selang hidrolik excavator
selang hidrolik excavator source google.com

Apa itu selang hidrolik excavator? Semakin berkembangnya kegiatan industri pembangunan, tentu hal tersebut tidak terlepas dari peranan sebuah excavator. Selang hidrolik excavator menjadi komponen terpenting terutama dalam memperhatikan maintenance secara berkala. Bukan tanpa sebab, selang hidrolik tersebut memang rawan mengalami getas sebab keberadaannya langsung dibawah sinar terik matahari.

Sebagian pengguna hidrolik profesional meminimalisir hal tersebut dengan menggunakan selang hidrolik bertekanan tinggi.

Bagi anda yang masih bertanya-tanya, yuk ketahui lebih dalam pengertian selang hidrolik dan fungsinya dalam kegiatan indsutri. Cuss keep scroll..

Pengertian Selang Hidrolik Excavator

Apa itu selang hidrolik?

Selang hidrolik adalah komponen dalam sebuah excavator yang memiliki peranan sebagai aliran zat fluida menuju mesin. Dalam prosesnya, hidrolik membutuhkan tekanan yang diperlukan keseluruh bagian unit mesin untuk menggerakkan aktuator. Sebab tanpa aliran zat fluida, mustahil mesin dapat bekerja dengan optimal.

Selang hidrolik excavator memiliki beberapa jenis selang hidrolik yang didesain untuk spesifikasi kebutuhan industri anda. Pastikan anda tidak salah pilih agar performa mesin tetap terjaga dengan optimal.

Biasanya, letak selang hidrolik sebagai penyambung antara permukaan satu dengan permukaan lainnya. Oleh sebab itu, maka selang hidrolik haruslah bersifat fleksibel dan lentur.  Namun bukan berarti semakin lentur justru semakin bagus untuk digunakan.

Nyatanya, dalam selang hidrolik pun memiliki titik tekanan dan kelenturan yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi lapangan.

Ingat, selang hidrolik berkualitas sudah pasti akan meminimalisir kerusakan lebih cepat pada selang hidrolik.

Selain hal diatas, nyatanya waktu pemakaian pada hidrolik hose sangat dipengaruhi oleh cuaca, sinar matahari, bahan-bahan kimia, kondisi pengoperasian atau kesalahan selama pengoperasian bahkan penyimpanan.

Tips Memasang Selang Hidrolik Excavator

Beberapa pengguna hingga saat ini mengakui masih merasa kesulitan dalam memasang selang hidrolik. Hal ini dipicu oleh rasa takut melakukan kesalahan dan bingung bagaimana cara memasang dengan tepat. Anda salah satunya?

Oleh sebab itu, ada baiknya jangan gegabah sebelum bertindak. Sebaiknya anda dapat mencari tahu terlebih dahulu tips pemasangan hidrolik hose dengan tepat. Apa saja tipsnya? Yuk simak dibawah ini;

1. Jangan Terlalu Tegang

Tips yang pertama yakni pastikan hidrolik hose tidak tegang. Hose yang tegang dapat dipengaruhi oleh suhu, tekanan, aliran dan kontraksi dari luar, yang dapat mengakibatkan hose rusak atau bocor.

Pastikan anda memberi celah sisa 5% dari ukuran panjang selang. Hal ini dimaksudkan agar ketika mencapai titik pada tekanan tinggi, selang dapat mengembang, lalu menyusut ketika tekanan kembali rendah.

2. Perhatikan Radius Bengkok

Perlu diingat bahwa radius bengkokan selang hidrolik usahakan jangan terlalu kecil atauapun terlalu besar. Jika terlalu kecil, hal ini dapat menyebabkan aliran turbulen karena membentuk sudut yang kecil.

3. Pasang Klem Selang Hidrolik

Beberapa part mesin diantaranya memang membutuhkan klem selang hidrolik. Hal ini bertujuan agar selang tidak tersentak atau begerak berlebih saat mendapat beban yang tinggi.

Nah itulah ulasan mengenai selang hidrolik excavator. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda.

Dapatkan layanan dan produk selang hidrolik dan klem berkualitas hanya pada distributor ahlinya yakni Cipta Hydropower Abadi.

Ulasan menarik lainnya seputar hidrolik hanya di jual selang hidrolik.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *