alat berat
alat berat source google

Kegiatan perindustrian pastinya tidak terlepas dari peranan alat berat. Hadirnya alat tersebut sangat memberikan kontribusi besar dalam industri maupun pembangunan wilayah sehingga lebih efisien. Hal ini sebagai salah satu bukti nyata kemajuan teknologi yang turut andil menciptakan suatu inovasi agar semakin efektif dan efisien.

Tidak hanya kegiatan industri, namun kegiatan konstruksi pun harus melibatkan perangkat tersebut demi menunjang pekerjaan manusia yang lebih optimal dan mudah. Tanpa keberadaan alat tersebut, bisa saja durasi pengerjaan suatu pembangunan memakan waktu bertahun-tahun sebab masih manual.

Sudah paham betapa pentingnya keberadaan perangkat tersebut dalam sektor industri maupun kontruksi?

Pengertian Alat Berat Secara Umum Dalam Industri

Alat berat merupakan suatu perangkat mesin yang berukuran besar yang berfungsi untuk melaksanakan fungsi konstruksi, diantaranya pengerukan tanah, pemindahan bahan bangunan, pertanian, traktor, dan lain sebagainya.

Jika menilik sejarah, alat berat sudah hadir semenjak jaman Romawi. Kala itu, alat berat identik dengan alat derek sederhana menurut sumber Vitruvius dalam bukunya De Architectura.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, kini alat tersebut berinovasi menjadi beberapa jenis dan klasifikasi dengan desain lebih moderen.

Pada dasarnya, alat tersebut menggunakan seperangkat sistem hidrolik dalam mesin yang diusung. Beberapa keuntungan sistem hidrolik inilah yang menjadikan alasan hampir mayoritas alat berat menggunakan hidrolik, salah satunya dapat mengangkat beban hingga berjumlah ratusan kilogram dengan merawat sistem hidrolik yang tergolong cukup mudah.

Jenis Jenis Alat Berat Dalam Industri

Pada dasarnya, jenis alat tersebut sangatlah banyak. Namun setidaknya terdapat tiga jenis yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut;

Loder atau Dozer

dozer
dozer

Perangkat ini umumnya lebih dikenal dengan sebutan Dozer. Biasanya digunakan untuk menangani material proyek seperti penggalian atau membuat timbunan material seperti pasir, tanah, ataupun bebatuan dalam proyek.

Ada dua jenis dozer yang umumnya digunakan pada bidang konstruksi, yakni crawler tractor dozer (roda kelabang) dan wheel tractor dozer (buldozer dengan roda karet).

Ingat, tidak sembarang orang dapat mengoperasikan dozer. Oleh sebab itu, dibutuhkan operator bersetifikat resmi.

Excavator

excavator
excavator

Siapa yang tidak asing dengan excavator? Istilah tersebut lebih mahsyur dikenal dengan istilah beko bagi orang awam. Beko atau Excavator merupakan alat wajib yang digunakan khususnya dalam bidang konstruksi pembangunan wilayah dan infrasturktur.

Excavator terdiri dari beberapa rangkaian komponen, diantaranya selang hidrolik excavator, pompa hidrolik, bucket, fire suspression, dan masih banyak lainnya.

Sudah tahu berapa harga ekskavator dengan kualitas terbaik?

Penggunaan excavator harus menyesuaikan kondisi medan lapangan. Oleh sebab itu, dalam penggunaannya, excavator beroperasi di permukaan kasar atau kurang padat dan tidak memerlukan banyak pemindahan tempat. Untuk excavator beroda lebih, digunakan untuk pekerjaan dengan mobilitas lebih tinggi.

Crane

crane
crane

Diantara sekian jenis alat berat, crane merupakan perangkat yang keberadaannya dapat dilihat dari jauh sekalipun sebab fisiknya yang besar dan menjulang tinggi. Fungsi dari crane yakni untuk mengangkat jumlah material yang akan dipindahkan secara vertikal maupun horizontal. Sebab kegunaan inilah, crane menjadi perangkat wajib yang digunakan dalam bidang konstruksi.

Ingat, tidak sembarangan dalam mengoperasikan crane sebab pemilihan crane dapat berimbas pada pembangunan proyek dan memengaruhi waktu serta keuntungan atau kerugian dalam proyek. Sebaiknya ketahui dulu kebutuhan sebelum memilih crane yang akan digunakan.

Cara Mudah Merawat Alat Berat

Semua mesin yang digunakan dalam kondisi life time, pastinya membutuhkan perawatan agar kesehatan mesin tetap terjaga dengan optimal. Salah satu cara terbaik dalam melakukan perawatan yakni menyadari betapa pentingnya alat inspeksi pada alat berat tambang.

Inspeksi tersebut umumnya bervariasi, bisa harian, bulanan, hingga tahunan. Hal ini dilakukan guna mencegah kerusakan pada mesin dengan cepat.

Tidak hanya inspeksi, namun cara mudah merawat lainnya dengan memberikan produk hidrolik terbaik untuk kebutuhan mesin. Layanan dan produk selengkapnya dapat dilihat disini.

Cipta Hydropower Abadi sebagai distributor resmi telah berkiprah hampir 40 tahun spesialis dalam hydraulic & lubrication system. Telah mensupport berbagai jenis klien ternama baik industri, pertambangan, dan beberapa perusahaan manufaktur lainnya.

Konsultasikan permasalahan hidrolik hanya pada ahlinya!

Demikian ulasan diatas. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya Anda. Baca ulasan menarik lainnya hanya di jual selang hidrolik.

Summary
Review Date
Author Rating
51star1star1star1star1star
Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *