ganti selang hidrolik

Salah satu unit atau komponen yang dapat mengalami kerusakan lebih cepat yakni selang hidrolik. Lalu kapan waktu terbaik untuk ganti selang hidrolik?

Umumnya, penggunaan pada alat berat selalu berada di area outdoor, sehingga secara langsung sering terpapar sinar matahari. Kondisi cuaca dan suhu dari mesin, dapat membuat kondisi selang cepat mengalami getas, mengingat material utama selang terbuat dari karet. Getas merupakan kondisi dimana komponen sudah rapuh, mudah sobek, mudah pecah. 

Waktu Terbaik Untuk Mengganti Selang Hidrolik

Diantara sekian komponen unit alat berat, selang hidrolik harus mendapatkan perhatian atau maintenance khusus dalam pergantian berkala.

Haruskah menunggu selang rusak dulu baru dilakukan pergantian?

Hal tersebut sudah menjadi salah kaprah diantara beberapa pengguna. Rusaknya selang hidrolik dapat berujung membahayakan area kerja, resiko terbesar yakni terjadi kebakaran karena kebocoran pada hose yang sudah lama tidak diganti. Kebakaran dipicu karena kebocoran pada area engine atau area berpotensi terbakar lainnya seperti turbo changer engine. 

Tidak hanya itu, dampak lainnya yakni oli menjadi tidak tersupplai dengan optimal hingga menyebabkan low power. Fatalnya, pump berubah menjadi kondisi rusak. 

Sebaiknya dianjurkan untuk mengganti selang hidrolik minimal 3 – 6 bulan sekali. Waktu tersebut tergantung pada intensitas pemakaian. Jika semakin sering digunakan, maka sebaiknya dilakukan pergantian tiap mencapai 3 bulan sekali. 

Oleh sebab itu, pastikan anda melakukan pergantian berkala sebelum selang mengalami getas hingga berujung kebocoran. Jangan sampai hal ini menimpa Anda !

Syarat Mengganti Selang Hidrolik

Untuk mengganti selang hidrolik, pastikan selang yang anda pilih memiliki spesifikasi yang sama, meliputi ukuran hose, pressure kerja maksimum, rentang temperatur operasi, kompatibilitas fluida, radius bengkokan maksimum, dan kondisi-kondisi lingkungan. 

Tidak harus sama, namun anda boleh melebihkan spesifikasi pada selang, namun ingat konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya agar tidak menimbulkan kerusakan ketika digunakan.

Pentingnya menggunakan hose dengan ukuran yang sama agar komponen dapat beroperasi dalam sistem hidrolik sesuai dengan spesifikasi rancangan. Jika anda menggunakan hose yang lebih kecil, maka dapat mengurangi kapasitas aliran yang menumpuk pada hidrolik.

Sebaliknya, jika hose terlalu besar maka dapat menimbulkan keterlambatan respon waktu sistem.

Selain itu, gunakan jenis produk yang sudah terbukti memiliki kualitas yang tinggi. Hindari tergiur oleh hose yang murah alias abal-abal. Tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan kepada ahlinya.

Kini anda sudah mengetahui waktu ganti selang hidrolik yang tepat. Nah, pastikan anda mengganti secara berkala sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Sampai jumpa di ulasan selanjutnya..

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *