lubrikasi mesin

Bagi anda yang sudah berkecimpung dalam dunia alat berat, tentu sudah tidak asing dengan istilah lubrikasi mesin. Lubrikasi mesin adalah sebuah teknik mengurangi gesekan mesin yang timbul akibat pergerakan mesin dengan memberikan zat pelumas di permukaan mesin. Mesin yang dimaksud ialah permukaan yang saling bersentuhan dan bergerak relatif terhadap satu sama lain.

Pentingnya Lubrikasi Mesin

Masih menganggap sepele lubrikasi mesin? 

Tidak jarang hingga saat ini masih terdapat beberapa pengguna yang menyepelekan hal tersebut. Berbagai bahaya yang mengintai akan berimbas pada mesin yang soak atau rusak karena keropos. Jika sudah terjadi, mau tidak mau anda harus melakukan pergantian spare part yang ditaksir merogoh kocek hingga jutaan rupiah. 

Oleh sebab itu, yuk ketahui pentingnya lubrikasi mesin anda selengkapnya dibawah ini;

1. Mencegah Mesin Keropos

Setujukah anda bahwa penyebab mesin keropos sangat ditentukan dari minimnya lubrikasi yang diberikan oleh pengguna? 

Anda harus tahu ini. Mesin dapat keropos secara perlahan karena gesekan yang ditimbulkan tidak mendapat pelumasan secara optimal. Dalam penggunannya, terkadang mesin sering terpapar terik matahari hingga air hujan yang mengandung banyak unsur oksigen. Air hujan yang langsung terkena logam atau besi, akan menimbulkan reaksi korosi. Inilah yang dinamakan karat.

Sebelum hal itu terjadi, maka sebaiknya berikan proteksi lubrikasi terbaik untuk perawatan mesin anda. Tidak ingin merogoh kocek hanya karena mesin keropos bukan? 

2. Memberikan Perlindungan Pada Bearing 

Sadarkah anda? Bahwa pelumasan yang buruk dapat menyebabkan sekitar 36% dari semua kegagalan bantalan prematur. Jika bantalan tidak dapat bekerja dengan optimal, maka dipastikan produktivitas mesin anda menjadi menurun drastis. 

Bantalan juga sering disebut dengan bearing atau laher. Peranannya cukup penting untuk menumpu sebuah poros agar poros dapat berputar tanpa mengalami gesekan yang berlebihan. 

Pentingnya lubrikasi pada mesin berguna untuk menunjang mencegah terjadinya bantalan prematur pada mesin. Ingat ya, bantalan atau bearing harus cukup kuat untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik.

Baca Juga : Cara Memilih Hose Reel Berkualitas dan Terjangkau, Intip Disini

Sudah menjadi kewajiban sebagai pengguna harus memberikan proteksi lubrikasi terbaik untuk menjaga performa mesin. Dengan menjaga performa mesin, maka produktivitas dapat meningkat. Oleh sebab itu, maka pastikan lubrikasi pada ahlinya.

Intip Solusi Kemudahan Lubrikasi dari SKF

SKF asal negara Tiongkok hadir menjadi jawaban dalam memberikan solusi untuk lubrikasi yang lebih baik. Gemuk yang ditawarkan sangat serbaguna dan cocok untuk diaplikasikan dalam lingkup industri dan otomotif.  Kelebihannya yakni diantaranya;

  • Stabilitas oksidasi yang luar biasa
  • Stabilitas mekanik yang baik
  • Tahan air yang sangat baik dan sifat penghambat karat
Mengapa kami merekomendasikan SKF? 

Produk SKF sudah dipakai di lebih dari 130 negara. Secara langsung, kredibilitas produk SKF memang patut dinacungi jempol. 

Eits, tunggu dulu. Sebelum anda memutuskan menggunakan produk SKF, yuk konsultasikan dulu kepada ahlinya. Jangan sampai terjebak pada distributor abal-abal. 

Ahlinya Lubrikasi, Cipta Hydropower Jawabannya. Konsultasikan disini.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *