Tips 5 Perawatan Truk Kargo Agar Tetap Prima & Awet

Bagaimana tips mudah dalam melakukan perawatan truk kargo ? Terlepas dari daya tahan yang diusung, truk kargo memang memiliki fitur mesin bandel untuk setiap medan magnet. Namun seiring dengan waktu penggunaan, komponen mesin tentu membutuhkan perawatan rutin agar mendukung mesin tetap optimal ketika digunakan.

Perawatan Truk Kargo

Tidak hanya kendaraan pribadi saja, semua truk termasuk perawatan dump truck juga membutuhkan perawatan tune up berkala untuk memastikan kondisi mesin tetap optimal. Dalam tune up, mesin truk membutuhkan pergantian oli serta pelumasan trasmisi yang cukup.

Tetapi apakah sampai di situ saja untuk mendapatkan kinerja truk yang efisien dan tahan lama? Berikut beberapa poin penting dalam perawaran truk kargo :

1. Panaskan mesin

Hal utama yang perlu anda lakukan yakni panaskan mesin selama durasi kurang lebih 5 sampai 10 menit. Biarkan mesin menyala. Hal ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi oli atau pelumas lainnya sehingga ketika dijalankan tanpa khawatir mogok berhenti mendadak.

2. Periksa ketersediaan bahan bakar

Selain mesin, jangan lupa juga untuk mengecek ketersediaan bahan bakar sebelum berkendara jauh. Jika tidak, mungkin saja truk akan kehabisan ditengah perjalanan dengan lokasi SPBU yang cukup jauh sehingga hal ini sangat merepotkan bukan?

3. Cek kondisi ban

Sering dispelekan, ban menjadi pemicu utama truk mengalami kebocoran dijalan, amblas, bahkan hingga meledak. Untuk menghindari hal yang tidak terduga, sebaiknya periksa kondisi ban secara berkala dan rutin mengganti setiap menempuh perjalanan sekitar 40.000 – 70.000 km.

4. Cek rem dan saringan solar

Untuk trayek panjang seperti truk kargo, biasanya perawatan rem mengacu pada buku  panduan dari dealer. Komponen filter baiknya diganti minimal 20 kilometer sekali sebab partikel debu halus yang menyumbat dapat berimbas keausan sparepart.

Lain halnya untuk saringan solar, jika terdapat indikadi kebocoran segera periksa sumber kebocoran dan jangan tunda untuk mengganti spare part yang rusak.

5. Jaga muatan dalam batas normal

Selain mesin, juga jangan lupa perhatikan muatan yang ditampung. Pastikan muatan tetap sesuai kemampuan mesin. Jangan paksa mesin bekerja ekstra membawa muatan berat dengan trayek panjang sebab hal ini dapat mengganggu performa mesin hingga membahayakan pengguna jalan lainnya.

Nah itulah poin tips perawatan truk kargo diatas diharapkan mampu menjaga performa kendaraan dalam kondisi prima. Anda juga bisa membawa truk ke dealer resmi terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut jika dibutuhkan.

Semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Comment