5 Penyebab Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Dump Truck

Seringkali dumptuck mengalami kerusakan ketika sedang beroperasi. Biasanya kerusakan yang sering terjadi pada dump truck dapat menimbulkan efek atau imbas yang dapat merusak sparepart jika dibiarkan secara terus-menerus tanpa ada perbaikan lebih cepat. Selain itu, kondisi dump truck yang rusak juga dapat membahayakan bagi pengguna jalan sekitar sehingga angka kematian lalu lintas meningkat pertahunnya.

Baik truck maupun dump truck, keduanya sama-sama membutuhkan perawatan secara berkala khususnya perawatan dump truck untuk menunjang performa mesin agar terhindar dari kerusakan. Dibandingkan dengan truck, kendaraan dump truck membutuhkan tenaga lebih ekstra karena mengangkut material beban berat seperti sedimen alat pasir, tanah, batu krikil, dan lainnya.

Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Dump Truck

Tidak berbeda jauh dengan kendaraan lainnya, dump truck rentan mengalami kerusakan mengingat fungsinya pengangkut material berat. Kira-kira apa saja penyebab kerusakannya? Berikut selengkapnya ;

1. Rem Dalam

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rem dalam mengalami kerusakan, oleh sebab itu perlunya beberapa kali kocokan barulah rem mau bekerja. Sehingga permasalahan ini memerlukan penyetelan sewaktu-waktu. Sebab tanpa adanya rem dapat menyebabkan nyawa pengemudi serta pengguna jalan menjadi terancam.

2. Gardan Berdengung

Hampir seluruh pengendara dump truk pernah mengalami kasus gardan berdengung. Biasanya penyebabnya tidak lain karena gardan sudah aus sehingga solusinya dibutuhkan pergantian unit gardan yang baru.

3. Kopling Aus

Tidak hanya gardan, namun kopling juga menjadi permasalahan aus yang sering mengintai dump truck. Penyebab kopling aus biasanya disebabkan oleh truk yang mengangkut muatan yang cukup berat secara kontinyu.

Selain faktor komponen, namun faktor pengemudi juga ikut menyumbang kopling menjadi aus. Kerusakan pada kopling tergolong berat karena banyak komponen yang harus diturunkan meskipun beberapa diantaranya mudah untuk didapatkan.

4. Gigi Transmisi Loncat

Sering mengalami gigi transmisi loncat?

Seringkali pengemudi mengeluhkan transmisi gigi yang loncat seketika menjadi netral sehingga benar-benar mengganggu.

5. Pelk Belakang Bergesekan dengan Per

Hal umum yang sering terjadi ketika roda bagian belakang bersinggungan dengan per sehingga mayoritas setting konstruksi pelk belakang diantara roda luar serta roda sisi dalam rupanya tidak sama. Jika dibiarkan terus-menerus, ban menjadi lebih cepat tipis karena bergesekan dengan per.

Nah itulah lima penyebab kerusakan yang sering terjadi pada dump truck. Dengan mengetahui penyebab diatas, semoga dapat menjadi perhatian kita bersama dalam melakukan perawatan unit truk sehingga lebih awet.

Bagikan Sekarang

Leave a Comment