pentingnya inspeksi pada alat berat tambang
pentingnya alat inspeksi pada alat berat tambang source jualselanghidrolik.net

Bagi pengguna alat berat, pentingnya alat inspeksi pada alat berat tambang merupakan suatu kewajiban yang harus disadari bersama guna mencegah preventive maintenance. Dengan menginspeksi alat berat secara berkala, hal ini turut meningkatkan keselamatan para pekerja dalam mengoperasikan mesin dengan lebih nyaman dan aman. Secara langsung, otomatis hal tersebut akan berimbas pada kinerja serta efisiensi pekerjaan yang lebih maksimal.

Sadarkah anda?

Hampir 80% kegagalan produktivitas alat berat tambang disebabkan oleh jadwal inspeksi maintenance yang buruk.

Hal tersebut secara langsung akan berpengaruh pada penurunan produktivitas pekerjaan sebab operasional mesin yang tidak dapat berjalan dengan optimal. Jika sudah begini, maka kantong semakin terkuras dalam untuk biaya perbaikan atau pergantian alat berat baru. Bukankan hal ini sangat merugikan ?

Pentingnya Inspeksi Pada Alat Berat Tambang

Alat berat merupakan tombak terhadap efektivitas dan efisiensi suatu kinerja perusahaan. Komponen alat berat hidrolik sangat kompleks dan beragam, salah satunya hose. Penggunaan hose dengan kualitas terbaik tentu akan mempengaruhi long time mesin. Salah satu cara mendapatkan hose dengan kualitas terbaik yakni dengan memilih toko hose hydraulic berkualitas.

Oleh sebab itu, pentingnya alat inspeksi pada alat berat tambang sudah menjadi suatu keharusan bagi para pengguna alat berat. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan yang kemungkinan dapat menghambat proses pekerjaan di lapangan.

Tips Mudah Membuat Laporan Inspeksi Agar Lebih Optimal

Setelah melakukan kegiatan inspeksi, selanjutnya apa yang dilakukan?

Kegiatan rutin yang dilakukan setelah melakukan inspeksi yakni membuat laporan untuk diserahkan kepada pihak perusahaan. Umumnya, laporan dibuat berdasarkan inspeksi harian, bulanan, hingga tahunan.

Agar anda tidak salah dalam memberikan laporan, pastikan untuk memperhatikan beberapa poin berikut ini;

Totalitas

inspeksi alat berat totalitas
source jualselanghidrolik.net

Pastikan untuk mengecek keseluruhan bagian alat berat tanpa ada yang terlewat. Lakukan pengecekan mulai dari kondisi fisik, kondisi mesin, hingga kondisi cairan (bahan bakar, oli, dan lain-lain). Teliti dan cermat merupakan sikap terbaik dalam memberikan evaluasi terhadap inspeksi alat berat tambang. Semakin teliti terhadap informasi yang diberikan, maka semakin baik sebab hal tersebut dapat mendeteksi kerusakan sekecil apapun.

Ingat, jangan anggap sepele kerusakan walaupun kecil. Kerusakan sekecil apapun bisa saja berdampak menjadi kerusakan besar bila tidak ditangani segera mungkin. Hal tersebut akan berpotensi memicul kecelakaan ekrja atau kerusakan total.

Detail

inspeksi alat berat detail
source jualselanghidrolik.net

Setelah melakukan pengecekan secara langsung terhadap alat berat, maka selanjutnya yakni memasukkan data yang telah dikumpulkan kedalam lapiran inspeksi secara detail.

Ingat, pastikan untuk memberikan laporan secara detail. Sangat percuma bila data inspeksi sudah detail namun dalam laporan dibuat sangat minimalis, hasilnya tidak maksimal. Walaupun kerusakan masih terbilang sepele atau kecil, pastikan untuk tetap memasukkan kedalam laporan inspeksi agar segera dapat ditindaklanjuti.

Patuh Prosedur

inspeksi alat berat patuh prosedur
source jualselanghidrolik.net

Setiap alat tentu memiliki prosedur masing-masing guna mengatur segala kegiatan yang berhubungan dengan alat berat dapat berjalan dengan optimal. Dengan mematuhi prosedur yang berlaku, dapat mencegah dampak negatif bagi area kerja dan pengguna.

Ingat, sangat wajib untuk memtuhi prosedur yang ada, minimal alat berat dari manufaktur alat. Bukankah hal ini turut menciptakan keselamatan pengguna?

Re-check

inspeksi alat berat recheck
source jualselanghidrolik.net

Beberapa pengguna kerap mengabaikan re-check atau mengecek ulang setelah selesai melakukan inspeksi. Hal ini justru akan menjadi bumerang tersendiri hingga memicu penurunan performa alat berat walau hanya kehilangan satu buah skrup saja. Keteledoran sekecil apapun justru akan menimbulkan bahaya bagi alat berat dan pengguna.

Ingat, pastikan selalu kembalikan alat berat pada kondisi sebelum dilakukan inspeksi, seperti mengecek penutup oli hidraulik apakah sudah terpasang dengan baik.

Memilih Perusahaan Penyedia Layanan Inspeksi Terbaik

inspeksi alat berat cipta hydropower abadi

Sudahkah anda menemukan layanan inspeksi alat berat tambang terbaik?

Jangan sembarang pilih layanan inspeksi jika tidak ingin performa alat berat menjadi menurun atau justru malah berujung menimbulkan jadwal inspeksi semakin buruk.

Saatnya pilih Cipta Hydropower Abadi !

Tim Hydropower tidak hanya menunggu pesanan kerusakan, namun rutin melakukan inspeksi terhadap alat berat klien di tambang.

Sebagai distributor resmi dan layanan Hydraulic & Lubrication System, Cipta Hydropower Abadi turut memaksimalkan layanan inspeksi berbagai jenis alat berat tambang. Hal ini guna mengoptimalkan kinerja klien atau customer yang lebih baik.

Ingin mencoba pelayanan memuaskan dari Tim Hydropower? Segera konsultasikan kepada Cipta Hydropower Abadi.

Itulah ulasan mengenai pentingnya alat inspeksi pada alat berat tambang yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda. Temukan informasi menarik lainnya hanya di jualselanghidrolik.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *