jenis jenis pompa hydraulic source google

Pompa hidrolik mempunyai peranan penting dalam mesin. Ada baiknya anda mengetahui jenis jenis pompa hydraulic yang tepat untuk kebutuhan mesin alat berat. Jangan sampai salah pilih, sudah dipastikan mesin tidak dapat bekerja dengan optimal.

Pengertian Pompa Hydraulic

Pompa hydraulic atau hidrolik merupakan salah satu komponen yang dianggap vital bagi perangkat sistem hidrolik. Fungsi pompa hydraulic sebagai pengubah fluida untuk diubah menjadi energi untuk menggerakkan aktuaktor.

Mekanisme dari pompa hidrolik ini yakni merubah energi listrik (motor listrik) atau panas (motor bakar), menjadi energi mekanik yang kemudian digunakan untuk menghisap cairan hidrolik. Cairan inilah yang disebut dengan fluida. Selanjutnya, fluida disalurkan menuju sistem hidrolik dan digunakan sebagai energi penggerak komponen hidrolik yang lainnya.

Cara kerja hidrolik selengkapnya dapat anda baca selengkapnya disini.

Jenis Jenis Pompa Hydraulic

Pompa hydraulic terdiri dari beberapa jenis untuk kebutuhan mesin alat berat. Bagi anda yang akan berencana untuk menggunakan komponen ini, sangat disarankan untuk mengetahui lebih dalam agar tidak salah pilih.

Berikut jenis jenis pompa hydraulic selengkapnya diulas dibawah ini;

Pompa Hidrolik Roda Gigi (Gear Pump)

Pompa Hidrolik Tipe Roda Gigi (Hydraulic Gear Pump)
Pompa Hidrolik Tipe Roda Gigi (Hydraulic Gear Pump) source google

Mekanisme dari jenis pompa hidrolik roda gigi yakni dapat menghasilkan aliran energi dari putaran dua roda gigi yang berputar. Gerakan yang dihasilkan akan timbul daya hisap yang akan membuat kinerja fluida dapat mencapai saluran tekan dalam sistem hidrolik.

Perlu diketahui, jenis pompa tersebut terbilang sangat populer dikalangan pengguna sebab ketahanannya tidak diragukan lagi. Terdapat dua jenis pompa hidrolik roda gigi, diantaranya;

Roda Gigi Dalam

Jenis ini memanfaatkan dua roda gigi. Roda gigi pertama berukuran lebih besar dan bekerja sebagai rotor yang menggerakkan roda gigi kecil (berfungsi sebagai idler). Fluida akan masuk lewat suction port dan kemudian mengalir di sela-sela roda gigi.

Roda Gigi Luar

Jika pompa hidrolik roda gigi dalam memanfaatkan dua roda gigi yang berbeda ukuran, pompa hidrolik gigi luar bekerja sebaliknya.

Jenis pompa hidrolik yang satu ini memanfaatkan sepasang roda gigi berukuran sama besar. Dalam pompa hidrolik roda gigi luar, fluida masuk melalui saluran inlet, melalui celah di antara roda gigi dan dinding, dan kemudian keluar melalui outlet.

Pompa Hidrolik Gerotor

Mekanisme jenis pompa hidrolik gerotor digerakkan oleh dua rotor. Rotor pertama atau inner rotor berfungsi sebagai penggerak. Sedangkan rotor kedua atau outer rotor (terkadang disebut dengan gerotor betina) adalah rotor yang digerakkan.

Selanjutnya, fluida masuk dalam ruang penggerak ini melalui lubang saluran masuk. Setelah itu, fluida akan melalui gigi-gigi rotor hingga menuju lubang saluran keluar.

Pompa Hidrolik Baling-Baling (Vane Pump)

Pompa Hidrolik Tipe Vane Kipas Impeller
Pompa Hidrolik Tipe Vane Kipas Impeller source google

Pompa hidrolik jenis ini digerakkan oleh baling-baling dengan bantuan rotor. Pompa hidrolik baling-baling memiliki dua saluran inlet (saluran masuk) dan dua saluran outlet (saluran keluar) yang berbentuk elips dan saling berlawanan arah.

Cara kerjanya hampir serupa dengan pompa air yang umumnya terdapat di rumah.

Pompa Hidrolik Torak (Piston Pump)

Pompa Hidrolik Tipe Torak (Hydraulic Piston Pump)
Pompa Hidrolik Tipe Torak (Hydraulic Piston Pump) source google

Pompa hidrolik torak juga juga bisa disebut dengan piston pump. Cara kerjanya hampir mirip dengan pompa kompresor pada umumnya. Namun perbedaannya terletak pada media yang mendapat tekanan saja. Kompresor menekan udara sedangkan torak menekan fluida.

Pompa hidrolik torak menekan fluida dengan silinder yang ada pada check valve hingga kemudian masuk ke saluran tekan.

Adapun jenis pompa hidrolik torak kemudian dibagi menjadi dua;

Torak Axial

Pada jenis torak axial, torak akan bergerak dalam gerakan maju-mundur sesuai dengan jalur. Biasanya torak axial digunakan pada mobile equipments.

Torak Radial

Jika torak axial hanya dapat bergerak dengan maju mundur, lain halnya dengan torak radial yang dapat bergerak membentuk sudut 90°.

Pompa jenis ini terbilang cukup unik sebab nilai output-nya  tidak selalu fixed (tetap) tetapi juga bisa berubah-ubah. Ini dikarenakan pergerakan torak tidak selalu parallel, tetapi juga bisa berubah sudut sehingga aliran tekanan pun berubah.

Pompa Hidrolik Berkualitas

Hingga saat ini, beberapa pengguna masih dilanda dilema dalam menentukan pompa hidrolik berkualitas. Hal ini sudah sepatutnya menjadi kewajiban pengguna untuk memastikan produk yang digunakan memanglah memiliki kualitas terbaik.

Untuk mendapatkan pompa hidrolik berkualitas, pastikan anda menilik beberapa faktor dibawah ini;

Merek

Harga

Distributor Resmi

Mengapa distributor resmi penting? Ini alasannya!

Distributor resmi sudah pasti berani menjamin kualitas produk sebab produk yang didaptkan langsung dari pihak produsen tanpa melalui perantara.

Tidak hanya menjual, namun distributor resmi Cipta Hydropower Abadi juga memberikan jasa instalasi dan maintenance hidrolik secara berkala untuk beragam mesin hidrolik.

Didukung tenaga ahli yang profesional dibidangnya serta layanan responsif, Cipta Hydropower Abadi semakin yakin menjadi garda terdepan spesialis hydraulic & lubrication system.

Nah itulah ulasan seputar jenis jenis pompa hydraulic. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda. Baca artikel menarik lainnya hanay di jualselanghidrolik.net

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *