SOP Backhoe & Perawatan Agar Mesin Lebih Awet

Hadirnya standar oeprasional bertujuan untuk mencegah kerusakan akibat kesalahan penggunaan. Simak SOP backhoe loader selengkapnya berikut ini.

Baik mesin produksi hingga alat berat, umumnya memang tidak terlepas dari standar operasional. Dengan demikian, pengguna atau karyawan dapat terhindar dari kecelakaan kerja akibat kesalahan penggunaan mesin. Perawatan atau pemeliharaan mesin harus dilakukan dengan rutin agar kegiatan produktivitas dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan mesin rusak.

Secara umum, maintenance merupakan kegiatan untuk mempertahankan (retaining) dan mengembalikan (restoring) mesin ataupun peralatan kerja agar tetap dalam kondisi yang baik sehingga dapat melakukan produksi dengan optimal

SOP Backhoe Loader

Setidaknya terdapat beberapa SOP, diantaranya ;

Sebelum Pengoperasian Backhoe Loader

1. Baca dan pahami dalam manual book.

2. Pastikan operator yang dipilih memang sudah paham keseluruhan dalam mengoperasikan mesin loader

3. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan pada kait pengencang seperti baut, serta tuas alat berada di kanan posisi sebelum beroperasi.

4. Jangan pernah mengoperasikan traktor dengan backhoe yang terpasang.

5. Periksa utilitas kabel yang terpendam dalam tanah seperti listrik, saluran telepon, gas dan air. Jika ragu, tidak ada salahnya untuk menghubungi perusahaan utilitas lokal sebelum mengoperasikan backhoe.

6. Meskipun sering dianggap spele, namun pastikan juga stiker keselamatan harus tetap terbaca dengan warna yang belum pudar.

Saat Pengoperasian Backhoe

1. Pastikan sterilisasi keberadaan pekerja di area pengoprasian unit saat mesin sedang digunakan.

2. Berhati-hatilah saat beroperasi di lereng terutama pada medan yang tidak rata, menyeberang parit atau saat berputar.

3. Operasikan backhoe hanya dari kursi operator backhoe.

4. Saat digunakan di lereng, gunakan satu stabilizer atau lebih rendah dari yang lain. Gunakan sangat hati-hati selama penggalian sebagai risiko tip-over akan meningkat.

5. Untuk mengurangi risiko tip-over pada lereng, tempatkan spoil ke sisi yang lebih tinggi dari penggalian.

6. Jangan menggali di bawah stabilizer atau traktor, terutama di kondisi lunak atau berpasir. Lakukan tindakan pencegahan ekstra dalam kondisi tanah basah. Kondisi ini bisa menjadi tidak stabil dan mungkin runtuh karena berat mesin dan mungkin menyebabkan tip-over.

7. Jangan mengoperasikan mesin atau peralatan apa pun selama di bawah pengaruh alkohol atau obat lain, atau dalam keadaan lelah mengantuk.

8. Ketika meninggalkan mesin tanpa pengawasan, pastikan untuk menurunkan backhoe ke tanah, serta parkir rem, lalu matikan mesin dan lepaskan kuncinya.

SOP Perawatan Backhoe

1. Sebelum memutuskan hubungan saluran hidrolik, buang semua tekanan dengan menggerakkan kontrol.

2. Selalu gunakan perangkat perlindungan pribadi seperti keamanan kacamata dan pelindung telinga saat diservis atau memperbaiki mesin.

3. Turunkan backhoe ke tanah dan matikan mesin sebelum servis.

4. Saat memperbaiki pin di ujung silinder, ember, dll, selalu menggunakan drift kuningan dan palu. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan cedera dari logam terbang fragmen.

5. Untuk menghindari cedera pribadi yang serius, jagalah agar tetap bekerja daerah backhoe.

6. Saat melakukan servis atau pengecekan di bawahnya, jangan sampai di bawah mesin saat itu hanya ditahan dengan backhoe atau stabilisator. Gunakan pengaman ekstra.

7. Ketika terjadi kebocoran, jangan sesekali mencoba untuk menggunakan tangan sebab dapat menyebabkan cidera yang cukup serius hingga menembus kulit. Sebaiknya, gunakan selembar karton atau kayu.

Jika terluka oleh cairan yang keluar, sebaiknya segera hubungi dokter. Infeksi serius atau reaksi
alergi akan berkembang lebih parah jika pengobatan tidak segera dilakukan.

8. Jangan mengutak-atik katup kontrol pada pengaturan tekanan backhoe. Tekanan katup
relief sudah disetel dari pabrik. Pasalnya, mengubah pengaturan dapat menyebabkan overloading backhoe cidera hingga kematian pribadi yang serius dapat terjadi.

9. Jangan pernah sesekali mencoba untuk memodifikasi backhoe karena alasan apa pun. Memodifikasi backhoe dapat menyebabkan kondisi yang tidak stabil. Cedera atau kematian pribadi dapat menimpa kapan saja.

Kesimpulan

Agar terhindar dari resiko kecelakaan kerja, maka dibutuhkan  SOP unit alat berat agar keselamatan pekerja lebih terjamin. Sayangnya, masih saja terdapat beberapa pengguna yang menyepelekan hal ini. Oleh sebab itu, kesadaran diri perlu dipupuk dan ditanam lebih dalam terutama dalam meminimalisir resiko tingkat kecelakaan kerja.

Demikian informasi seputar SOP loader serta perawatannya. Semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Comment