Intip 4 Cara Mudah Merawat Sistem Hidrolik Dump Truck

Apa itu sistem hidrolik dump truck ? Penggunaan sistem hidrolik kini pun merambah pada kendaraan, salah satunya dump truck. Dump truck merupakan sebuah kendaraan truck berukuran besar yang biasanya digunakan untuk mengangkat material bumi, seperti batu kerikil, tanah, pasir, dan lain sebagainya.

Dump truck menjadi barang yang wajib digunakan pada sektor pertambangan maupun perusahaan manufaktur lainnya sebab peranannya yang tergolong vital. Namun permasalahan yang kerap timbul yakni bagaimana cara merawat hidrolik dump truck?

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa pengguna kerap mengabaikan perawatan secara berkala pada kendaraan tersebut. Hal tersebut justru menjadi bumerang tersendiri bagi penggunanya sebab secara langsung dapat menurunkan performa pada mesin hidrolik.

Cara Merawat Sistem Hidrolik Dump Truck

Siapa bilang merawat dump truck itu susah? Nyatanya tidak juga loh.

Berikut beberapa cara mudah yang dapat anda lakukan dalam melakukan perawatan hidrolik dump truck, yakni sebagai berikut;

1. Ganti Oli Secara Berkala

Setiap hidrolik yang digunakan pada mesin sudah pasti menggunakan oli. Bukan sembarang oli sebagai pelumas, namun peranan oli sebagai fluida yang selanjutnya diubah menjadi tenaga baik secara maju mundur maupun poros putaran.

Seiring dengan pemakaian, fluida dapat mengalami penurunan kualitas. Oleh sebab itu, lakukan pergantian fluida sesuai dengan anjuran yang berlaku.

2. Menjaga Kebersihan Sistem Hidrolik

Kendaraan besar tidak terlepas dari debu dan kotoran yang dapat menempel dengan mudah pada mesin maupun hidrolik. Hal ini mengingat intensitas tinggi penggunaan truk dalam mengangkut material.

Tahukah anda?

Debu dan partikel kotoran dapat dengan mudah masuk melalui mesin yang dapat bersarang di filter udara. Apa imabsnya jika filter udara terganggu? Kotoran dapat mengendap sehingga menghalangi sirkulasi fluida yang selanjutnya akan diubah menjadi tenaga. Alhasil, tenaga yang dihasilkan tidak optimal sehingga menurunkan kenyamanan tatkala mengoperasikan mesin.

Oleh sebab itu, Jangan malas untuk membersihkan debu dan partikel kotoran dari hidrolik.

3. Cegah Kebocoran Hidraulis

Jangan sampai terdeteksi kebocoran pada mesin hidrolik ketika mesin sedang beroperasi. Jika hal ini terjadi, segera matikan mesin dan beri penanaganan dengan tepat.

Anda dapat mencegah kebocoran hidrolis dengan cara rajin membersihkan komponen ketika selesai melakukan pekerjaan. Selain mencegah kotoran masuk kedalam filter udara, hal ini juga dapat mencegah performa hidrolik depat bekerja semakin optimal.

Anda mungkin menyukai ini Jual Hidrolik Alat Berat Murah Terlengkap dan Berkualitas

4. Gunakan Layanan Distributor Resmi Hidrolik

Anda dapat menggunakan layanan distributor resmi hidrolik sebagai solusi tepat dalam melakukan perawatan hydraulic dump truck maupun jenis alat berat lainnya, terutama di daerah pertambangan batu bara.

Cipta Hydropower Abadi dapat anda jadikan solusi sebagai pelayanan perawatan hidrolik dump truck. Hampir 40 tahun, Cipta Hydropower Abadi terus senantiasa mensupport berbagai jenis perusahaan ternama, baik pertambangan, manufaktur serta industri lainnya.

Selain itu, Cipta Hydropower Abadi juga menghadirkan berbagai jenis produk ternama unggulan hidrolik dan lubrikasi untuk berbagai jenis alat berat, diantaranya merek Eaton, Yokohama, Alfagomma, Rexroth, dan masih banyak lainnya.

Alamat Distributor Resmi Hidrolik

Jangan sembarangan pilih distributor hidrolik. Berikut alamat Cipta Hydropower Abadi selengkapnya;

Cipta Hydropower Abadi Jakarta Barat

Komplek Daan Mogot Prima, Jl. Pulau Nangka II Blok A3 No. 9, Rawa Buaya, Jakarta Barat – 11740

Cipta Hydropower Abadi Jakarta Utara

Jl. Edam 1 No. 41, Tanjung Priok Jakarta Utara – 14310

Cipta Hydropower Abadi Bekasi

Kawasan Industri CCIP No. 16, Jalan Tegal Badak Raya No. 207, Cicau, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat – 17530

Cipta Hydropower Abadi Banten

Komplek Cilegon Business Square, Blok D No. 17, Pondok Cilegon Indah, Cilegon – 42448

Cipta Hydropower Abadi Sumatera

Kompleks Pertambangan Bukit Asam – Banko Barat, Tanjung Enim – Sumatera Selatan

Cipta Hydropower Abadi Kalimantan

Hauling Road KM. 73 Paringin – Kalimantan Selatan

Demikian ulasan mengenai hidrolik dump truck. Semoga hadirnya ulasan diatas dapat bermanfaat untuk anda dan dapat diajdikan sebagai rujukan terpercaya bagi bisnis Anda.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: