Beranda » Hidrolik » Kenali Sistem Hydraulic Control Valve Pada Alat Berat

Kenali Sistem Hydraulic Control Valve Pada Alat Berat

hydraulic control valve
hydraulic control valve source google

Berbicara mengenai sistem hidrolik, nyatanya juga masih berkaitan erat dengan hydraulic control valve. Jenis sistem ini lebih digunakan pada alat berat pada kawasan migas serta pertambangan. Apa itu hydraulic control valve? Lalu bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Hydraulic Control Valve

Bagi penggiat industri, pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Hydraulic control valve merupakan salah satu komponen system hydraulic  yang berfungsi untuk menaikkan tekanan, mengatur jumlah dan arah aliran oli yang dihisap hydraulic pump dari hydraulic tank untuk mengoperasikan unit alat berat.

Berdasarkan fungsinya hydraulic control valve terbagi atas 3 macam yaitu pressure control valve, directional control valve, dan flow control valve.

Tipe Control Valve

Sebelum memutuskan untuk memasang pada alat berat ada, pastikan anda mengetahui tipe atau jenis tepat sesuai kebutuhan industri anda. Sangat disarankan untuk mengkonsultasikan kepada ahlinya demi mendapatkan produk berkualitas.

Lalu, apa saja tipe control valve? Berikut uraiannya;

PCV – Pressure Control Valve
TCV – Temperature Control Valve
FCV – Flow Control Valve
LCV – Level Control Valve
XV – Isolation Control Valve
XCV – High Pressure Control Valve

Berdasarkan tipe-tipe diatas, terdapat perbedaan mencolok yakni sematan nama pada kalimat awal. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan tipe yang tepat sesuai kebutuhan industri anda.

Cara Kerja Hydraulic Control Valve

Pada dasarnya, sistem kerja hidrolik control valve terbagi dalam tiga kategori yakni sebagai berikut;

1. Pressure Control Valve (Katup Pengontrol Tekanan)

Pressure control valve merupakan jenis katup dalam system hidrolik yang berfungsi untuk mengontrol tekanan dengan cara mengembalikan semua atau sebagian oli ke tangki apabila tekanan dalam system hidrolik batas tekanan yang telah diatur. Pressure control valve terbagi dalam tiga jenis yaitu tipe poppet, tipe pilot, dan tipe piston.

2. Flow Control Valve (Katup Pengontrol Aliran)

Selanjutnya, Flow control valve merupakan katup yang dapat berfungsi mengatur aliran oli yang masuk ke komponen aktuator.

Berbagai jenis katup yang termasuk ke dalamn jenis flow control valve antara lain throttle valve, vacuum valve, flow chek valve, demand valve, dan quick drop valve. Jadi, pastikan menggunakan katup dengan tepat.

3. Directional Control Valve (Katup Pengontrol Arah aliran)

Adapaun fungsi dari directional control valve berfungsi yakni sebagai pengontrol atau pengatur arah gerakan aktuator dengan merubah arah aliran oli atau memutuskan aliran oli.

Nah itulah ulasan mengenai hidrolik control valve. Semoga bermanfaat untuk anda…

 

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *