleh beberapa faktor internal maupun eksternal.

Berikut penyebab selengkapnya diulas dibawah ini;

Material Tidak Berkualitas

Penyebab yang pertama yakni material yang dipakai kurang berkualitas. Hal ini dapat disebabkan dari pihak produsen, dimana dalam proses pembuatan menggunakan material atau bahan baku yang dinilai kurang berkualitas. Tidak heran bila kualitas sangat mempengaruhi performa mesin.

Untuk menyiasatinya, maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan merek terpercaya yang sudah terbukti memiliki kualitas terbaik dikelasnya.

Paparan Sinar Matahari

Jika tadi faktor internal, sekarang berlanjut ke faktor eksternal. Paparan sinar matahari secara langsung bisa menjadi sebab selang hidrolik alami getas lebih cepat. Sejatinya, karet pasti mengalami kerusakan jika terkena suhu yang tinggi dari matahari secara terus menerus.

Suhu Tekanan Tinggi

Selanjutnya, suhu tekanan tinggi juga dapat menyebakan selang getas. Hal ini disebabkan oleh keadaan mesin yang sedang terganggu, bisa jadi karena fluida (oli) yang digunakan tidaklah berkualitas. Jika hal ini terus dibiarkan lebih lanjut, imbasnya suara mesin menjadi bising serta akan memicu terjadinya gejala overheating.

Ingat, oli menjadi faktor utama terhadap energi hidrolik. Maka dari itu, rajin-rajinlah mengganti oli hidrolik secara berkala dengan melihat buku panduan.

Kurangnya Perawatan

Biasanya setelah mesin digunakan, pengguna malas untuk melakukan perawatan minimal dengan membersihkan debu serta kerak oli yang menepel dalam ruang mesin. Jika hal ini dibiarkan terus berlanjut, sangat memungkinkan partikel debu dapat masuk dengan bebeas melalui celah mesin sehingga menyebabkan performa terganggu.

Malas Mengganti Selang

Apakah anda salah satunya? Fenomena malas mengganti selang sudah melekat pada pengguna sebab mereka tak ingin mengeluarkan biaya lebih. Bukankah hal tersebut justru menjadi bumerang tersendiri?

Lalu kapan waktu terbaik mengganti selang hydraulic?

Sangat dianjurkan untuk mengganti selang hidrolik kisaran waktu 3-6 bulan. Hal ini sebagai upaya memnimalisir resiko kebocoran selang. Jika sudah bocor, siapa yang rugi?

Pakai Selang Hidrolik Berkualitas

Untuk mencegah selang getas lebih cepat, sangat disarankan untuk menggunakan selang hidrolik bertekanan tinggi. Hal ini disinyalir dapat mencegah getas yang berujung pada kebocoran selang.

Selang hidrolik bertekanan tinggi dapat anda temukan di distributor resmi terdekat. Pastikan selang hydraulic pada ahlinya agar terhindar dari barang kualitas abal-abal aliast tiruan. Artikel selengkapnya lihat disini.

Nah itulah ulasan mengenai penyebab selang hidrolik. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda. Rawat hidrolik anda agar tercipta performa mesin yang lebih baik.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *