sistem hidrolik berarti
sistem hidrolik berarti source google
Sistem hidrolik berarti sebuah peralatan atau sistem yang bekerja dengan menggunakan fluida sebagai sumber energi. Fluida tersebut dapat berupa gas maupun liquid (cair).  Berikut penhertian dan definisi selengkapnya akan diulas dibawah ini.

Definisi Sistem Hidrolik

Kata hidrolik yang saat ini kita ketahui berasal dari bahasa ‘Greek’ yakni dari kata ‘hydro’ yang berati air dan ‘aulos’ yang berarti pipa. Seiring berkembangnya zaman, penggunaan hidrolik menggunakan air atau campuran oli dan air (water emulsian) atau oli saja yang umumnya disebut dengan fluida.
Sistem hidrolik merupakan sebuah rangkaian komponen mesin yang menggunakan bahan cair (hydro) sebagai sumber energi penggerak. Oleh sebab itu dalam kinerjanya hanya menggunakan poros maju dan mundur.

Secara singkat, sistem hidrolik adalah mekanisme pemindahan tenaga menggunakan media zat cair berupa fluida. Mekanisme hidrolik bekerja berdasarkan hukum Pascal yang berbunyi “Tekanan yang diberikan pada zat cair di ruang tertutup, maka akan diteruskan ke segala arah”. Lalu apa maksudnya?

Ternyata seperti ini gambarannya. Kalau ada selang air yang dihubungkan dalam sebuah kran, lalu kran itu dinyalakan maka air yang keluar dari ujung selang itu memiliki kecepatan dan daya semprot yang sama dengan air yang keluar dari kran.

Sistem Hidrolik Digunakan Pada Alat berat

Pada umumnya, penggunaan sistem hidrolik sangat melekat pada alat berat  seperti excavator, bulldozer, crane, forklift, dan masih banyak lainnya. Ini alasannya sistem hidrolik digunakan pada alat berat.

Salah satu keuntungan sistem hidrolik yakni dapat mengangkat beban berat bahkan hingga ratusan kilogram sampai ton hanya dengan input tenaga kecil berupa fluida. Tentu hal ini sangat memberikan manfaat luar biasa terutama pada kalangan pertambangan dan industri.

Berkat fungsinya tersebut, kini penggunaan hidrolik meluas hingga kalangan pengguna bisnis kecil seperti cuci mobil , bengkel mobil, dan masih banyak lainnya.

Namun, masih banyak beberapa pengguna yang terjebak pada kualitas abal-abal alias tiruan. Hal ini tentu dapat memberikan dampak tersendiri, salah satunya mempengaruhi life time mesin. Imbasnya, kerusakan dapat terjadi lebih cepat. Oleh sebab itu, disarankan untuk menggunakan hidrolik langsung oleh ahlinya.

Nah itulah mengenai sistem hidrolik yang berarti sebuah perangkat pada mesin. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita bersama, Nantikan ulasan bermanfaat lainnya hanya di jualselanghidrolik wadah berbagi informasi seputar dunia hidrolik.
Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *