prinsip kerja lubrikasi mesin

Agar mesin dapat bergerak dengan optimal, maka dibutuhkan prinsip kerja lubrikasi yang tepat dan sesuai. Jika tidak, maka hal ini dapat berimbas pada kegagalan bantalan atau bearing hingga berujung keropos pada mesin. Jangan sampai hal ini menimpa anda !

Apa Itu Lubrikasi?

Lubrikasi juga dapat disebut dengan pelumasan. Namun ingat, pelumasan yang dimaksud bukanlah menggunakan oli, melainkan gemuk tertentu. 

Lubrikasi merupakan sistem pelumasan atau pendinginan yang dilakukan pada mesin dan beragam komponen didalamnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi mesin agar tidak mengalami gesekan kasar atau keausan mesin.  

Perlu diingat, penggunaan lubrikasi tidak hanya terpaku pada alat berat saja seperti excavator, namun lubrikasi juga dibutuhkan pada mobil, motor, kereta, dan kendaraan mesin lainnya. Sangat penting kegunaannya bukan?

Fungsi Lubrikasi Pada Mesin

Ingat ya, lubrikasi tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja. Fungsi lainnya yakni dapat membuang berbagai zat kotor dari sistem dengan mensirkulasikan oli melewati filter. Alhasil, zat pengotor tersebut dapat terkumpul di filter oli sehingga tidak merusak komponen permesinan. 

Fluida lubrikasi juga memegang peranan penting sebagai pengontrol temperatur mesin dengan menyerap panas mesin. Setelah terserap, lalu membuangnya ke udara luar atau komponen seperti heat exchanger

Fungsi lainnya yakni;

  •         Menyimpan cadangan oli untuk mensuplai kebutuhan lubrikasi mesin.
  •         Mensirkulasikan oli ke part yang bergerak pada mesin untuk mengurangi aus.
  •         Menghilangkan kotoran dan partikel lain yang bisa mengkontaminasi oli.
  •         Bertindak sebagai seal antara piston rings dan dinding silinder.
  •         Mendinginkan Oli agar tidak timbul gejala overheat

Prinsip Kerja Lubrikasi Mesin

Setelah mengetahui peranan lubrikasi diatas, selanjutnya anda juga perlu ketahui prinsip umum mekanisme dari sistem lubrikasi mesin.

Semua kendaraan bergerak tentu mempunyai spesifikasi mesin yang berbeda tergantung jenisnya. Ingat, setiap mesin tidak terlepas dari beragam komponen yang dapat berputar, bergeser, ataupun bergerak relatif terhadap komponen lainnya yang dapat menciptakan gerakan agar mesin dapat bekerja dengan optimal.

Gerakan mesin yang ditimbulkan sangat rentan keropos pada mesin tersebut. Itulah sebab hadirnya lubrikasi yang dapat diproteksi dapat mencegah mesin dari kerosi atau karat. 

Prinsip kerja lubrikasi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa cara, yakni full film lubrication, boundary film lubrication, dan mixed film lubrication.

Secara umum, perbedaan dari ketiganya terletak pada proses pembentukan lapisan pelumas di antara dua permukaan yang saling bertemu. 

Baca Juga: Jual Hidrolik Pump Murah dan Berkualitas, Jawabannya Disini

Pastikan Pakai Lubrikasi Tepat Agar Mesin Bersahabat

Tidak dapat dipungkiri bahwa lubrikasi sudah menjadi faktor terpenting agar kinerja mesin berjalan dengan optimal. Oleh sebab itu, jangan sampai anda menggunakan produk lubrikasi abal-abal sebab akan berimbas pada kenyamanan pengguna.

Ahlinya Lubrikasi Mesin Bijur Delimon

Mengapa harus Bijur Delimon?

Bijur Delimon International merupakan produk asal Amerika Serikat yang sudah terbukti memiliki kualitas disetiap sentuhan produknya. Brand tersebut sangat cocok digunakan untuk industri ringan maupun berat. 

Bijur Delimon sudah banyak digunakan oleh puluhan hingga ratusan negara. Oleh sebab itu, jaminan kualitas sudah tidak diragukan lagi.

Hati-hati Produk Abal-Abal

Pastikan anda mendapat produk Bijur Delimon asli hanya melalui distributor resmi, Cipta Hydropower solusi tepat untuk anda. Pesan segera disini.

Jangan ragu untuk konsultasikan terlebih dahulu seputar lubrikasi oleh team berpengalaman kami.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *