Ball Valve Adalah Berikut Ini Serta Fungsi & Kelebihannya

Umumnya, Ball Valve adalah sebuah perangkat pengontrol aliran berbentuk disc bulat. Dalam dunia industri, biasanya ball valve menjadi komponen yang sering digunakan untuk pengatur laju aliran cair maupun gas. Hal ini penting agar tekanan dapat diatur dengan mudah.

Memiliki bentuk kran dengan bundaran ditengahnya, nyatanya ball valve terdiri dari berbagai jenis seperti Globe Valve, Gate Valve dan Ball Valve. Ketiganya memiliki fungsi tersendiri yang tentunya sama-sama dibutuhkan pada kebutuhan mesin produksi maupun lainnya.

Agar tidak terjadi salah kaprah, berikut Mekanik Hydro hadirkan ulasan tentang pengertian ball valve lengkap.

Ball Valve Adalah Berikut Ini

Ball Valve atau Katup Bola adalah sebuah katup gerak rotasi seperempat putar sekitar 90 derajat berbentuk disc bola untuk menghentikan atau memulai aliran cair atau gas dengan mudah. Cara kerjanya hampir mirip dengan kran air.

Ketika katup dibuka, otomatis bola akan berputar ke titik di mana lubang melalui bola sejalan dengan saluran masuk tubuh katup dan outlet. Sebaliknya, saat katup tertutup maka bola  berputar sehingga lubang tegak lurus dengan bukaan aliran tubuh katup sehingga aliran akan otomatis berhenti.

Dibandingkan dengan jenis lainnya, tipe ball valve termasuk jenis yang paling banyak diguanakn sebab selain mudah dalam melakukan maintenance dan mudah digunakan, ball valve juga mampu menahan tekanan atau suhu tinggi.

Pressure Ball Valve

Umumnya, ball valve terdiri dari beragam jenis material seperti logam, plastik atau bahan keramik.

Lalu, berapa tekanan yang tersematkan pada ball valve ini?

Ball Valve dapat menahan tekanan hingga 10.000 psi dan temperatur sekitar 200°C. Selain itu, kinerja ball valve juga dapat menahan tekanan hingga 1000 barr dan suhu hingga 482 F atau 250°C. Rata-rata ukurannya berkisar 0,2-11,81 inci (0,5 cm sampai 30 cm).

Agar ball valve dapat digunakan pada durasi waktu panjang, biasanya disc bulatnya sering dilapisi dengan chrome. Jadi jangan khawatir komponen ini dapat rusak karena pressure yang tinggi. Cukup mengganti jika memang sudah benar-benar rusak.

Fungsi Ball Valve

fungsi ball valve
 

Umumnya, Ball Valve sering digunakan pada proses hydrocarbon karena dapat mengatur besar kecil aliran pada uap dan gas terutama saat tekanan rendah. Karena cara kerjanya mirip seperti kran air, ball valve merupakan jenis yang paling banyak digunakan, selain desain yang simple juga mudah untuk membuka atau menutup valve hingga sudut 90°.

Nah, fungsi dari hadirnya ball valve yakni untuk;

  • Pengendali aliran (Flow Control)
  • Pengendali tekanan (Pressure Control)
  • Shut off
  • Tekanan tinggi
  • Temperatur atau suhu yang tinggi

Kelebihan Ball Valve 

Pada dasarnya, setiap komponen memiliki keunggulan tersendiri yang sudah didesain semaksimal mungkin demi memudahkan pengguna serta fitur yang dihadirkan. Berikut beberapa kelebihan dari hadirnya ball valve yakni sebagai berikut;

  • Sangat jarang terjadi kebocoran
  • Bentuk desain yang simple
  • Tidak berat seperti jenis valve lain
  • Kehilangan tekanan yang sangat rendah
  • Mudah untuk dibuka dan tidak mudah terkontaminasi

Kekurangan Ball Valve 

Meskipun sudah diproteksi dengan kelebihan yang memadai, namun tidak dapat dipungkiri ball valve juga masih menyimpan beberapa kekurangan seperti;

  • Seat mudah rusak karena seringnya gesekan antara ball atau disc bulat dengan seat
  • Pembukaan tipe handel cepat menimbulkan water hammer atau palu air pada sistem sehingga jika tekanan akan besar dapat merusak sistem atau sambungan & dinding pipa

Brand Unggulan Ball Valve

Pada dasarnya, anda dapat menemukan berbagai brand atau merek ball valve. Namun tidak banyak yang mengetahui beberapa brand unggulan yang sering digunakan oleh banyak para penggelut industri. Kira-kira sudahkah anda menebaknya?

1. Jual Ball Valve Stauff

ball valve stauff
 

Untuk aplikasi khusus, STAUFF mampu menyediakan produk yang dimodifikasi secara teknis yang akan, misalnya, mencakup rentang tekanan ekstrem hingga 800 bar / 12000 PSI dan suhu hingga + 500 ° C / + 930 ° F.

Hadirnya STAUFF Ball Valves menawarkan operasi dua arah sepenuhnya, menghilangkan kemungkinan pemasangan yang salah. Tanpa perlu pelumasan dan perawatan khusus, jika terjadi kerusakan katup STAUFF dapat diperbaiki dengan mudah dan sepenuhnya serta terhindar dari gejala turbulensi.

2. Jual Ball Valve Kitz

ball valve kitz
 

Warna khas material brass / kuningan terbaik, tidak heran bila KITZ tetap banyak dicari sampai saat ini. Umumnya, KITZ digunakan untuk spesifikasi tekanan aliran fluida low pressure. Tersedia kran ball valve 1 hingga 3 way dengan ragam ukuran.

KITZ ball valve dapat digunakan pada spesifikasi fluida oli dan gas.

Untuk informasi terkait spesifikasi produk serta estimasi harga, silahkan hubungi jual ball valve distributor hidrolik resmi Indonesia

PT Cipta Hydropower Abadi

08-111-77633 (whatsapp)

info@ciptahydropower.com (email)

www.ciptahydropower.com (website)

Selain produk, Hydropower juga melayani perbaikan ball valve yang mengalami gangguan maupun instalasi produk.

Nah, kini anda telah mengetahui pengertian ball valve lengkap serta brand unggulannya. Semoga bermanfaat untuk anda..

Bagikan Sekarang

Leave a Comment