Tangki Hidrolik Berfungsi Untuk Menampung Oli Hidrolik

Jika ditelaah, nyatanya jumlah komponen dalam sistem hidrolik cukup terbilang banyak, salah satunya komponen yang berfungsi untuk menampung oli hidrolik dalam jumlah banyak. Hidrolik merupakan suatu rangkaian sistem yang mengandalkan fluida sebagai energi penggerak. Fluida umumnya bersifat gas dan liquid, namun saat ini hampir mayoritas sistem hidrolik sudah berbasis liquid atau cair.

Sudah tahu apa saja komponen hidrolik?

Komponen hidrolik terdiri dari hose, aktuaktor, pompa hidrolik, control valve, termasuk tangki oli hidrolik. Tangki mempunyai peranan yang tidak kalah penting dari komponen lainnya. Selengkapnya simak penjelasan dibawah ini;

Tangki Oli Hidrolik Berfungsi Untuk Menampung Oli Hidrolik

Secara umum, tangki hidrolik berfungsi untuk menyimpan sejumlah oli dan menjamin oli tersedia dengan sebagai syarat sistem hidrolik dapat bekerja dengan optimal.

Selain untuk menyimpan cadangan oli,  tangki pun dapat bermulti fungsi menjadi alat pembuang panas yang berasal dari oli yang dibawa dari system. Hal ini mengingat ukuran tangki yang cukup besar. Fungsi lain dari tangki oli hidrolik yakni dapat memungkinkan partikel kotoran mengendap dari oli.

Seperti ini mekanismenya !

Ketika sistem hidrolik sedang dalam keadaan tidak beroperasi, otomatis oli dalam tangki memiliki level yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan keadaan mesin hidup. Selain itu, ketika melakukan pengisian, terkadang parameter menunjukkan sudah penuh, namun setelah dioperasikan levelnya akan kembali turun. Pada bagian luar tangki terdapat penunjuk (sight gage) untuk melihat level oli di dalam tangki.

Komponen Tangki Hidrolik

Berikut komponen tangki oli hidrolik terdiri dari;

  • Tutup pengisian
  • Gelas takar
  • Breather
  • Saluran suply dan kembali
  • Saluran pembuangan

Jenis Tangki Oli Hidrolik

Terdapat dua jenis tangki oli hidrolik, yakni tangki bertekanan dan tangki tidak bertekanan. Berikut ulasan selengkapnya;

Tangki Bertekanan

Tiap bagian terdiri dari return screen yang memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran yang dibawa oli dari sistem. Filter Screen berfungsi sebagai penyaring kotoran dari luar saat pengisian oli.

Selain itu, baffles berfungsi untuk mengarahkan aliran oli dan memutar oli sehingga apabila ada kotoran yang masuk, sistem ino bekerja untuk mengendapkan kotoran agar tidak masuk ke pompa. Fungsi lain dari baffles yakni sebagai mengurangi terjadinya gelembung-gelembung udara yang kemungkinan dapat menimbulkan kerusakan pada pompa.

Lanjut ke Ecology Drain sebagai lubang tempat pembuangan oli dan juga untuk membuang air yang sudah terpisah dengan oli. Terdapat vacuum relief valve dimana fungsinya sejalur dengan radiator cap pada mesin.

Nah itulah ualsan mengenai tangki hidrolik berfungsi untuk menampung oli hidrolik. Dapatkan perangkat hidrolik sistem hanya pada ahlinya yakni Cipta Hydropower Abadi. Semoga dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai rujukan terpercaya anda. Sampai jumpa di ulasan berikutnya.

Ulasan bermanfaat lainnya baca di jualselanghidrolik.net

Bagikan Sekarang

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: