lubrikasi alat berat tambang
lubrikasi alat berat tambang source google

Jangan sepelekan lubrikasi alat berat tambang jika tidak ingin performa mesin terganggu. Hingga saat ini, keberadaan alat berat tambang sangat dianggap vital dalam segi pembangunan daerah berupa infrastruktur. Contohnya seperti pembangunan jalan tol, waduk, rumah susun, dan masih banyak lainnya.

Dengan menggunakan alat berat tambang, produktifitas kinerja semakin efisien dan menghemat tenaga besar. Imbasnya, nilai pengeluaran lebih ekonomis. Maka, tidak heran bila alat hidrolik menjadi barang wajib yang digunakan dalam proses pembangunan, sebab hal tersebut tidak terlepas dari keuntungan sistem hidrolik.

Salah satu merawat sistem hidrolik yakni dengan memberikan lubrikasi atau pelumasan terbaik untuk mesin alat berat tambang. Apa itu lubrikasi?

Pengertian Lubrikasi Alat Berat Tambang

Lubrikasi atau pelumas (lube) adalah suatu bahan berbentuk cairan (liquid) yang memiliki fungsi sebagai mereduksi keausan antara dua permukaan benda bergerak yang saling bergesekan.

Perlu diingat, tidak semua benda cair dapat dikatakan lubrikasi. Salah satu syarat dapat dikatakan sebagai lubrikasi yakni jika mengandung bahan dasar berupa oil based atau water/glycol based,dan paket aditif.

Fungsi Lubrikasi Alat Berat Tambang

Pastinya anda bertanya-tanya, mengapa mesin sangat membutuhkan lubrikasi atau pelumasan?

Baca Juga : Harus Tahu Pentingnya Inspeksi Pada Alat Berat Tambang

Alasan sederhana dari lubrikasi bertujuan untuk mengurangi gesekan yang berlebih pada dua permukaan mesin logam. Berikut beberapa fungsi lubrikasi pada alat berat tambang yakni diantaranya;

  • Mencegah keausan atau korosi pada mesin
  • Mendinginkan mesin dengan cara menyalurkan panas akibat gesekan dan pembakaran
  • Membersihkan mesin dengan cara mengangkut kotoran dan elemen logam yang nantinya akan “dititipkan” di filter oli setiap sirkulasi
  • Memaksimumkan kompresi dan mempertahankan tekanan.
  • Jika tekanan yang hilang terlalu besar pembentukan seal (lapisan pelumas) yang tidak baik, mesin akan kehilangan tenaga sehingga konsumsi bahan bakar meningkat – yang berarti pemborosan biaya.

Dengan adanya lubrikasi yang optimal, hal ini akan meningkatkan bahan bakar menjadi lebih hemat bahan bakar, tenaga yang dihasilkan lebih besar, serta pengalaman penggunaan yang lebih nyaman saat dioperasionalkan.

Komponen Utama Lubrikasi Mesin

Jangan sembarang memberikan lubrikasi pada mesin. Setidaknya terdapat beberapa komponen utama untuk melubrikasi mesin alat berat, diantaranya;

  • Oil Pump
  • Oil Filter
  • Lubricating Valve
  • Oil Cooler
  • Thermostat
  • dan lainnya.

Sistem Lubrikasi Pada Alat Berat Tambang

Jika ditilik lebih dalam, nyatanya terdapat beberapa jumlah sistem lubrikasi. Berikut dibawah ini akan diulas selengkapnya mengenai sistem lubrikasi ALS. Apa itu ?

Automatic Lubrication System (ALS) juga dapat disebut dengan sistem pelumasan otomatis. ALS mempunyai istilah sebagai sistem pelumasan terpusat. Sistem pelumasan tersebut mempunyai peranan sebagai pemberi kendali jumlah pelumas ke beberapa lokasi spesifik pada waktu tertentu ketika mesin sedang beroperasi.

Dalam sistem lubrikasi tersebut menggunakan pelumas grease yang terdiri dari gabungan beberapa komponen, di antaranya controller, timer, pompa, tangki, katup, selang dan pipa.

Komponen Penting Lubrikasi Sistem ALS

Setidaknya terdapat 3 komponen penting atau utama pada system automatic lubrication, yakni diantaranya;

  • Pompa grease dan reservoir, penyioan dan penyedia sistem lubrikasi
  • Controller, mengaktifkan sistem
  • Dividers, mensuplai lubrikasi ke beberapa titik pemumasan dengan jumlah yang tepat

Sistem Lubrikasi ALS

Dalam sistem automatic lubrication system terdapt tiga jenis yang dapat diklasifikasikan sebagai berikut;

Single Line Resistive Orifice Systems
lubrikasi alat berat tambang Single Line Resistive Orifice Systems 
Single Line Resistive Orifice Systems

Adanya sistem ini bertujuan untuk menjaga perlatan peralatan mesin kecil dan besar agar tetap berjalan lancar dan optimal. Pompa grease mengukur jumlah pelumas yang masuk di tiap bearing point dalam waktu yang ditentukan. Begitu selesai, timer mengatur ulang kembali waktu untuk siklus selanjutnya.

Single Line Parallel Systems
lubrikasi alat berat tambang Single Line Parallel Systems
Single Line Parallel Systems

Pada sistem ini, pompa membangun tekanan untuk memicu metering piston dan memberikan jumlah pelumas yang tepat ke bearing. Setelah tekanan switch atau run time selesai, sistem tekanan berventilasi dan me-reset untuk siklus berikutnya.

Series Progressive Systems
lubrikasi alat berat tambang Series Progressive Systems
Series Progressive Systems

Ketika pelumas mengalir melalui block, metering piston bergerak ke satu sisi secara berurutan dari inlet sampai akhir tiap saat pelumas disuplai. Jika ada penyumbatan atau terlalu banyak tekanan pada sistem untuk diatasi, maka siklus berhenti.

Pastikan Pakai Lubrikasi Tepat Agar Mesin Bersahabat

Dengan adanya sistem lubrikasi pada alat berat tambang, hal ini akan membuat pengoeprasian alat berat semakin efisien dan mencegah meintenance dalam waktu cepat.

Bagi sebagian pengguna, lubrikasi sudah dianggap sebagai hal rutin yang dilakukan guna mencegah mencegah kerusakan pada mesin. Oleh sebab itu, jangan sampai anda menggunakan produk lubrikasi abal-abal sebab akan berimbas pada kenyamanan pengguna.

Ahlinya Lubrikasi Mesin Bijur Delimon

Mengapa harus Bijur Delimon?

Bijur Delimon International merupakan produk asal Amerika Serikat yang sudah terbukti memiliki kualitas disetiap sentuhan produknya. Brand tersebut sangat cocok digunakan untuk industri ringan maupun berat, khususnya pada area pertambangan.

lubrikasi alat berat tambang bijur delimon
produk bijur delimon

Bijur Delimon sudah banyak digunakan oleh puluhan hingga ratusan negara. Oleh sebab itu, jaminan kualitas sudah tidak diragukan lagi.

Awas Produk Abal-Abal

Pastikan anda mendapat layanan dan produk Bijur Delimon asli hanya melalui distributor resmi, Cipta Hydropower Abadi. Jangan ragu untuk konsultasikan terlebih dahulu seputar lubrikasi alat berat tambang oleh team berpengalaman kami.

Demikian ulasan mengenai lubrikasi alat berat tambang. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi solusi lubrikasi terbaik bagi bisnis Anda.

Baca ulasan seputar hidrolik lainnya hanya di jual selang hidrolik.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *