pengertian sistem hidrolik
sistem hidrolik source google.com

Hampir diseluruh sektor komponen alat berat umumnya sudah menggunakan sistem hidrolik. Lantas apa pengertian sistem hidrolik? Ulasan artikel ini akan menjawab keinginatahuan anda sepenuhnya. Yuk langsung aja simak selengkapnya dibawah ini

Apa Itu Sistem Hidrolik?

Sistem hidrolik merupakan sebuah sistem mekanikal yang memanfaatkan cairan oli sebagai sumber tenaga penggerak pada mesin. Pada dasarnya, sistem hidrolik bekerja berdasarkan hukum Archimedes. Penggunaan sistem hidrolik sangat sering dijumpai  pada sebuah excavator.

Umumnya, sumber tekanan pada hidrolik berasal dari putaran mesin diesel atau yang biasa disebut pompa hidrolik. Jika fluida atau oli terkena tekanan, maka akan merambat ke segala arah dengan tidak menambah atau mengurangi kekuatannya.

Jika ditarik benang merah, maka sistem hidrolik merupakan sebuah mesin yang ditenagai oleh fluida berupa oli. Nah, agar fluida dapat terhantar secara sempurna, maka diperlukan selang hidrolik sebagai wadah fluida tersebut. Perlu diingat, penggunaan selang hidrolik harus diperhatikan secara berkala mengingat komponen tersebut mudah mengalami getas dalam hitungan bulan.

Fungsi Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik biasanya sangat erat dengan berbagai macam alat industri serta otomotif. Bukan tanpa sebab, nyatanya penggunaan hidrolik terbilang cukup efiektif dalam menggerakkan sesuatu yang berat tanpa memakan biaya banyak. Oleh sebab itu, penggunaan hidrolik pun merambah ke berbagai sektor, salah satunya industri.  Lalu apa saja fungsinya?

Dunia Industri

-Penggerak mesin molding seperti percekatan untuk besi,plat,plastik bahkan baja
-Untuk menekan suatu benda yang membutuhkan tekanan yang kuat
-Sumber tenaga dalam mesin penghancur benda

-Sebagai penguji ketahanan material dari industri

Dunia Pertambangan

-Sebagai penggerak pada bulldozer, excavator, crane, dan lain-lain
-Pengontrolan kemudi alat berat

Dunia Teknik

-Sebagai pengunci gerbang suatu bendungan
-Pembantu tenaga turbin

-Peralatan untuk operasi sebuah jembatan (mengangkat suatu jembatan apabila ada kapal lewat)

Nah itulah ulasan seputar pengertian sistem hidrolik dan fungsinya dalam berbagai aspek. Bagaimana? Sangat mudah dipahami bukan?

Setelah ditilik, ternyata penggunaan hidrolik sangatlah penting demi menunjang efektifitas pekerjaan kita. Oleh sebab itu, jangan malas untuk merawat mesin anda agar performa kenyamanan tetap terjaga seutuhnya. Jangan lupa perhatikan kadar kuantitas dan kualitas oli yang digunakan, sebab kunci utama sebuah hidrolik yakni ditentukan oleh oli. Anda dapat berkonsultasi secara gratis disini untuk mendapatkan perawatan terbaik hidrolik.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya..

 

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *