contoh sistem hidrolik
contoh sistem hidrolik source google

Hingga saat ini, penggunaan hidrolik terus merambah ke berbagai sektor lahan bisnis. Konsep serta contoh sistem hidrolik dapat dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin beberapa masyarakat diantaranya kurang menyadari hal tersebut.

Konsep dan Contoh Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik merupakan suatu bentuk perubahan atau pemindahan daya dengan menggunakan media penghantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan.

Hidrolik merupakan suatu sistem yang umumnya diterapkan pada alat berat seperti excavator, bulldozer, crane, forklift, dan masih banyak lainnya. Namun, kini penggunaan hidrolik semakin melebar hingga dapat ditemukan dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan.

Hidrolik menerapkan hukum pascal dalam pengaplikasiannya dengan satu poros. Salah satu keuntungan menggunakan sistem hidrolik yakni dapat mengangkat beban berat hingga jumlahnya mencapai ratusan kilogram hanya dengan sebuah besi.

Berikut konsep contoh sistem hidrolik sistem hidrolik yang sering kita jumpai dalam kehidupan, diantaranya sebagai berikut;

Dongkrak Hidrolik ( Hydraulic Jack )

Beberapa orang diantaranya pasti sudah familiar dengan alat dongkrak hidrolik. Biasanya, alat ini digunakan untuk memudahkan dalam mengganti ban mobil.

Secara sederhana, dongkrak mobil berfungsi untuk meringankan kerja mekanik pada bengkel mobil. Alat ini juga menerapkan hukum pascal.

Dongkrak hidrolik terdiri dari dua tabung berhubungan yang memiliki luas penampang yang berbeda. Masing-masing tabung ditutup dan diisi fluida. Dengan menaik dan turunkan piston, maka tekanan pada tabung pertama akan dipindahkan ke tabung kedua sehingga dapat mengangkat beban yang berat.

Bagaimana cara kerjanya?

Ketika gaya diberikan melalui tuas dongkrak untuk menekan pengisap yang luas penampangnya kecil, tekanan ini akan diteruskan minyak ke segala arah. Karena dinding wadah minyak terbuat dari material yang kuat, tekanan ini tidak akan merubah bentuk wadah ( bejana ). Satu-satunya jalan agar minyak mengalir adalah meneruskan tekanan ke pengisap yang luas penampangnya lebih besar.

Car Lifter

Apa itu car lifter?

Mungkin beberapa diantaranya masih terasa asing dengan istilah tersebut.

Secara sederhana, car lifter adalah hydraulic car lifter atau pengangkat mobil hidrolik. Biasanya, piranti ini dapat dengan mudah ditemukan pada alat cuci mobil atau beberapa bengkel mobil. Untuk mengetahui harganya sialhkan cek selengkapnya disini

Cara kerjanya berkaitan dengan hukum Pascal

Rem Hidrolik

Hidrolik pun juga diterapkan pada perangkat mobil yakni sistem pengereman. Setiap rem mobil dihubungkan oleh pipa-pipa menuju ke master silinder. Pipa-pipa penghubung dan master silinder diisi penuh dengan minyak rem.

Bagaimana cara kerjanya?
Ketika kita menekan pedal rem, master silinder tertekan. Tekanannya diteruskan oleh minyak rem ke setiap silinder rem. Gaya tekan pada silinder rem menekan sepasang sepatu rem sehingga menjepit piringan logam. Akibat jepitan ini, timbul gesekan pada piringan yang melawan arah gerak piringan hingga akhirnya dapat menghentikan putaran roda.

Sepasang sepatu dapat menjepit piringan dengan gaya yang besar karena sepasang sepatu tersebut dihubungkan ke pedal rem melalui sistem hidrolik. Disini kita menekan silinder yang luas pengisapnya lebih kecil daripada luas pengisap rem, sehingga pada rem dihasilkan gaya yang lebih besar. Jika luas pengisap rem dua kali luas pengisap master, maka dihasilkan gaya rem yang dua kali lebih besar dari gaya tekan kaki pada pedal rem.

Gesekan sepasang sepatu terhadap piringan menimbulkan panas. Oleh karena permukaan piringan sangat luas jika dibandingkan terhadap luas sepasang sepatu, maka panas yang timbul pada piringan segera dipindahkan ke udara sekitarnya. Ini mengakibatkan suhu sepasang sepatu rem hampir tetap (tidak panas).   

Lengan Excavator

Tahukah anda mengapa excavator dapat dengan mudah mengangkan beban tanah hingga beratnya mencapai 2 ton?

Ini sebabnya. Excavator didesain dengan sistem hidrolik pada motor di bagian track dan lengan yang berfungsi mengayun dan memindahkan beban. Dengan menggunakan sistem hidrolik, excavator mampu mengangkat beban yang berat sebab tenaga yang dihasilkan terbilang sangat besar. 

Mesin Press Hidrolik

Bagi penggiat bisnis industri logam dan pangan, mesin press menjadi sebuah perangkat yang wajib dimiliki. Tidak jauh berbeda, pengaplikasiannya menggunakan hukum pascal. Perangkat ini dibutuhkan untuk mendapatkan bentuk dan ukuran yang seragam.

Nah itulah ulasan mengenai pengertian dan beberapa contoh sistem hidrolik. Semoga bermanfaat. Pastikan anda menggunakan hidrolik pada ahlinya !

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *