Jangan Panik, Ketahui 6 Sebab Forklift Tidak Naik & Solusinya

Rasanya tentu menjengkelkan ketika forklift tidak naik. Jangan buru-buru dibawa ke bengkel, selengkapnya simak penyebabnya dibawah ini.

Tidak jarang pengguna yang masih mengeluhkan kondisi ketika forklift gagal naik untuk mengangkut barang. Memang rasanya sangat mengganggu aktifitas operasional perusahaan, khususnya ketika barang sudah menumpuk untuk dipindahkan ke dalam gudang.

Pada dasarnya, Forklift atau truk garpu adalah truk industri yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material namun terbatas dalam jarak pendek dan ketinggian angkat tertentu. Dengan menggunakan mesin berbasis hydraulic system, forklift dapat mengangkut beban hingga ratusan kilogram. Selengkapnya silahkan baca sistem hidrolik selengkapnya disini.

Lalu apa panyebabnya?

Penyebab Forklift Tidak Naik

Sebagian besar beranggapan ketika forklift tidak naik karena disebabkan oleh pompa hidrolik yang sudah rusak. Pasalnya, pompa hidrolik inilah merupakan penghasil tenaga sehingga forklift mampu bekerja dengan baik.

Tidak hanya pompa saja, nah nyatanya masih banyak beberapa penyebab lainnya yang dapat mengintai masalah tersebut. Untuk itu simak ulasan selengkapnya berikut ini;

1. Oli sudah berkurang

Pengecekan oli sudah menjadi perawatan berkala untuk menjaga kestabilan performa mesin. Namun sayangnya ternyata masih banyak pengguna yang lalai atau menyepelekan kondisi oli sehingga berujung lupa.

Padahal, oli yang berkurang pada mesin akan menyebabkan sistem hidrolik gagal bekerja. Nah inilah yang akan menjadikan garpu susah naik bahkan ketika tanpa beban sekalipun.

Hal ini dikarenakan fungsi oli sebagai cairan untuk mendorong tekanan pada piston disetiap tabung. Tidak hanya itu juga, oli juga memiliki peranan sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan.

2. Filter oli sudah rusak

Baik alat berat maupun forklift, filter memang beresiko lebih cepat kotor karena lingkungan pengoperasiannya yang rawan debu.

Filter hidrolik yang sudah kotor atau rusak memang dapat berpeluang hidrolik susah untuk naik. Hal ini dikarenakan filter sudah tidak mampu menyaring kotoran sehingga kotoran lainnya dapat masuk dengan mudah kedalam pompa.

Lalu apa imbasnya?

Selain hidrolik yang susah baik, filter yang kotor juga dapat merembet kerusakan spare part lainnya sehingga mesin menjadi lebih cepat rusak. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya lakukan perawatan filter hidrolik secara berkala.

3. Hose Bocor

Cobalah untuk memeriksa kondisi hose. Jika terdapat rembesan dan getas, maka kondisi hose sedang dalam tidak baik-baik saja. Selang hidrolik forklift yang sudah bocor, otomatis akan mempengaruhi kinerja oli menjadi tidak sempurna. Makanya tidak heran jika hidrolik terganggu karena tidak mau naik.

Sudah saatnya anda mengganti selang hidrolik yang baru dengan memperhatikan kualitas produk hose.

4. Control valve sudah bocor

Selain hose, tidak ada salahnya untuk mencurigai kondisi control valve. Ketika komponen valve memang sudah bocor, segera ganti dengan yang baru.

5. Seal sudah rusak

Ingat ya, seal rusak atau aus dapat menyebabkan tekanan oli menjadi lemah sehingga tenaga yang dihasilkan juga kecil dalam mengangkat garpu forklift.

6. Tabung hidrolik sudah rusak

Oli yang bocor juga dapat disebabkan dari tabung hidrolik yang sudah longgar atau rusak. Sehingga menyebabkan tekanan oli melemah. Meskipun anda sudah berusaha untuk mengganti seal yang baru namun rasanya sia-sia karena tabung hidrolik sudah longgar. Jadi solusinya ganti tabung hidrolik dan seal ya ketika dua-duanya mengalami kerusakan.

7. Selang hisap sudah bocor

Selang hisap yang bocor juga dapat menyebabkan forklift tidak naik karena ketika pompa menyedot oli dan udara, hasilnya jumlah oli yang masuk kedalam pompa sangat minim  atau kecil. Hal ini juga berlaku ketika pengikatnya dalam kondisi kendor.

Solusi Forklift Tidak Naik

Setelah mengetahui beberapa diagnosa penyebab diatas, berikut solusinya yang dapat anda lakukan dengan mudah, diantaranya;

1.  Menambah oli hidrolik sesuai kapasitas

2. Mengganti oli hidrolik jika sudah tidak layak digunakan

3. Membersihkan saringan oli atau ganti dengan yang baru

4. Memmeriksa selang hisap untuk mendeteksi getas, bocor, hingga kurang kencang pengikatnya

5. Memeriksa tekanan pompa dengan menggunakan pengukur tekanan. Jika hasilnya lemah segera pebaikan pompa atau ganti dengan yang baru

6. Memeriksa kebocoran selang keluar dengan cara menghidupkan mesin

7. Mengecek cek control valve dari kemungkinan bocor dan lainnya

8. Mengganti seal yang telah rusak pada setiap cilinder lift

9. Mengecek kerusakan tabung bagian dalam. Jika aus, lebih baik ganti dengan yang baru karena sangat sulit untuk melakukan tindakan servis pada bagian tersebut.

10. Jika berbagai cara diatas masih nihil, maka kini saatnya anda menghubungi bengkel forklift terdekat yang dapat memberikan estimasi pengerjaan dan garansi.

Nah itulah ulasan bermanfaat seputar mengulik penyebab forklift tidak naik dan solusinya. Semoga dapat menjadi rujukan tepat bagi anda.

Bagikan Sekarang

Leave a Comment