pressure gauge
pressure gauge source google

Hampir setiap sektor industri kerap membutuhkan pressure gauge dalam mengontrol mesin hidrolik. Tanpa komponen tersebut, sudah dipastikan pengguna mengalami kesulitan dalam mengoperasikan mesin. Selengkapnya intip pengertian dan fungsinya dalam industri.

Pengertian Pressure Gauge

Pressure gauge adalah alat pengukur yang digunakan untuk mengukur sebuah tekanan fluida (gas atau cair) dalam sebuah tabung tertutup. Untuk satuan alat ukur dapat berupa psi (pound per square inch), psf (pound per square foot), mmHg (millimeter of mercury), inHg (inch of mercury), bar, ataupun atm (atmosphere).

Penggunaan pressure gauge dalam industri umumnya digunakan untuk mengetahui atau memantau tekanan udara serta gas yang berada dalam kompresor, peralatan vakum, jalur proses, dan aplikasi tangki khusus seperti tabung gas medis dan alat pemadam kebakaran melalui tingkatan angka dalam tabung.

Tidak hanya secara visual, namun penggunaan pressure gauge sudah dikonfigurasikan untuk memberikan output listrik dari tekanan yang ditunjukkan dan pemantauan variabel lain, misalnya seperti suhu.

Baca Juga : Inilah 10 Keuntungan Sistem Hidrolik yang Jarang Diketahui

Fungsi Pressure Gauge Dalam Industri

Sebuah pressure gauge memiliki beberapa fungsi dalam sektor industri. Apa saja fungsinya? Simak selengkapnya berikut ini;

Industrial Pressure Gauge

Jenis material yang digunakan berupa stainless steel yang di didesain secara khusus untuk kebutuhan industri minyak dan gas, bahan bakar, manufaktur kimia, hingga industri pabrik lainnya. Sebab penggunaannya sangat cocok dan mudah dalam melakukan pengukuran tanpa harus menghalangi sistem tekanan dari perangkat yang akan diukur.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Sistem Hidrolik Dalam Kehidupan

Process Pressure Gauges

Selain kemudahan dalam pengoperasian, alat ini pun mempunyai keunggulan tersendiri yakni dapat digunakan dalam kondisi apapun termasuk ekstrim seperti industri petrokimia dan sejenisnya. Sebab ketahanannya yang dapat diancungi jempol, maka alat ini sudah menjadi barang wajib yang sering ditemui di industri minyak, gas, serta perusahaan kimia lainnya.

High Precision Test Gauges

Beberapa industri kimia lainnya pasti membutuhkan pengukuran ataupun kalibrasi secara mendetail dan akurat seperti uji coba laboratorium dan semacamnya. Dengan adanya alat ini, High Precision Test Gauges biasanya juga dibantu dengan teknologi pembacaan secara digital guna menghindari kesalahan yang fatal dalam membaca skala yang ada. Data yang terdekteksi sudah dapat dikatakan akurat.

Differential Gauges & Duplex Pressure Gauges

Pressure gauge didesain khusus untuk dapat digunakan secara maksimal pada dunai industri kimia, minyak dan gas, bahan bakar alternatif, dan penanganan udara. Baik differential gauges ataupun duplex pressure gauges, keduanya mampu mengukur tiga jenis tekanan yaitu tekanan tinggi, rendah, hingga tekanan statik.

Cara Mengetahui Kualitas Pressure Gauge

Jangan sembarang pilih jika tidak ingin terjebak pada kualitas abal-abal. Sebagai konsumen cerdas dan bijak, sudah sepatutnya bersikap kritis dalam menentukan produk pressure gauge.

Salah satu indikator dalam menentukan kualitas terbaik yakni menilik merek. Hampir semua masyarakat setuju bahwa merek telah menjadi indikator utama dalam melihat kualitas sebuah produk, termasuk pressure gauge.

Namun, faktanya beberapa pengguna masih kerap merasa abai terhadap kualitas yang digunakan. Maka tidak heran bila perangkat tidak bersifat long time. Alhasil, kantong terkuras untuk biaya maintenance.

