Beranda » Selang » Pengertian Selang Hydraulic Beserta Fungsi dan Lapisannya

Pengertian Selang Hydraulic Beserta Fungsi dan Lapisannya

selang hydraulic
selang hydraulic source google.com

Berbicara soal mesin berbasis sistem hidrolik pasti tidak terlepas dari komponen selang hydraulic. Apa sih sistem hidrolik tersebut? Lalu apa pengertian dari selang hydraulic? Mungkin istilah ini masih dianggap awam oleh beberapa kalangan masyarakat.

Secara umum, sistem hidrolik merupakan teknologi yang memanfaatkan zat cair atau fluida berupa oli, untuk melalukan suatu gerakan segaris atau putaran. Biasanya, sistem hidrolik erat kaitannya dengan excavator, bulldozer, forklift,

Pengertian Selang Hydraulic

Untuk menghantarkan fluida, maka dibutuhkan selang hydraulic. Selang hydraulic tersebut digunakan untuk menghubungkan sistem elemen yang begerak atau bergetar. Maka dari itu, selang hidrolik biasanya bersifat fleksibel (lentur), tidak kaku, serta dapat beroperasi pada tekanan tinggi suhu diatas 100 derajat celsisus.

Baca Juga : Cara Mudah Menemukan Tempat Jual Selang Hydraulic Terpercaya

Selang hidrolik biasa digunakan untuk menghubungkan sistem elemen yang bergetar atau bergerak. Oleh karena itu selang hidrolik harus fleksibel, tidak boleh kaku seperti karakteristik pipa serta harus dapat beroperasi pada tekanan tinggi. Masa penggunaan selang hidrolik dipengaruhi oleh cuaca, sinar matahari, bahan – bahan kimia, kondisi pengoperasian atau kesalahan selama pengoperasian serta cara penyimpanan.

Baca Juga : Ternyata Inilah 5 Penyebab yang Bikin Rusak Selang Hidrolik

Fungsi Selang Hydraulic

Selang hidrolik umumnya berfungsi sebagai penghantar zat cair berupa fluida (oli) kedalam mesin ektuaktor untuk selanjutnya diubah menjadi tekanan energi.

Baca Juga : Jual Selang Hidrolik Murah, Apakah Memang Berkualitas?

Jika ditilik lebih dalam, peranan dalam menghantarkan fluida tidak hanya dilakukan oleh selang saja, namun juga dilakukan oleh piranti beranama hydraulic piping system. Bedanya, selang ditempatkan pada komponen yang bergerak atau menghubungkan kedua permukaan. Lain halnya dengan hydraulic piping system yang ditempatkan pada tempat permanen. Umumnya, pipa tersebut berdiameter mini dan panjang.

Lapisan Selang Hydraulic

Meskipun hanya sebuah selang, namun terdapat beberapa lapisan yang menjadikan selang hidrolik aman digunakan untuk suhu tinggi. Apa saja itu? Intip penjelasannya dibawah ini;

1. Inner Tube

Inner tube merupakan sebutan untuk lapisan dalam yang memiliki peranan sebagai penghantar fluida.

2. Wire Cushion

Selanjutnya terdapat komponen bernama wire cushion, berfungsi mengurangi kemungkinan kawat menjadi kaku yang dapat menyebabkan kerusakan – kerusakan pada lubang pin pada inner tube.

3. Reinforcement layer & cover

Lapisan penguat terbuat dari kapas, material sintetis atau kawat. Kapas dan bahan sintetis biasanya dianyam, sedangkan kawat dapat dianyam dibelit secara spiral. Cover berfungsi sebagai pelindung hose dari kerusakan eksternal seperti lingkungan atau cuaca. Cover biasa terbuat dari kawat baja, plastik, atau kain.

Lalu bagaimana cara memasangnya?

Tips Mudah Memasang Selang Hydraulic

Untuk memasang selang hydraulic sebenarnya dapat dikatakan mudah, hanya saja butuh ketelitian serta hati-hati. Tidak perlu repot-repot memanggil mekanik, berikut tips mudah memasang selang hidrolik diantaranya ialah sebagai berikut;

1. Harus diingat, dalam proses pemasangan hose tidak boleh terlalu tegang atau kaku. Semakin kaku, maka dapat terindikasi terjadinya kebocoran. Pastikan terdapat celah dengan kisaran jarak tertentu agar hose dapat mengembang ketika suhu mencapai titik tekanan tinggi, serta dapat menyusut saat suhu rendah.

2. Selanjutnya, pastikan radius bengkokan selang tidak terlalu kecil. Jika terlalu kecil, maka hal ini akan mengakibatkan aliran turbulen ikut membentuk sudut kecil.

3. Terakhir, ikat atau pasang klem pada selang hidrolik yang sudah terpasang agar kondisi selang tidak tersentak atau bergerak ketika mendapat beban yang tinggi. Usahakan klem mengikat dengan kencang.

Mau mendapatkan selang hidrolik berkualitas? Jawabannya hanya di Cipta Hydropower Abadi, solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis anda. Tersedia berbagai pilihan merek unggulan serta jenis dan spesifikasi terbaik.

Oke sobat, itulah ulasan seputar selang hidrolik. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda. Senang dapat berbagi informasi berharga seputar hidrolik hanya untuk anda.. Nantikan ulasan bermanfaat lainnya hanya di Jualselanghidrolik..

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *