Kerap Ditiru, Ini Tips Perawatan Truk Logging yang Benar

Baik truk logging, dump truk dan lainnya pun sama-sama membutuhkan perawatan yang tepat. Selengkapnya perawatan truk Logging disini.

Sejatinya, perawatan merupakan salah satu kunci utama agar umur mesin dapat bertahan lama serta terhindar dari berbagai peluang kerusakan lebih cepat. Umumnya, truk memiliki fitur mesin yang diklaim lebih tanggung diberbagai medan serta dapat menampung muatan yang lebih bersar.

Oleh sebab itu selain service rutin, perawatan dump truck maupun truk logging yang dibutuhkan harus secara berkala sehingga mesin tetap prima dalam mengantarkan barang sesuai kebutuhan kemanapun dan dimanapun.

4 Perawatan Truk Logging Mudah

Tentunya sebagai pengguna, Anda tidak ingin truk tiba-tiba mengalami mati mesin mendadak hingga indikasi overheat yang membuat runyam perjalanan?

Cegah hal diatas dengan melakukan beberapa prosedur perawatan truk Logging dengan mudah selengkapnya berikut ini;

1. Memanaskan mesin sebelum digunakan

Tidak hanya kendaraan pribadi, namun truk juga memerlukan pemanasan mesin sebelum digunakan. Hal ini bertujuan agar pelumas dapat melumasi seluruh bagian mesin sehingga terhindar mati mesin mendadak.

Sebaiknya panaskan mesin berkisar 10 menit sampai 20 menit agar mesin dapat bekerja secara optimal dari awal mula mesin kendaraan ketika dipanaskan.

2. Membersihkan filter udara

Kapan terakhir Anda membersihkan filter udara?

Komponen yang satu ini memang dianggap vital sebab berhubungan dengan supply udara ke dalam mesin. Umumnya, kendaraan diesel memerlukan asupan udara pada bagian dalam mesin. Nah jika terdapat debu atau kotoran lainnya, maka secara langsung dapat menghambat kinerja mesin itu sendiri.

Maka dari itu, membersihkan filter udara sudah menjadi hal yang harus dimasukkan dalam list perawatan secara berkala. Untuk mendapatkan perawatan terbaik, bersihkan melalui bengkel resmi atau langganan terpercaya Anda.

3. Mengganti oli pelumas

Siapa yang masih malas ganti oli truk?

Sebaiknya hindari ya, karena imbasnya cukip fatal jika kualitas oli sudah tak layak digunakan oleh truk. Hal ini mengingat bahwa peranan oli sangat penting dalam melumasi pergesekan pergerakan mesin. Sehingga pengguna truk logging disarankan mengganti oli setiap kurang lebih 5000 km serta filter oli di dalamnya agar mesin dapat bekerja secara maksimal.

4. Atur gas stabil saat mengemudikan truk

Padahal satu tips agar hemat bahan bakar dengan mengemudikan gas kecepatan stabil sehingga dapat mendukung  mesin lebih awet ketika berkendara. Namun sayangnya masih banyak beberapa kasus pengemudi truk ugal-ugalan hingga membahayakan pengguna jalan lainnya.

5. Membersihkan box

Sering dianggap spele, padahal box truk menjadi hal penting yang harus dibersihkan secara berkala. Hal ini mengingat box sering memuat berbagai barang atau material kasar hingga memicu terjadinya karat. Maka sudah seharusnya pengguna membersihkan setiap sudut-sudut box atau bak pada truk untuk mencegah terjadinya keropos besi karena karat.

Nah itulah ulasan seputar Perawatan Truk Logging. Dengan melakukan perawatan teruk secara rutin dan benar, maka dapat memperpanjang usia mesin truk agar lebih terawat. Sehingga kepercayaan pada klien semakin meningkat karena kualitas armada truk yang baik.

Sampai jumpa pada ulasan tips menarik lainnya..

Bagikan Sekarang

Leave a Comment