Sebelum hal ini menimpa anda, ada baiknya anda mengetahui cara mudah dalam mengetahui kualitas pressure gauge, diantaranya sebagai berikut;

Merek Terpercaya

Hampir semua pengguna setuju bahwa merek telah menjadi indikator utama dalam menentukan kualitas sebuah produk. Ingat, tidak semua merek mempunyai kualitas yang sebanding.

Sudahkah anda menemukan merek terbaik?

Salah satu merek terbaik yang kerap menjadi populer di kalangan pengguna hingga saat ini yakni Pressure Gauge Stauff.

Deskripsi pengukur tekanan 0-250 bar STAUFF

1. Cocok untuk oli hidrolik dan media gas yang tidak menyerang paduan dasar tembaga (Dalam hal ini sebaiknya disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya)
2. Tersedia dalam ukuran nominal 63 dan 100
3. Bentuk utas standar: BSP
4. Housing yang terbuat dari stainless steel (1.4301)
5. Kaca penglihatan terbuat dari akrilik
6. Gliserin terisi
7. Timbangan ganda standar dengan indikasi tekanan di bar dan PSI
8. Kit pemasangan U-baut atau flensa atas permintaan

Selain Stauff, merek CEJN juga masih dianggap favorit oleh sebagian pengguna sebab beberapa keunggulan yang ditawarkan yakni;

  • Stainless steel casings
  • Combined bar/PSI scale
  • High accuracy rating
  • Protective rubber covers available

Pengukur tekanan sistem Snap-Check terbungkus dalam baja tahan karat AISI 304 dan diisi dengan gliserin. Standar Snap-Check menampilkan bar yang dikombinasikan/skala PSI dalam akurasi ±1.6 persen dari skala penuh.

Sistem pengujian Snap-Check CEJN memantau dan mendiagnosa sistem fluida dalam waktu singkat. Sistem pemantauan ini mengidentifikasi pengoperasian dorongan tekanan tanpa perlu memasang pengukur secara permanen. Penerapan meliputi perlengkapan mobile, mesin pengecoran injeksi, perlengkapan minyak dan gas, kapal laut, dan produksi mesin. Berbagai macam ukuran dan spesifikasi tersedia lengkap hanya di CEJN.

Namun perlu diingat, untuk mendapatkan alat tersebut disarankan melalui distributor resmi CEJN yang sudah terbukti memiliki legalitas yang akurat.

Setelah mengetahui merek, lalu dimana anda bisa mendapatkan produk dengan kualitas terjamin dan terpercaya?

Perlu diingat, untuk mendapatkan alat tersebut disarankan melalui distributor resmi Stauff dan CEJN yang sudah terbukti memiliki legalitas yang akurat.

Distributor Resmi STAUFF dan CEJN Terpercaya

Hati-hati dalam memilih distributor resmi STAUFF maupun distributor resmi CEJN sebab tidak semua distributor dapat diancungi jempol. Oleh sebab itu pastikan anda tidak salah pilih distributor resmi.

Cipta Hydropower Abadi sebagai distributor resmi kedua merek unggulan menghadirkan berbagai macam jenis dan spesifikasi hidrolik demi kebutuhan bisnis anda.

Ini alasannya harus menggunakan distributor resmi!

Distributor resmi sudah pasti berani menjamin kualitas produk sebab langsung didapatkan oleh pihak produsen tanpa melalui berbagai perantara.

Salah satu distributor resmi STAUFF yakni Cipta Hydropower Abadi.

Mengapa harus pilih Cipta Hydropower Abadi? Ini alasannya!

1. Didukung oleh tenaga ahli dan profesional dibidang hidrolik

2. Spesialis Hydraulic and Lubrication System

3. Hampir 40 tahun terus berkiprah mensupport berbagai macam jenis perusahaan ternama baik industri, pertambangan, serta manufaktur lainnya.

4. Jasa instalasi dan maintenance hidrolik terbaik

5. Pelayanan responsif dan memuaskan

Untuk konsultasi dan informasi selengkapnya, silahkan hubungi Cipta Hydropower Abadi.

Nah itulah ulasan seputar pressure gauge. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya bisnis anda.

Baca ulasan menarik lainnya hanya di julaselanghidrolik

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *