sistem hidrolik
sistem hidrolik source google

Kata hidrolik berasal dari bahasa yunani ‘Greek’ yakni dari kata ‘hydro’ yang berati air dan ‘aulos’ yang berarti pipa. Namun, kenyataannya saat ini sistem hidrolik mayoritas menggunakan air atau campuran oli dan air (water emulsian) atau oli saja sebagai fluida dalam menggerakkan aktuaktor. Simak pengertian selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Sistem Hidrolik

Secara definisi, hidrolik berasal dari bahasa Yunani yang bermakna pipa. Sistem hidrolik merupakan suatu bentuk pemindahan daya dengan menggunakan media penghantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan. Sistem hidrolik sangat berkaitan dengan hukum Pascal.

Secara umum, sistem hidrolik merupakan sebuah perangkat teknologi yang memanfaatkan fluida (zat cair misal oli) untuk melakukan gerakan segaris atau putaran. Fluida berperran sebagai penerus gaya untuk diubah menjadi energi. Prinsip dasar hidrolik adalah jika suatu zat cair dikenakan tekanan, maka tekanan itu akan merambat ke segala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya (Hukum Archimedes).

Secara mekanisme, fluida dihantarkan melalui selang atau hose hydraulic dengan tekanan tinggi yang diubah oleh pompa hidrolik. Selanjutnya, fluida diteruskan diteruskan ke silinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan katup-katup.

Gerakan translasi batang piston dari silinder kerja yang diakibatkan oleh tekanan fluida pada ruang silinder dimanfaatkan untuk gerak maju dan mundur. Adapun contoh-contoh penerapan sistem hidrolik bisa dilihat selengkapnya disini.

Keuntungan Menggunakan Sistem Hidrolik

Tidak heran bila saat ini penggunaan hidrolik terus merambah berkembang pesat bagi sebagian pengguna bisnis, baik bisnis industri, pertambangan, manufaktur, maupun bengkel mobil. Keuntungan inilah yang menjadikan sebuah alasan beralih menggunakan sistem hidrolik.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan hidrolik, diantaranya sebagai berikut;

1. Mudah dalam melakukan pengontrolan pengaturan perangkat

2. Bersifat life time

3. Adanya lubrikasi dapat menunda terjadinya kausan lebih cepat

4. Tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk mengangkat beban besar

Baca Juga :Inilah 10 Keuntungan Sistem Hidrolik yang Jarang Diketahui

Lalu adakah kerugian dalam menggunakan sistem hidrolik?

Kerugian Menggunakan Sistem Hidrolik

Jawabannya sudah pasti ada. Apa saja kerugian yang ditimbulkan oleh hidrolik?

1. Fluida bersifat tekanan tinggi, dapat berimbas menjadi overheat yang memicu kebakaran pada unit. Olehs ebab itu maka pastikan selang hidrolik yang digunakan memang memiliki tekanan tinggi yang tepat atau sesuai untuk kebutuhan mesin anda.

2. Fluida yang terkontaminasi oleh kotoran berhasil masuk pada perangkat hidrolik, maka dapat menyebabkan beberapa komponen menjadi lemah dan mudah rusak.

Pastikan Memilih Hidrolik Berkualitas

Sudah yakin hidrolik yang anda gunakan memang memiliki kualitas terbaik?

Jangan sembarang pilih jika tidak ingin berimbas pada hidrolik abal-abal.

Cipta Hydropower Abadi menghadirkan berbagai macam komponen hidrolik untuk kebutuhan bisnis anda. Kualitas sudah pasti terjamin sebab produk langsung didapatkan oleh pihak produsen tanpa melalui perantara. Tersedia jasa instalasi dan maintenance hidrolik untuk memaksimalkan efisiensi perangkat mesin anda. Selengkapnya silahkan ulik disini.

Nah itulah ulasan mengenai pengertian kata hidrolik berasal dari bahasa yunani lengkap beserta kerugian dan keuntungan menggunakan sistem hidrolik. Pastikana nda menggunakan hidrolik pada ahlinya jika tidak ingin berimbas pada hidrolik abal-abal.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *