hidrolik motor
hidrolik motor source google

Apa itu hidrolik motor? Penggunaan sistem hidrolik saat ini semakin meluas di berbagai kalangan, bahkan merambah pada segmen otomotif salah satunya motor. Secara umum, sistem hidrolik merupakan seperangkat teknologi yang memanfaatkan zat cair (liquid) berupa oli untuk melakukan gerakan segaris atau putaran (vertikal atau horizontal).

Sistem hidrolik pada umumnya lebih sering digunakan pada spesifikasi mesin alat berat seperti excavator, crane, bulldozer, forklift, dan masih banyak lainnya. Namun, kini penggunaan hidrolik merambah pada rangkaian otomotif berupa motor.

Pengertian Hidrolik Motor

Hidrolik motor merupakan sebuah aktuaktor mekanik yang dapat mengkonversi aliran serta tekanan hidrolik untuk diubah menjadi torsi atau tenaga putaran.

Meskipun sama-sama mengusung hidrolik, namun secara fungsi nyatanya berbeda dengan hidrolik pada umumnya,

Pompa hidrolik memiliki peranan sebagai penghasil tekanan dan aliran tertentu pada suatu sistem hidrolik, lain halnya dengan hidrolik motor yang bertugas mengkonversi kembali tekanan hidrolik menjadi tenaga putar. Motor hidrolik dapat berkerja pada dua arah putaran motor sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Jenis Jenis Hidrolik Motor

Jika diklasifikasikan, setidaknya terdapat lima jenis hidrolik motor yang kerap dijumpai. Apa saja itu? Berikut penjelasan selengkapnya diulas dibawah ini;

1. Hydraulic Gear Motor

Hydraulic Gear Motor
Hydraulic Gear Motor

Dalam jenis hydraulic gear motor umumnya menggunakan dua buah roda gigi yang dapat berputar di dalam casing.

Satu roda gigi sebagai driven gear dan lainnya berupa idler gear. Poros dari driven gear berhubungan dengan alat yang digerakkan. Dan poros dari idler gear hanya mengikuti berputar saja.

Selanjutnya, peranan fungsi hidrolik bertekanan dapat masuk melalui sisi inlet, lalu mengalir ke masing-masing kedalam sisi roda gigi dan timbul gerakan. Hal ini timbul torsi yang akan digunakan pada proses penggerakkan selanjutnya.

2. Hydraulic Vane Motor

Hydraulic Vane Motor
Hydraulic Vane Motor

Jenis selanjutnya terdapat hydraulic vane motor yang menggunakan sebuah roda dengan beberapa vane/plat yang terpasang.

Perlu diketahui, vane tersebut dapat bergerak dengan menyesuaikan perubahan posisinya yang kontak dengan casing motor.

Fluida hidrolik masuk ke sisi inlet dan menimbulkan perbedaan tekanan antara sisi inlet dan outlet sehingga memutar rotor dan menghasilkan torsi.

3. Gerotor Hydraulic Motor

Gerotor Hydraulic Motor
Gerotor Hydraulic Motor

Gerotor hydraulic motor terdiri atas dua rotor didalam casing motor. Yang satu berupa roda gigi yang berputar di dalam roda gigi yang lain. Keduanya memiliki sumbu putar yang tidak pada satu titik.

Fluida hidrolik bertekanan masuk melalui sisi inlet, memutar kedua roda gigi sehingga tercipta perbedaan tekanan dan menciptakan putaran pada sumbu roda gigi driven.

4. Axial Plunger Hydraulic Motor

Axial Plunger Hydraulic Motor
Axial Plunger Hydraulic Motor

Jenis axial plunger hydraulic motor ini umumnya menggunakan beberapa buah piston yang terpasang secara aksial mengelilingi poros motor. Pada ujung yang satu terdapat plat yang miring sehingga membuat piston memiliki ruang yang bervariasi pada saat berputar.

Ketika fluida hidrolik masuk melalui sisi inlet yang berada pada piston dengan volume ruangan kecil, dan tekanan pada fluida serta plat miring pada motor menghasilkan energi putar pada poros.

5. Radial Piston Hydraulic Motor

Radial Piston Hydraulic Motor
Radial Piston Hydraulic Motor

Berbeda dengan lainnya, jenis hidrolik ini dapat menghasilkan torsi yang cukup besar. Hal ini dikarenakan komponen tersusun atas beberapa piston yang terpasang secara radial (tegak lurus terhadap sumbu putar) dan didesain memiliki ruang piston yang bervariasi saat berputar.

Tidak hanya itu saja, jenis ini juga dapat menghasilkan energi atau tenaga yang besar serta jumlah torsi yang relatif konstan.

