Apa Itu Arm Excavator? Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa itu arm excavator ? Salah satu bagian vital ini juga cukup penting peranannya dalam menggerakkan unit hidrolik. Dengan adanya arm ini, kinerja mesin menjadi optimal dan mudah terutama dalam menjangkau material berat serta dalam.

Excavator begitu mudah dijumpai dalam berbagai proyek, seperti konstruksi, pengairan, perhutanan, hingga pertambangan. Umumnya, excavator memiliki sekitar tujuh jenis yang berbeda seperti Crawler Excavator, Hydraulic Shovel, Wheeled Excavator, hingga Suction Excavator. Meskipun berbeda namun pada dasarnya arm tetap digunakan dalam semua unit.

Oleh sebab itu, mari kenali bagian secara umum dimulai dari arm excavator berikut ini.

Pengertian Arm Excavator

Arm Excavator adalah salah satu komponen yang cukup berukuran besar, bentuknya lebih mirip seperti lengan panjang yang tersambung dengan bucket. Arm berfungsi untuk mengayunkan bucket lebih jauh sehingga mampu menunjang fungsi lebih tinggi atau jauh.

Excavator long arm atau dalam bahasa Indonesianya berarti excavator berlengan panjang. Oleh sebab itu unit ini dapat menjangkau panjang hingga beberapa meter berkat lengan yang dimaksud. Hadirnya arm sering juga digunakan untuk menggali lubang atau parit yang dalam.

Sehingga, jenis exavator dengan model arm yang panjang dimanfaatkan untuk menggali dekat sungai atau danau, dimana excavator ini ditempatkan di atas platform atau tongkang apung (barge).

Perlu diingat, arm excavator dengan arm cylinder tentu berbeda. Keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Sejarah Arm Excavator

Ternyata model excavator berlengan panjang yang kini marak digunakan tidak terlepas sejarah pada masanya.

Diciptakan pertama kali oleh Richard Melhuis sekitar pada tahun 1970-an. Excavator jangkauan jauh pertama adalah alat berat “jalur air” Hymac 50 BT  yang dirancang khusus pada saluran air. Berkat kehadirnnya, mesin Hymac ini mulai banyak dimanfaatkan banyak orang dari pada desain garis tarik yang cenderung tradisional.

Ditahun yang sama juga, Excavator Prietsman dan kemudian (Ruston Bucyrus) VC (Variable Counterweight) mulai populer brandnya di kalangan pengguna mesin.

Namun, pekerjaan yang sanggup di kerjakan VC ini lebih sedikit dan terbatas karena keterbatasan desain dibandikan dengan mesin jangkauan panjang terutama munculnya brand yang jauh lebih unggul dari Jepang buatan Komatsu dan Hitachi.

Jika tertarik untuk membeli brand tersebut, setidaknya ketahui harga excavator Komatsu berikut ini.

Alasannya, mesin dari kedua pabrikan tersebut hampir tidak mengeluarkan cairan hidrolik sehingga lebih efisien.

Karakteristik Excavator Arm Panjang

Umumnya, model excavator yang memiliki lengan panjang sudah dilengkapi dengan counterweight atau penyeimbang yang memiliki ukuran cukup besar untuk mengimbangi daya angkut dari arm saat proses penggalian.

Hal ini dikarenakan excavator jenis ini memiliki bobot yang lebih berat di depan. Maka dari itu diperlukan penyeimbang yang jauh lebih berat agar stabil saat proses penggunaan dan tidak condong kedepan.

Selain itu, perlu diperhatikan juga quantity dari isi bucket, jika tidak keseimbangan akan terganggu dan unit terguling menjadi resiko terbesar.

Untuk bagian kaki jenis long arm excavator terdapat tapak baja merayap (ruber wheeled tires). Kedua jenis kaki-kaki ini dalam penggunaannya kembali lagi kepada medan yang akan dihadapi, seperti permukaan tanah yang berlumpur atau lunak. Sedangkan ruber wheeled tires digunakan untuk medan yang rata seperti pada aspal atau beton.

Kekurangan Arm Excavator

Selain memiliki kelebihan untuk galian yang dalam sehingga banyak digunakan diberbagai area, excavator lengan panjang juga nyatanya memiliki masalah saat transportasi pengiriman unit, terutama ketika bertemu dengan pepohonan atau kabel listrik.

Sehingga penggunaan atau transport diperlukan pengawasan yang extra agar tidak membahayakan pengguna jalan sekitar. Jadi lebih aman ketika saat transport, arm atau lengan dari body main nya akan dilepas terlebih dahulu dan dibawa dengan truk khusus dan akan dirakit kembali ketikda sudah sampai tujuan.

Nah demi ulasan seputar informasi excavator diatas. Semoga dapat menjadi edukasi kita bersama..

Bagikan Sekarang

Leave a Comment