Selang hidrolik forklift
selang hidrolik forklift source google

Sudah yakin selang hidrolik forklift yang anda pilih memiliki kualitas terbaik? Hose merupakan salah satu komponen yang melekat pada forklift. Fungsinya yakni sebagai penghantar fluida liquid ke dalam pompa hidrolik untuk selanjutnya diubah menjadi fluida bertekanan dalam menggerakkan hidrolik.

Bagi sektor perindustrian, forklift menjadi alat wajib yang digunakan sebab peranannya cukup vital bagi jalur logistik.

Jika ditelaah lebih lanjut, forklift terdiri dari berbagai komponen hidrolik, diantaranya selang hidrolik forklift. Komponen forklift tidaklah serumit alat berat pada umumnya seperti excavator, dozer, crane, dan lain sebagainya. Namun, pada dasarnya sama-sama mengandalkan hidraulik sebagai sumber tenaga.

Meskipun hanya sekedar selang, namun jangan sepelekan kualitasnya. Beberapa kasus yang kerap menjadi perbincangan dunia hidrolik yakni selas cepat getas dan bocor hingga merenggut kenyamanan mesin. Hal tersebut sangat berhubungan dengan kualitas hose yang digunakan.

Simak Kualitas Selang Hidrolik Forklift Berikut Ini

Jangan terburu-buru dalam menentukan kualitas selang hidrolik. Sebelum membeli hose, sebaiknya cermati beberapa indikator kualitas dibawah ini;

1. Merek Selang

Tidak dapat dipungkiri bahwa merek abal-abal masih tetap berkeliaran di berbagai tempat jual hidrolik. Lantas apa bahaya yang timbul bila menggunakan hose dengan merek abal-abal?

Pada umumnya, bahaya yang timbul yakni selang cepat getas atau bocor. Jika sudah terjadi, maka sirkulasi mesin menjadi tidak optimal. Akibatnya, muncul suara bising hingga mengakibatkan mesin panas.

Anda dapat mencegah hal tersebut dengan menggunakan merek hose assembly berkualitas dan tepat untuk kebutuhan spesifikasi mesin forklift anda.

2. Perhatikan Tekanan

Selang hidrolik memiliki tekanan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan mesin. Ingat, semakin tinggi tekanan (pressure) pada selang, bukan berarti semakin baik untuk digunakan.

Sangat perlu untuk mempelajari lebih dalam tekanan pada mesin sebelum memutuskan untuk membeli selang hidrolik tekanan tinggi. Pastikan pressure pada selang dan mesin tetap seimbang.

3. Pastikan Mengetahui Titik Pecah (Burst)

Pada dasarnya, selang memang bersifat fleksibel. Fleksibel disini bukan berarti tidak dapat pecah. Selang dapat mengalami pecah jika telah pressure atau tekanan telah melewati batasan yang telah ditentukan.

Oleh sebab itu, anda pelu berkonsultasi pada ahlinya agar tekanan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan mesin.

4. Jangan Tergiur Harga Murah

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga murah menjadi pemantik ampuh dalam marketing. Namun siapa sangka imbas dari murah dapat berujung kualitas murahan?

Imbas dari hose murah yakni cepat getas sebelum tiba waktu pergantian secara berkala. Jika getas dibiarkan saja, jangan heran bila performa mesin menjadi menurun.

5. Pilih Distributor Resmi Selang Hidrolik Forklift

Jangan sembarang pilih tempat jual selang hose forklift. Hal ini tentunya sangat berpeluang mendapatkan selang dengan kualitas rendah atau buruk,

Dengan memilih distributor resmi, sudah pasti terhindar dari spesifikasi dan merek abal-abal.

Distributor resmi hose dengan kualitas terpercaya yakni Cipta Hydropower Abadi.

Sebagai distributor resmi yang sudah berkiprah hampir 40 tahun, menghadirkan berbagai macam produk hydraulic & lubricaton system demi menunjang performa alat berat hidrolik yang semakin optimal.

Tersedia tim teknisi dan konsultan berkompeten yang siap menangani permasalahan hidrolik Anda. Konsultasikan dengan Cipta Hydropower Abadi.

Itulah ulasan mengenai meninjau kualitas selang hidrolik forklift. Semoga hadirnya ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda,

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *