sistem pneumatik bekerja diperlukan udara
sistem pneumatik bekerja diperlukan udara source google

Salah satu jenis hidrolik yang kerap populer dikalangan pengguna bisnis yakni hydraulic pneumatik. Sistem pneumatik bekerja diperlukan udara untuk menggerakkan tuas perangkat hidrolik. Bagaimana cara kerja sistem pneumatik agar dapat bekerja dengan optimal dengan udara? Selengkapnya akan dibahas dibawah ini.

Definisi Sistem Pneumatik Bekerja Diperlukan Udara

Istilah pneumatik berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti udara atau angin. Intip juga kata hidrolik berasal dari bahasa yunani.

Semua sistem yang menggunakan tenaga yang disimpan dalam bentuk udara yang dimampatkan untuk menghasilkan suatu kerja disebut dengan Sistem Pneumatik. Dalam penerapannya, sistem pneumatik banyak digunakan sebagai sistem automasi.

Perlu diingat, hydraulic pneumatic berbeda dengan hidrolik pada umumnya.

Sistem pneumatik merupakan sebuah sistem penggerak yang memanfaatkan udara sebagai media kerja utamanya. Secara singkat, sistem pneumatik bekerja diperlukan udara. Mengapa harus udara ? Ini alasannya!

Udara digunakan sebab mempunyai keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh hidrolik lainnya, yakni jumlahnya yang tidak terbatas dan harga yang relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis hidrolik fluida. Meskipun begitu, anda harus tahu bahwa kemampuan keduanya dalam menggerakkan peralatan pun terbilang sebanding.

Udara jenis apa yang digunakan?

Tentu bukan sembarang udara. Dalam hidrolik pneumatik, udara yang digunakan telah dikompresi (dimampatkan). Biasanya yang digunakan adalah udara mampat kering (melalui proses pengeringan air dryer). Namun, tidak jarang juga ditemukan sistem pneumatik yang menggunakan campuran udara dengan atomized oil agar komponen actuator tetap terlumasi dengan baik.

Ciri Sistem Pneumatik Bekerja Diperlukan Udara

Untuk mendalami jenis hidrolik tersebut, anda harus tahu ciri sistem pneumatik.

Pada dasarnya, ciri utama sistem pneumatik adalah proses pemampatan udara sebagai langkah awal. Udara yang telah dihisap dari atmosfer dan dikumpulkan dimapatkan hingga mencapai tekanan kerja yang diinginkan. Saat udara dimapatkan, temperaturnya cenderung naik.

Setelah dimapatkan, udara didinginkan dengan air dryer agar udara lebih kering. Selanjutnya, udara kemudian disimpan dengan kondisi bertekanan. Saat diperlukan nanti, udara akan dibiarkan melakukan ekspansi hingga mencapai objek. Sisa udara dari ekspansi ini kemudian akan dikembalikan ke atmosfer.

Kelebihan Sistem Pneumatik 

Sudah tahu kelebihan dari sistem pneumatik?

  • Lebih ramah lingkungan dan bersih (jika terjadi kebocoran dalam sistem perpipaan)
  • Udara sebagai tenaga penggerak memiliki jumlah yang tak terbatas
  • Lebih cepat dan responsif jika dibandingkan dengan hidrolik
  • Harga terjangkau murah

Nah itulah kelebihan dari sistem pneumatik. Bisa saja kelebihan diatas dapat menjadi acuan atau refrensi bagi anda yang akan terjun dalam bisnis berbasis hidrolik.

Lalu adakah kekurangan dari jenis hidrolik pneumatik?

Kekurangan Pada Sistem Pneumatik

  • Daya mekanik yang dihasilkan kecil
  • Membutuhkan perawatan yang lebih tinggi, karena udara sebagai penggeraknya biasanya kotor dan mengandung air sehingga gesekan antara piston cylinder dan rumah cylinder besar dan mempercepat kerusakan pada air cylinder.

Mengetahui Kualitas Hidrolik Pneumatik

Semakin merambah jumlah penggunaan hidrolik pneumatik, tentu turut menyuburkan berbagai toko jual hidrolik diberbagai sudut perkotaan dan daerah. Sebagai pengguna cerdas dan bijak, pastikan anda tidak salah pilih dalam menentukan kualitas hidrolik pneumatik.

Sudah yakin hidrolik pneumatik memiliki kualitas terbaik?

Pastikan kualitas hidrolik termakhtub dalam beberapa indikator dibawah ini;

Merek

Harga

Distributor resmi

Salah satu service hydraulic sysytem yang menyediakan spare part hidrolik pneumatik terbaik yakni Cipta Hydropower Abadi. Kualitas sudah pasti terjamin sebab produk langsung didapatkan oleh pihak produsen tanpa melalui perantara. Tersedia jasa instalasi dan maintenance hidrolik untuk memaksimalkan efisiensi perangkat mesin anda.

Demikian ulasan mengenai sistem pneumatik bekerja diperlukan udara. Semoga dapat menjadi referensi terbaik bagi usaha bisnis anda. Layanan dan produk selengkapnya silahkan simak berikut ini https://jualselanghidrolik.net/layanan-produk/

Ulasan menarik lainnya kunjungi jual selang hidrolik

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *