Pengertian Hidrolik Industri & Pneumatik Industri Umum

Hidrolik industri merupakan mesin produksi berbasis hydraulic system yang digerakkan oleh pompa hidrolik melalui media cairan fluida (umumnya oli). Berkat kehadiran mesin hidrolik pada sektor industri, kinerja produk menjadi semakin efisien dan dapat dilakukan dengan cepat.

Selain perusahaan bidang industri, nyatanya berbagai sektor perusahaan kini menggunakan hydraulic system sebagai tonggak kinerja produksi. Ya, hydraulic system dinilai memiliki beragam kelebihan sehingga secara langsung dapat memudahkan pekerjaan manusia dari berat menjadi ringan. Sebab, salah satu keuntungan menggunakan sistem hidrolik yakni dapat mengangkat beban berat hingga jumlahnya mencapai ratusan kilogram hanya dengan sebuah besi.

Yuk intip penjelasan lengkap sistem hydraulic dibawah ini.

Pengertian Hidrolik Lengkap Secara Umum

Apa itu hidrolik?

Secara umum, hydraulic adalah suatu mekanikal yang memanfaatkan fluida atau oli sebagai sumber tenaga penggerak utama mesin. Jenis fluida yang digunakan tergantung kebutuhan spesifikasi mesin.

Pada dasarnya, sistem hidrolik atau hydraulic system adalah sebuah rangkaian komponen yang memanfaatkan zat cair (fluida) untuk menghasilkan energi mekanis. Sistem hidrolik merupakan suatu bentuk perubahan atau pemindahan daya dengan menggunakan media penghantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan.

Contoh sistem hidrolik dapat dilihat disini.

Dalam prinsipnya, sistem hydraulic mengacu pada hukum Pascal dalam pengaplikasiannya dengan gerakan satu poros.

hukum pascal hidrolik
penerapan hukum pascal hidrolik

Perlu diketahui, oli yang digunakan harus memiliki tingkat tekanan tepat untuk menggerakkan attachment mesin. Jika tidak, maka mesin bepeluang mengalami berbagai gangguan hingga kerusakan. Jangan sampai mesin berakhir dengan perawatan Condition Base Maintenance.

Jadi, hidrolik industri adalah suatu perangkat mesin produksi industri yang digerakkan oleh fluida untuk menggerakkan attachment pada mesin

Pengertian Hidrolik Industri Pneumatik

Selain hidrolik menggunakan fluida berbasis oli, ada juga hidrolik berjenis pneumatik yang bekerja menggunakan udara.

Apa itu hidrolik pneumatik? Intip penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pneumatik adalah teknologi udara terkompresi. Di berbagai kalangan, umumnya disebut sebagai jenis kontrol otomatisasi. Sifat dari pneumatik yakni udara mudah untuk dikompresi sehingga dapat menyerap guncangan yang berlebihan.

hidrolik pneumatik
mesin hidrolik pneumatik

Sistem pneumatik umumnya menggunakan kompresor udara untuk mengurangi volume udara. Pendekatan ini dapat meningkatkan tekanan gas. Gas bertekanan tersebut bergerak melalui selang pneumatik dan dikendalikan oleh katup dalam perjalanan ke aktuator.

Nah, tahukah anda?

Sistem hidrolik pneumatik dapat beroperasi pada tekanan sekitar 100 psi, sebagian kecil dari 3.000 hingga 5.000 psi yang dilihat oleh beberapa sistem hidrolik. Dengan demikian, hidrolik pneumatik umumnya digunakan ketika beban yang jauh lebih kecil ikut terlibat.

Dalam perawatannya, suplai udara sendiri harus disaring dan dipantau terus-menerus untuk menjaga sistem mesin dapat beroperasi secara efisien dan berbagai komponen berfungsi dengan baik. Ini juga membantu memastikan umur sistem yang panjang sehinga meminimalisir peluang kerusakan.

Selain itu, perawatan lainnya juga dilakukan dengan memastikan suku cadang hydraulic pneumatic memang asli dan original agar kerusakan dapat dicegah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membeli langsung di distributor resmi terdekat.

Penerapan Hidrolik Industri Pneumatika

Selain bidang industri, nyatanya penerapan aplikasi pneumatika juga dimanfaatkan pada bidang;

  • medis,
  • pengemasan,
  • penanganan material,
  • hiburan,
  • dan bahkan robotika.

Beberapa pengguna memilih sistem pneumatik sebagai opsi untuk meminimalisir resiko bahaya pada lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Kini kehadiran sistem hidrolik disambut baik oleh penggunanya sebab keuntungan dapat meningkatkan pekerjaan manusia menjadi lebih efisien. Sebelum anda menggunakan hidrolik, pastikan jenis hidrolik yang dipilih memang sesuai dengan kebutuhan anda dalam jangka waktu panjang.

Selain itu, melakukan perawatan hidrolik juga menjadi indikator penting guna menjaga performa pada mesin. Dengan membeli suku cadang hydraulic resmi dan melakukan perawatan mesin hidrolik secara rutin, anda sudah dapat terbebas dari peluangg kerusakan lebih cepat.

Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Tinggalkan komentar