mengapa selang hidrolik cepat getas
selang hidrolik cepat getas source google

Mengapa selang hidrolik cepat getas? Diantara beberapa sparepart mesin alat berat, ternyata selang hidrolik atau hose dapat mengalami kerusakan lebih cepat dibandingkan unit lainnya. 

Hadirnya selang hidrolik bertujuan sebagai wadah penghantar fluida atau oli ke saluran mesin.Tidak hanya pada kendaraan, namun oli juga dibutuhkan untuk jenis spesifikasi mesin alat berat. Fungsi umum dari oli yakni sebagai pelumas kinerja mesin agar gesekan yang ditimbulkan tidak kasar atau aus. Hose merupakan piranti terbaik untuk mengalirkan oli pada actuator mesin.

Getas Pada Selang Hidrolik

Kondisi getas pada selang hidrolik merupakan hal yang wajar. Selang hidrolik terbuat dari material utama karet sehingga tidaklah heran bila dapat mengalami kondisi getas. Namun, tahukah anda apa itu getas?

Getas merupakan kondisi dimana piranti mudah rapuh, pecah, retak seiring dengan intensitas waktu penggunaan. 

Oleh sebab itu, maka sangat dianjurkan untuk dilakukan pegantian secara berkala sebelum kegetasan terjadi. Bukan tanpa sebab, melainkan dapat timbul kebocoran sehingga berujung membahayakan area sekitar kerja.

Penyebab Umum Getas Pada Selang Hidrolik

Mengapa selang hidrolik cepat getas? Umumnya getas dapat disebabkan oleh dibawah ini;

Cuaca dan Paparan Langsung Sinar Matahari

Umumnya, penggunaan alat berat berada di kawasan outdoor, sehingga secara langsung terpapar sinar matahari. Suhu di Indonesia berkisar 30 hingga 34 derajat. Terik yang menyengat dapat membuat material karet mengalami getas lebih cepat sebab sifat karet tidaklah seperti besi atau baja.

Suhu Panas Mesin

Tidak hanya cuaca lingkungan saja, namun suhu mesin pun turut mempengaruhi kondisi getas pada selang. Suhu pada sebuah mesin alat berat dapat mencapai ratusan derajat celsius. Jika suhu sudah melewati batas maksimal, maka akan timbul gejala overheat. 

Mesin overheating, selang getar getir, duh pusingg..

Nah itulah sebabnya sangat penting untuk melakukan maintenance secara berkala agar suhu mesin tetap dalam kondisi stabil sehingga tidak memicu selang mengalami cepat getas. 

Baca Juga : Ingat, Ganti Selang Hidrolik Setiap Mencapai Waktu Ini

Tips Agar Selang Hidrolik Tidak Getas Dengan Cepat

Jangan khawatir dengan kondisi getas. Mau tahu rahasianya?

Anda dapat melumasi permukaan selang hidrolik dengan oli. Cukup lumaskan se;uruh permukaan hingga merata, lalu lap agar tidak menetes. Hal ini terbukti cukup ampuh untuk menghindari getas. 

Belum banyak yang tahu, ternyata fungsi pelumasan tersebut mirip seperti pelembab kulit. Pelumasan oli dapat menjaga selang agar tidak timbul kondisi getas atau retak hingga berujung kebocoran.

Sekian ulasan terkait getas pada selang hidrolik. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya.

Jangan biarkan getas menjadi penghalang mesin bekerja. Mau mendapatkan selang hidrolik berkualitas? Hubungi kami disini.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *