pompa hidrolik
pompa hidrolik source google

Penggunaan mesin hidrolik tentu tidak terlepas dari peranan pompa hidrolik dalam mengubah fluida menjadi energi. Berkat keberadaan hidrolik, penggunaannya terus merebak dan meluas ke berbagai segmen industri, yakni excavator, crane, bulldozer, dump truck, dan masih banyak lainnya. Alat berat inilah yang menunjang kinerja manusia menjadi lebih efisien dan cepat.

Istilah pompa hidrolik kerap dijadikan jantung hidrolik sebab peranannya sangat vital dalam perangkat hidrolik. Berikut ulasan pengertian akan dijelaskan berikut ini;

Pengertian Pompa Hidrolik

Hidrolik Pump atau Pompa hidrolik menjadi salah satu komponen penting sistem hidrolik sebagai pengubah energi. Peranan pompa hidrolik yakni berfungsi untuk mentransfer atau mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik dengan cara menekan fIuida hidrolik ke dalam sistem. Secara umum, pompa tersebut berfungsi untuk menyediakan aliran berupa fluida.

Perlu diketahui, komponen ini bekerja dengan cara menghisap oli dari tangki hidrolik dan mendorongnya kedalam sistem hidrolik dengan menimbulkan aliran (flow).

Aliran fluida dimanfaatkan dengan mengubah menjadi tekanan. Untuk menghasilkan tekanan tersebut dengan cara menghambat aliran oli dalam sistem hidrolik. Hambatan ini dapat disebabkan oleh orifice, silinder, motor hidraulik, dan aktuator.

Pompa hidrolik terdiri beberapa jenis jenis pompa hydraulic yang didesain sesuai kebutuhan spesifikasi mesin. Oleh sebab itu, jangan sampai pilih produk, Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya.

Baca Juga : Intip Kualitas Terbaik Hydraulic Hose yang Jarang Diketahui

Jika hidrolik pump tidak dapat bekerja dengan optimal, sudah dapat dibayangkan betapa krusialnya mesin anda? Oleh sebab itu jangan salah pilih hidrolik pump, sebab kualitas mesin menjadi taruhannya.

Lalu bagaimana cara kerja pump hidrolik ? 

Cara Kerja Pompa Hidrolik

Cara kerja pompa hidrolik dapat mulai bekerja saat piston sedang tertarik. Saat piston tertarik, alhasil ruang di dalam pompa semakin luas.

Ingat ini! Semakin besar ruang di dalam pompa maka semakin kecil pula tekanannya. Ini karena tekanan udara jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan ruang pompa. Perbedaan tekanan ini kemudian membuat fluida secara otomatis masuk dalam ruang pompa melalui check valve di saluran inlet.

Setelah piston dilepas atau didorong masuk maka piston akan menekan fluida atau oli. Fluida akan berusaha keluar. Tekanan yang besar saat fluida berusaha keluar inilah yang kemudian mengeluarkan energi potensial fluida. Setelah melalui hambatan-hambatan yang ada pada rangkaian sistem hidrolik, fluida baru akan menghasilkan tekanan. Nah seperti itulah gambaran umum mengenai cara kerja pump hidrolik.

Cara Mudah Mendapatkan Pompa Hidrolik Terbaik

Persoalan yang ini kerap membuat dilem pengguna yakni bagaimana cara mendapatkan hidrolik pump murah dan berkualitas terbaik dikelasnya?

Untuk mendapatkan pompa hydraulic terbaik, maka sangat disarankan untuk memilih distributor resmi pompa hidrolik.

Distributor Resmi Pompa Hidrolik

Distributor resmi sudah pasti berani menjamin kualitas produk sebab legalitas langsung dari pihak produsen.

Tidak hanya itu saja, hanya di distributor resmi turut menyediakan layanan jasa instalasi maupun maintenance untuk menunjang performa mesin hidrolik anda. Jadi singkirkan khawatir anda dengan memilih distributor resmi terbaik yakni Cipta Hydropower Abadi.

Sebagai distributor resmi dengan usia hampir 40 tahun, setia berkiprah dalam spesialis hidrolik dan lubrikasi. Berkat keberadaan Cipta Hydropower Abadi, sejumlah pembangunan di wilayah perkotaan besar turut menuai sukses baik bidang pertambangan, industri maupun bidang manufaktur lainnya.

Selain menyediakan mekanik ahli yang berpengalaman dibidangnya, Cipta Hydropower Abadi juga menyediakan layanan dan produk untuk kebutuhan sektor berbagai macam industri.

Nah itulah ulasan mengenai pompa hidrolik. Semoga hadirnya artikel ini dapat bermanfaat untuk anda, khususnya bagi penggiat alat berat industri. Sekali lagi ingat, pastikan hydraulic pump pada ahlinya.

Yuk gali wawasan seputar hidrolik hanaya di jual selang hidrolik.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *