hydraulic dump truck
hydraulic dump truck source google

Penggunaan hidrolik pada alat berat kini merambah ke berbagai segmen kendaraan, salah satunya hydraulic dump truck. Dump truck menjadi salah satu kebutuhan primer bagi pengguna industri, khususnya dalam penggiat pembangunan. Apa itu dump truck?

Dump truck adalah sebuah truk yang mempunyai bak material yang dapat dimiringkan dengan ketentuan derajat tertentu. Untuk menurunkan material, cukup dengan memiringkan bak saja sehingga muatannya dapat langsung meluncur ke bawah. Nah, untuk mengangkat bak inilah dibutuhkan tenaga hidrolik agar bak dapat terangkat dengan optimal. Lalu, bagaimana sistem hidrolik pada dump truck?

Sistem Hydraulic Dump Truck

Pada dasarnya, sistem hidrolik merupakan suatu bentuk perubahan atau pemindahan daya dengan menggunakan media penghantar berupa oli untuk memperoleh daya yang lebih besar dibandingkan daya awal yang dikeluarkan. Secara singkat, sistem hidrolik dapat bekerja sebab adanya fluida yakni oli untuk diubah menjadi tekanan gaya.

Baca Juga : Sistem Hidrolik Pneumatic dan Komponen Lengkapnya Disini

Bagaimana cara kerjanya?

Oli diteruskan oleh pompa pembangkit tekanan, lalu diteruskan ke silinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan katup-katup. Agar gerakan berjalan dengan optimal tidak terlepas dari gerakan translasi batang piston dari silinder yang diakibatkan oleh tekanan oli pada ruang silinder untuk gerak maju dan mundur.

Perlu diingat, sistem hidrolik yang berkambang saat ini tentu tidak terlepas dari hukum Pascal. Hukum inilah yang melahirkan berbagai mekanisme alat kerja dalam dunia industri, pertambangan, konstruksi, maupun otomotif salah satunya dari dunia trucking. Tanpa hadirnya hidrolik, mungkin saja kinerja manusia menjadi kurang efektif.

Baca Juga : Tips Pilih Hidrolik Murah, Lengkap dan Berkualitas Tinggi

Komponen Hydraulic Dump Truck

Pada dasarnya, komponen hidrolik dump truck terdiri dari beberapa piranti berikut ini. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini;

1. Pompa Hidrolik

Tanpa pompa hidrolik, fluida tidak akan dapat menjadi energi. Pompa hidrolik digunakan untuk memindahkan volume fluida berupa oli  untuk diubah menjadi energi. Umumnya, pompa hidrolik berfungsi untuk menghisap fluida berupa oli yang akan disirkulasikan kedalam sistem hidrolik. Oli yang tersikulasikan selanjutnya dikembalikan ke tangki penyimpan oli.

Pompa hidrolik terbagi menjadi lima jenis, apa saja itu? Simak dibawah ini.

a. Pompa Roda Gigi

Sesuai dengan namanya, terdiri dari dua buah roda gigi yang terpasang saling merapat. Cara kerjanya yakni perputaran roda gigi saling berlawananan yang mengakibatkan vakum pada sisi isap. Oli menjadi terisap masuk dalam ruang pompa, lalu dikompresikan ke luar pompa hingga tekanan tertentu.

Tahukah anda? Tekanan pompa hidrolik dapat mencapai 100 bar.

b. Pompa Sirip Burung

Selanjutnya, pompa jenis ini terdiri dari banyak sirip yang dapat bergerak fleksibel di dalam rumah pompanya.

Perhatikan ini. Ketika volume dalam ruang pompa membesar maka akan terjadi penurunan tekanan. Otomatis, oli menjadi terhisap masuk lalu diteruskan menuju ruang kompresi. Oli yang bertekanan akan dialirkan ke sistem hidrolik.

c. Pompa Torak Aksial

Dalam kinerjanya, pompa jenis ini akan menghisap oli melalui piston yang digerakkan oleh poros rotasi. Gerak putar dari poros pompa diubah menjadi gerakan torak translasi, kemudian terjadi hisap dan kompresi secara bergantian.

d. Pompa Torak Radial

Selajutnya, pompa jenis ini terdiri dari berbagai piston yang terpasang secara radial. Bila rotor berputar secara eksentrik, piston pada stator akan mengisap dan mengompresi secara bergantian. Gerakan torak ini akan berlangsung terus-menerus sehingga menghasilkan aliran oli berkelanjutan untuk diubah menjadi energi.

e. Pompa Sekrup

Terkahir, poma sekrup tersiri dari dua rotor yang saling berpasangan atau bertautan namun berbeda bentuk. Satu sisi bebentuk cekung, sedangkan lainnya berbentuk cembung. Hal ini agar memudahkan dalam memindahkan oli secara aksial ke sisi lainnya. Kedua rotor tersebut identik dengan sepasang roda gigi helix yang saling berpasangan atau bertautan.

2. Aktuator Hidrolik

Komponen selajutnya yakni berpa aktuaktor hidrolik yang berupa silinder hidrolik maupun motor hidrolik. Namun perbedaanya ialah silinder hidrolik bergerak secara translasi sedangkan motor hidrolik bergerak secara rotasi.

3. Silinder Hidrolik Penggerak Ganda

Tahukah anda mengapa silinder bisa bergerak maju dan mundur dengan optimal? Hal ini sebab kinerja dari silinder hidrolik penggerak ganda yang dimasukkan pada sisi kiri (maju) dan sisi kanan (mundur).

Tekanan oli akan diteruskan melalui torak selanjutnya menjadi gerakan mekanik melalui stang torak. Gerakan maju dan mundur dari gerakan stang torak inilah dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam proses produksi, seperti menggeser, menekan, hingga mengangkat bak dump truck. Tidak heran bila silinder hidrolik banyak digunakan untuk keperluan alat besar sebab daya atau energi yang dihasilkan jauh lebih besar.

Cara Merawat Dump Truck Terbaik

Kunci untuk mendapatkan performa kenyamanan dengan optimal yakni dengan melakukan perawatan pada silinder hidrolik. Tanpa perawatan dari pengguna, pasti berbagai kerusakan kerap tidak bisa dihindarkan.

Salah satu cara merawat hidrolik dump truck yakni dengan memperhatikan kualitas oli yang akan hendak digunakan. Ingat ya, tiap jenis oli memiliki tingkat SAE yang berbeda. Pastikan tidak salah pilih sebab dampaknya akan mempengaruhi performa kenyamanan anda.

Namun apakah itu saja sudah cukup? Jawabannya tentu tidak.

Agar performa lebih optimal, maka sangat disarankan untuk menggunakan jasa maintenance dump truck terbaik dan terpercaya, khususnya bagi anda penggiat pertambangan batu bara.

Jasa maintenance terbaik di kelasnya yakni Cipta Hydropower Abadi. Tidak hanya berfokus memasarkan produk, namun Cipta Hydropower Abadi juga melayani perawatan mauupun maintenance dump truck. Hampir 40 tahun setia menemani beragam macam puluhan perusahaan pertambangan agar mesin alat berat tetap optimal dengan sempurna, salah satunya pulau Kalimantan dan Sumatera.

Ingin konsultasi dengan ahlinya? Langsung aja hubungi Cipta Hydropower Abadi.

Nah itulah ulasan mengenai hydraulic dump truck. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda. Baca artikel menarik lainnya hanya di jualselanghidrolik

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *