Panduan Tips Membeli Alat Berat Bekas Bagi Pemula

Meskipun bekas namun untuk mendapatkan unit berkualitas butuh kejelian dalam mengecek seluruh komponen. Berikut tips membeli alat berat bekas.

Tidak hanya kendaraan pribadi saja seperti mobil atau motor, kini sudah banyak perusahaan yang menjual berbagai jenis alat berat bekas. Dibandingkan dengan membeli unit baru, nyatanya masih banyak alat berat bekas yang masih memiliki performa bagus serta layak digunakan dalam jangka waktu panjang. Selain itu, membeli alat berat bekas dapat memangkas budget pengeluaran pengadaan operasional.

Tips Membeli Alat Berat Bekas

Alih-alih ingin mendapatkan harga murah tanpa mempertimbangkan kualitas, justru dapat menjadi bumerang sebab memperbaiki alat berat yang rusak tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit terutama ketika pergantian spare parts baru.

Sebelum hal ini menimpa Anda, nah Mekanik Hydro akan hadirkan ulasan beberapa tips informatif dalam membeli alat berat bekas. Selengkapnya berikut ini :

1. Cek kondisi fisik mesin

Sudah menjadi keharusan utama mengecek kondisi fisik mesin apakah masih berkualitas bagus atau justru sebaliknya. Pasalnya, ada saja unit alat berat bekas yang terpajang dalam kondisi bagus terutama pada body cat namun tidak sebanding dengan mesinnya.

Maka dari itu, fisik kondisi mesin terutama spare part hidrolik menjadi indikator penting serta dapat menjadi analisa rekam jejak perawatan sebelumnya.

Saat melihat kondisi luar dari mesin ini perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Perhatikan kondisi mesin dalam kondisi bagus atau kotor hingga tidak mulus
  • Perhatikan body cat mesin apakah terdapat pengecatan ulang, jika iya tanyakan sebabnya
  • Perhatikan tanda bekasi oli bocor
  • Perhatikan kondisi mesin sesuai dengan rakitan pabrikan demi terhindar dari modifikasi si penjual

2. Cek di bawah alat

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengecek kondisi di bawah hood alat berat tersebut. Kondisi di bawah hood ini dapat menjadi indikasi dari permasalahan mesin. Misalnya, bekas oli bocor yang bisa kita lihat di bawah hood atau di sekitar mesin. Pasalnya, oli bocor ini dapat mempengaruhi transmisi mesin.

3. Cek merek unit alat berat

Tidak kalah penting, Anda harus mengecek merek yang hendak dibeli. Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa merek menjadi senjata utama dalam memilah spesifikasi mesin yang dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini berkaitan erat dengan penyesuaian pengoperasian pekerjaan sehingga merek memudahkan bagi si pengguna.

Kesimpulannya, merek mesin berpengaruh pada kenyamanan operasi dan kualitas mesin.

4. Cek test drive mesin

Setelah semuanya sesuai dengan yang diinginkan, kini Anda dapat melakukan test drive untuk memastikan performa mesin. Berikut langkah mudahnya :

  • Hidupkan mesin apakah langsung menyala atau membutuhkan tersendat-sendat
  • Perhatikan dengan jelas bunyi mesin apakah halus atau terdapat suara bising
  • Operasikan alat berat dengan berbagai kombinasi gerakan yang dapat dilakukan alat tersebut

5. Minta saran kepada ahlinya

Bila masih tidak yakin atau ragu dengan pilihan Anda, maka jangan sungkan untuk meminta pendapat kepada ahlinya mesin atau konsultasikan dengan orang lain yang paham dengan teknis-teknisi alat berat tersebut.

Semoga tips membeli alat berat bekas berkualitas tepat diatas dapat bermanfaat untuk menjadi referensi yang Anda butuhkan. Jangan lupa lakukan perawatan alat berat secara berkala agar terhindar dari kerusakan mesin.

Bagikan Sekarang

Leave a Comment