10 Penyebab Dozer Low Power & Tips Mencegahnya

Meskipun sudah memiliki desain setangguh mungkin agar dapat beroperasi diberbagai medan, namun kasus dozer low power dapat menimpa kapan saja. Ketika alat berat berada dalam titik kekurangan tenaga, otomatis pekerjaan menjadi terganggu karena tenaga yang kurang stabil.

Dozer atau Bulldozer umumnya berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia dalam hal nya menggali, mendorong dan menarik material (tanah, pasir, dsb). Unit alat berat ini sangat mudah ditemukan diberbagai lokasi proyek konstruksi atau pertambangan.

Penyebab Umum Dozer Low Power

Kira-kira apa saja penyebab dozer menjadi low power atau kekurangan tenaga?

Low power pada alat berat ini memiliki penyebab yang beragam. Di bawah ini adalah beberapa penyebab dozer mengalami low power sebagai berikut :

1. Bahan Bakar Jelek ( Fuel Kotor )

Sama seperti kendaraan, jika alat berat dozer menggunakan bahan bakar dengan kualitas oktan rendah maka tenaga yang dihasilkan tentu kurang bagus untuk tenaga mesin. Tidak hanya itu saja, tangki hidrolik dozer yang jarang dilakukan pengurasan juga berdampak pada tenaga menurun atau low power sebab banyak kotoran atau partiker lainnya yang mempengaruhi kinerja mesin.

Solusinya

Keluarkan bahan bakar dari tangki bahan bakar. Pasang elemen filter bahan bakar baru. Masukkan bahan bakar bersih dengan kadar yang baik ke dalam tangki bahan bakar. Pada saat maintenace periodic service, Anda dapat menggunakan layanan flushing tools fuel dan cleaning fuel tank untuk membasmi kotoran secara menyeluruh.

2. Tekanan Bahan Bakar Rendah ( Fuel Pressure Low )

Umumnya, jika tekanan bahan bakar lebih rendah dari 170 kPa (25 psi) maka pasang elemen filter baru. Tekanan keluar pompa transfer bahan bakar pada beban penuh harus 240 kPa (35 psi). Jika tekanan bahan bakar masih rendah, pasang pompa transfer bahan bakar baru.

Solusinya

Selain memastikan bahan bakar tersedia didalam tangki, jangan lupa cari kebocoran atau lekukan yang rusak pada saluran bahan bakar antara tangki bahan bakar dan pompa transfer bahan bakar. Cari udara dalam sistem bahan bakar. Periksa tekanan bahan bakar pada unit mesin kembali.

3. Kebocoran Dalam Sistem Saluran Masuk Udara ( Air Inlet System )

Anda perlu mencurigai komponen ini ketika dozer menjadi low power. Periksa tekanan di manifold saluran masuk udara (air inlet system).

Solusinya

Cari terjadinya kebuntuan pada air inlet system dan  air cleaner. Jika ditemukan indikasi kebuntuan atau kebocoran, maka segera lakukan perbaikan dan cleaning pada system.

4. Governor Linkage

Salah satu penyebab dari dozer low power dikarenakan terjadinya governor linkage.

Solusinya

Cari kerusakan lalu gunakan suku cadang atau part baru untuk yang mengalami kerusakan atau cacat.

5. Salah Adjustment Valve Lash

Solusinya

Lakukan penyesuaian sesuai subjek, adjustment Lash Valve pada engine dozer.

6. Kerusakan Nozel Injeksi Bahan Bakar atau Pompa Injeksi Bahan Bakar

Solusinya

Hidupkan engine dozer Cat D8R pada rpm yang paling sering mengalami misfire atau berjalan paling kasar. Kemudian kendurkan mur saluran bahan bakar pada pompa injeksi bahan bakar untuk setiap silinder satu per satu. Temukan silinder dimana mur saluran bahan bakar yang kendor tidak mengubah cara mesin berjalan.
Terakhir, uji pompa injeksi bahan bakar dan nozzle injeksi bahan bakar untuk silinder tersebut. Ganti suku cadang yang baru jika memang diperlukan.

7. Timing Injeksi Bahan Bakar Kurang Tepat

Biasanya terjadi karena kesalahan teknis.

Solusinya

Cukup lakukan penyesuaian waktu dan atur ulang (adjustment timing).

8. Pengaturan Rack Terlalu Rendah

Solusinya

Cukup membuat referensi ke TMI (Technical Marketing Information) atau pengaturan bahan bakar dan informasi terkait fiche.

9. Kerusakan Aftercooler

Solusinya

Periksa suhu pasokan air yang masuk dan keluar. Hapus semua batasan eksternal atau internal yang dibutuhkan.

10. Kontrol Rasio Bahan Bakar

Solusinya

Kontrol baik perlu penyesuaian atau rusak dan diperlukan kontrol baru.

11. Masalah Turbocharger

Turbocharger  yang terkena dampak deposit karbon atau gesekan lainnya.

Solusinya

Lakukan pemeriksaan dan perbaikan turbocharger jika diperlukan.

Tips Mencegah Dozer Low Power

Berikut tips mudah untuk mencegah unit alat berat terjadi low power kembali, khsusnya dozer :

  1. Lakukan periodic inspection secara berkala
  2. Lakukan periodic service khusus untuk air intake system damn fuel sytem
  3. Lakukan flushing tools secara berkala
  4. Lakukan perbaikan segera jika ditemukan indikasi kerusakan sekecil apapun
  5. Lakukan perawatan rutin harian dengan mengetahui cara merawat alat berat

Nah demikian ulasan informatif seputar mengetahui penyebab dozer low power serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Bagikan Sekarang

Leave a Comment