Nah itulah ulasan seputar hidrolik motor. Lalu apa perbedaan dengan hidrolik industri?

Perbedaan Hidrolik Motor dengan Hidrolik Industri

Perlu diingat, nyatanya perbedaan hidrolik motor.

Hidrolik industri umumnya sering dijumpai pada alat besar berupa crane, excavator, bulldozer, forklift, dan masih banyak lainnya. Penggunaan hidrolik yang merambah tentu tidak terlepas dari keuntungan sistem hidrolik.

Dalam hidrolik industri, perangkat yang digunakan yakni pompa hidrolik. Perangkat ini terdiri dari beberapa jenis jenis pompa hydraulic yang memiliki spesifikasi khusus untuk kebutuhan alat berat masing-masing mesin.

Ingat ya, untuk mendapatkan mesin pompa hidrolik dengan kualitas terbaik tidaklah semudah dengan membeli hidrolik motor, mengapa?

Pompa hidrolik pada alat berat industri memiliki peranan vital untuk menunjang performa mesin. Bisa dikatakan, pompa hidrolik merupakan jantungnya mesin hidrolik sebab fungsinya mengubah tenaga liquid (fluida) menjadi energi.

Rekomendasi Jual Pompa Hidrolik Berkualitas

Masih kesulitan mencari pompa hidrolik berkualitas?

Hal ini kerap menjadi dilema bagi sebagian pengguna dalam menemukan produk terbaik dan berkualitas terbaik. Kualitas terbaik sudah pasti menjadi idaman konsumen,

Salah satu merek terbaik unggul dikelasnya yakni merek Rexroth. Mengapa kami rekomendasikan produk merek Rexroth?

Rexroth Solusi Pompa Hidrolik Industri Terbaik

Merupakan produk asal negeri Jerman sebagai solusi produk yang kompatibel satu sama lain untuk memberikan gambaran secara lengkap bagi pengguna hidrolik.

jual pompa hidrolik
pompa hidrolik Rexroth

Berikut jenis pompa hidrolik yang tersedia, antara lain;

-Pompa Piston Aksial,

-Pompa Gear Eksternal,

-Pompa Gear Internal,

-Pompa Gerotor,

-Pompa Vane,

-Pompa Piston Radial, dan

-Pompa Elektro Hidrolik.

Tidak hanya itu saja, rexroth pun kerap menyediakan ragam aksesoris demi menunjang pemasangan lebih aman dan cepat. Diantaranya;

-Segel pengganti,

-Katup Pengaman,

-Flensa Pemasangan,

-Braket, dan

-Adaptor.

Rexroth Cocok Digunakan Untuk Semua Jenis Industri

Jangan khawatir, produk rexroth sangat cocok digunakan untuk semua jenis industri, manufaktur, pertambangan, maupun teknologi. Pompa Rexroth memang khusus dirancang untuk keandalan serta daya efisiensi tinggi.

Baca Juga : Daftar Toko Selang Hidrolik Murah dan Berkualitas Terbaik

Baca Juga : Cara Memilih Hose Reel Berkualitas dan Terjangkau, Intip Disini

Lalu berapa harga produk pompa hidrolik Rexroth ?

Harga Jual Pompa Hidrolik Rexroth

Setelah mengetahui merek, mungkin anda masih bertanya-tanya mengenai harga untuk satu unit pompa hidrolik.

Untuk harga pompa hidrolik merek rexroth yang berlaku dipasaran, pada dasarnya masih terjangkau alias murah, berkisar rentang Rp 20 juta keatas. Hal ini mengingat merek sejajar dengan kualitas yang dihadirkan untuk kebutuhan industri anda.

Distributor Resmi Pompa Hidrolik Rexroth

Jangan sembarangan membeli pompa hidrolik jika tidak ingin berimbas pada kenyamanan performa mesin. Memilih pompa hidrolik berkualitas juga dinilai sebagai salah satu indikator dalam menciptakan pengalaman pengoperasian yang lebih optimal.

Cipta Hydropower Abadi sebagai salah satu distributor resmi yang sudah berkiprah hampir 40 tahun menangani spesialis hydraulic & lubrication system. Menyediakan berbagai jenis produk hidrolik berkualitas terbaik dikelasnya, termasuk pompa hidrolik.

Selain itu, Cipta Hydropower Abadi pun turut melayani jasa instalasi dan maintenance service hydraulic system untuk tiap jenis mesin hidrolik baik industri maupun pertambangan.

Konsultasikan permasalahan hidrolik anda hanya di Cipta Hydropower Abadi.

Oke sobat hidrolik, demikian ulasan mengenai perbedaan hidrolik motor dengan hidrolik industri. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai solusi terpercaya Anda.

Baca ulasan menarik lainnya hanya di jual selang hidrolik.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *