selang hidrolik

Berbagai mesin alat berat perindustrian saat ini tak terlepas dari penggunaan unit selang hidrolik. Bagi anda yang mulai berkecimpung dalam dunia perindustrian mesin alat berat, sudah tahukah anda apa itu selang hidrolik? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini;

Pengertian Selang Hidrolik

Selang hidrolik merupakan salah satu komponen alat berat yang memiliki fungsi sebagai penghantar oli sebagai pelumas keseluruh bagian unit mesin, terutama dalam menggerakkan actuator. Selang tersebut didesain dari material karet agar kinerja yang dihasilkan lebih optimal dan bersifat fleksibel. 

Lapisan Selang Hidrolik

Tahukah anda? Selang hidrolik tidak hanya di desain dari material karet saja, namun terdapat material pendukung lainnya di setiap lapisan selang. Nah, selang hidrolik terdiri dari empat lapisan atau komponen utama, yakni sebagai berikut;

1. Inner Tube

Lapisan pertama disebut inner tube atau layer yang memiliki fungsi sebagai tempat aliran fluida atau oli.

2. Reinforcement Layer

Lapisan kedua juga disebut sebagai lapisan penguat yang memiliki peranan sebagai kekuatan pada hose atau selang. Lapisan tersebut terbuat dari kapas, material sintetis atau kawat. Untuk kapas tersendiri biasanya dilakukan teknik anyam, sedangkan kawat dianyam atau dibelit secara teknik spiral.

Umumnya, beberapa selang hidrolik memiliki jumlah kawat yang berbeda rentang 1 hingga 6 kawat. Untuk mengetahui jumlah kawat pada hose pun sangatlah mudah, anda tidak perlu repot menguliti atau mengelupas satu-persatu. Bagaimana caranya?

Cukup perhatikan gambar bulatan pada selang. Bulatan tersebut mewakili jumlah kaat yang terdapat pada selang hidrolik.

3. Cushion

Lapisan ketiga yakni cushion yang memiliki fungsi sebagai lapisan mengurangi gesekan

Lapisan ketiga adalah cushion, cushion berfungsi sebagai lapisan yang mengurangi gesekan. Lapisan cushion mengurangi kemungkinan kawat menjadi kaku yang dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan lubang pin pada inner tube.

4. Cover

Lapisan terakhir disebut dengan penutup atau cover. Lapisan inilah yang sering kita lihat karena nampak dari luar. Cover memiliki fungsi sebagai pelindung dari dari cuaca dan lingkungan. 

Nah itulah ulasan mengenai pengertian apa itu selang hidrolik dan bagian-bagiannya. Pastikan anda memilih jenis selang terbaik untuk kebutuhan industri Anda dengan mengkonsultasikan kepada ahilnnya.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *