Gejala dan Faktor Kerusakan Alat Berat Selengkapnya Disini

Seiring dengan tingginya intensitas penggunaan alat berat, maka tidak heran bila kerusakan alat berat kerap terjadi. Baik kerusakan kecil maupun besar, keduanya perlu mendapatkan penanganan serius agar performa mesin alat berat tetap terjaga dengan optimal.

Alat berat jenis apapun, terdiri dari berbagai sparepart serta komponen yang cukup kompleks, terbalut dalam sistem hidrolik. Sebagus apapun produk maupun merek yang digunakan, kerusakan tidak bisa dihindarkan bila tidak diimbangi dengan perawatan secara berkala.

Gejala Kerusakan Alat Berat

Umumnya, gejala kerusakan alat berat ditandai oleh beberapa kasus dibawah ini;

1. Sistem Mesin Berhenti

Gejala ini kerap dialami oleh beberapa pengguna. Hal ini ditandai dengan ketika mesin sedang beroperasi, lalu secara tiba-tiba mati mendadak.

2. Getaran Mesin Berlebihan

Getaran mesin terjadi merupakan sesuatu yang normal. Namun, anda perlu waspadai jika getaran tersebut terasa lebih berisik atau berlebihan. Hal ini merupakan pertanda sesuatu salah didalam mesin yang harus segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

3. Terdengar Suara Asing

Jangan anggap remeh bila terdengar suara asing ketika sedang mengoperasikan mesin. Sudah sepatutnya perlu anda curigai agar tidak menimbulkan kerusakan berkepanjangan.

4. Meningkatnya Suhu
Pernah mengalami peningkatan suhu pada mesin secara signifikan? Bila ini terjadi, segera matikan mesin lalu selidiki secara mendalam.
5. Tercium Bau Asing
Beberapa kasus tersebut kerap terjadi menimpa pengguna, salah satunya muncul bau terbakar. Ingat, jangan paksakan mesin untuk beroperasi. Sebaiknya matikan mesin lalu cari tahu selengkapnya.
Mungkin Anda juga menyukai ini Cara Merawat Hidrolik Dump Truck

Faktor Kerusakan Alat Berat

Kerusakan yang menimpa alat berat tak ayal disebabkan oleh beberapa faktor, yakni diantaranya;
1. Cuaca
ilustrasi cuaca
ilustrasi cuaca
Tidak dapat dipungkiri bahwa cuaca dapat berpotensi menimbulkan kerusakan pada sparepart mesin yang berasal dari material tertentu. Beberapa penyebabnya antara lain;
1. Cahaya matahari dapat membuat bahan kertas, karet, dan plastik menjadi mudah kering dan retak.
2. Air dapat menyebabkan karat pada bagian permukaan atau dalam spare part yang mengandung besi.

3. Debu pada lokasi yang menumpuk pada spare part berbahan besi lama-kelamaan akan menimbulkan bercak karat.

4. Tingkat kelembaban udara yang berlebihan dalam waktu yang terlalu lama akan menyebabkan bercak karat pada spare part dengan kandungan besi.

2. Cairan
ilustrasi cairan
ilustrasi cairan

Selain cuaca, faktor serupa juga disebabkan oleh cairan yang dapat berimbas pada umur sparepart menjadi kehilangan lifetime atau berumur pendek.

Cairan tersebut diantaranya minyak dan kimia. Minyak dapat  menyebabkan kerusakan pada spare part yang terdiri dari karet, plastik, atau kertas. Sedangkan cairan kimia dapat menyebabkan korosi pada beberapa spare part yang berbahan dasar besi, karet, plastik, dan kertas.

3. Guncangan Mesin
ilustrasi guncangan mesin
ilustrasi guncangan mesin

Tidak dapat dipungkiri bahwa medan terjal merupakan kondisi diluar ekspetasi dan rencana sehingga kerap menimbulkan problema bagi pengguna.

Perlu diketahui, bahwa guncangan yang berlebihan pada mesin dapat berpotensi menimbulkan kerusakan pada sparepart mesin yakni shockbreaker dan part peredam guncangan lain hingga merembet pada komponen lainnya. Imbasnya, umur komponen tersebut akan lebih pendek, terutama spare part elektrik.

4. Pengoperasian
ilustrasi pengoperasian
ilustrasi pengoperasian

Salah satu kunci untuk memperpanjang life time mesin yakni dengan melakukan pergoperasian mesin yang benar dan tepat. Maka dari itu, operator mesin tidak boleh sembarangan dalam menjalankan mesin. Operator atau pengguna harus mendapatkan bekal dan wawasan yang cukup luas dalam memahami mesin alat berat.

Mari tilik contoh berikut ini.

Selang hidrolik merupakan salah satu part mesin yang terbilang cukup vital sebab life time terbilang singkat, hanya berkisar 3 sampai 6 bulan saja. Hose sangat berpotensi dapat mengalami kerusakan lebih cepat sebab faktor cuaca hingga menimbulkan getas.

Kondisi getas ini sangat berpeluang menimbulkan kebocoran. Alhasil, mekanisme kinerja fluida menjadi terhambat. Sebagai pengguna cerdas, sudah seharusnya dapat mengambil langkah cepat serta pencegahan secara dini agar getas tidak terjadi lebih cepat.

Baca Juga Ini;

Tips Mudah Temukan Toko Selang Hidrolik Berkualitas

Daftar Bengkel Excavator

Solusi Perbaikan Kerusakan Alat Berat

Jangan sembarang memperbaiki alat berat, terlebih jika tidak dilandasi dengan bekal wawasan yang cukup.

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki alat berat, diantaranya;

Mencari Layanan Perbaikan Kerusakan Alat Berat

Jika kondisi alat berat memang sudah menunjukkan gejala kerusakan berat, hal ini sudah seharusnya anda mencari layanan jasa perbaikan. Kerusakan yang terjadi, pastinya membutuhkan diagnosa secara tepat berdasarkan data, bukanlah berdasarkan asumsi dari teknisi awam.

Oleh sebab itu, pastikan anda memilih layanan yang sudah memiliki jam terbang selama berpuluh-puluh tahun dengan barisan klien ternama. Jangan sembarang pilih jika tidak ingin berimbas lebih buruk pada mesin hidrolik.

Rekomendasi Layanan Perbaikan Kerusakan Alat Berat

Sudah menemukan rekomendasi layanan terbaik dengan jaminan memuaskan?

Tidak semua layanan dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi penggunanya. Terkadang, justru timbul kerusakan lainnya sehingga hal tersebut dapat membuang uang hanya karena salah pilih layanan perbaikan alat berat.

Salah satu rekomendasi terbaik yakni Cipta Hydropower Abadi.

Sebagai distributor resmi yang sudah berkiprah hampir 40 tahun dibidang hydraulic, filtration, & lubrication, setia mensupport berbagai jenis perusahaan ternama, baik sektor pertambangan, industri, maupun perusahaan manufaktur lainnya.

Memiliki teknisi ahli yang sudah berpengalaman selama berpuluh-puluh tahun, dijamin dapat mengembalikan performa mesin alat berat anda menjadi bertenaga sedia kala.

Alamat Layanan Perbaikan Kerusakan Alat Berat

Berikut deretan daftar alamat lengkap layanan perbaikan kerusakan alat berat dibawah ini;

Cipta Hydropower Abadi Jakarta Barat

Komplek Daan Mogot Prima, Jl. Pulau Nangka II Blok A3 No. 9, Rawa Buaya, Jakarta Barat – 11740

Cipta Hydropower Abadi Jakarta Utara

Jl. Edam 1 No. 41, Tanjung Priok Jakarta Utara – 14310

Cipta Hydropower Abadi Bekasi

Kawasan Industri CCIP No. 16, Jalan Tegal Badak Raya No. 207, Cicau, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat – 17530

Cipta Hydropower Abadi Banten

Komplek Cilegon Business Square, Blok D No. 17, Pondok Cilegon Indah, Cilegon – 42448

Cipta Hydropower Abadi Sumatera

Kompleks Pertambangan Bukit Asam – Banko Barat, Tanjung Enim – Sumatera Selatan

Cipta Hydropower Abadi Kalimantan

Hauling Road KM. 73 Paringin – Kalimantan Selatan

Demikian ulasan mengenai kerusakan alat berat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi khalayak luas pengguna alat berat dan menjadi solusi terbaik bagi masalah hidrolik anda.

Bagikan Sekarang

Leave a Comment