5 Cara Perawatan Mesin Alat Berat Mudah dan Simpel

Bagi sebagian pengguna, merawat mesin merupakan perkara yang terbilang rumit. Berbagai cara perawatan mesin alat berat dapat dijadikan solusi untuk menciptakan performa nyaman pada mesin. Namun, apakah berbagai cara tersebut mudah dilakukan terutama bagi pengguna?

Tidak seperti kendaraan motor ataupun mobil, alat berat tergolong mesin yang cukup kompleks dan dianggap rumit oleh sebagian kalangan. Umumnya, alat berat sudah pasti mengusung tenaga hidrolik untuk menghasilkan tenaga besar. Dalam aspek kehidupan, alat berat banyak kita jumpai di berbagai sektor industri, pertanian, manufaktur, hingga pertambangan. Contoh alat berat yakni ekskavator, forklift, bulldozer, crane, dan lainnya.

Tanpa disadari, hampir seluruh kegiatan industri dan lainnya menggunakan alat berat hidrolik sebagai penunjang kegiatan produksi. Hanya bermodalkan bahan bakar fluida berupa oli atau lainnya, mesin dapat mengusung beban hingga ratusan kilogram. Sangat praktis dan dapat mengefisiensikan pekerjaan.

Semua alat berat tentu membutuhkan perawatan secara berkala. Hal ini guna meminimalisir berbagai kerusakan ringan hingga berat pada mesin. Jika sudah mengalami rusak, aktivitas operasional maupun produksi pun kerap terganggu. Imbasnya, perusahaan mengalami rugi. Jangan sampai hal ini menimpa anda!

5 Cara Perawatan Mesin Alat Berat Mudah dan Simpel

Bagaimana cara melakukan perawatan mesin alat berat dengan mudah dan simpel? Berikut ulasan selengkapnya hadir untuk Anda;

1. Cek Mesin Sebelum Dioperasikan

Jangan terburu-buru untuk langsung dioperasikan begitu saja. Ada baiknya, anda lakukan pengecekan mesin. Perhatikan apakah terdapat suara bising atau getaran menganggu dari mesin. Bila jawabannya iya, maka sudah dipastikan mesin mengalami masalah.

Apa yang harus dilakukan?

Jangan paksa mesin untuk dioperasikan. Sebaiknya lakukan pengecekan suara bising atau getaran tersebut. Ingat, mengoperasikan mesin ketika bermasalah judtru dapat menimbulkan berbagai resiko hingga berujung kecelakaan kerja.

Mungkin Anda menyukai ini Gejala dan Faktor Kerusakan Alat Berat Selengkapnya Disini

2. Flushing Mesin Secara Berkala

Pemakaian mesin intensif dapat memicu berbagai debu serta partikel kotoran yang bersarang pada kontaminan padat maupun cair, bahkan udara sekalipun. Adanya kontaminasi pada segmen tersebut tentu akan berimbas pada tenaga mesin yang dihasilkan menjadi menurun alias tidak bertenaga. Alhasil, pengguna pun kerap tidak merasakan nyaman ketika mengoperasikan mesin. Secara langsung, hal tersebut akan menurunkan tingkat efisiensi kinerja.

Dengan menggunakan teknik flushing, berbagai partike kotoran dapat dituntaskan secara mudah dan bersih menyeluruh. Namun, sayangnya hingga saat ini belum ditemukan penggunaan teknik flushing dengan mudah terutama bagi individu.

Untuk mendapatkan teknik flushing maksimal, Cipta Hydropower Abadi dapat menjadi solusi untuk mendapatkan hasil flushing dengan optimal. Menghadirkan manpower alias teknisi yang berpengalaman dibidang hydraulic system, serta pengerjaan dengan standar kebersihan fluida ISO 4406 dapat menjadikan mesin kembali lebih bertenaga seperti sedia kala.

3. Bersihkan Mesin Dari Kerak Oli & Debu

Tahukah Anda?

Salah satu faktor yang dapat menghambat tenaga mesin yakni disebabkan oleh berbagai partikel kotoran yang dapat masuk dengan mudah melalui celah mesin sehingga mempengaruhu tenaga nyendat seperti yang telah dijelaskan diatas.

Untuk mencegah hal tersebut, anda dapat membersihkan mesin secara rutin dengan menggunakan lap basah agar debu dan kerak oli dapat tersapu dengan maksimal.

4. Mengganti Oli Hidrolik Secara Berkala

Kapan terakhir kali anda mengganti oli hidrolik secara berkala?

Bagi sebagian besar pengguna fluida berbasis oli, penggantian oli hidrolik sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan secara berkala demi menjaga kualitas mesin. Masih seputar fluida, oli menjadi item utama sebagai bahan bakar mesin hidrolik untuk dijadikan sebuah tenaga.

Pastikan anda menggunakan oli dengan jenis tingkaat SAE tepat. Sebaiknya bersihkan tangki hidrolik agar terbebas dari kerak oli atau jenis partikel kontaminan lainnya yang dapat menganggu proses bahan bakar. Pastikan oli baru yang telah ditambahkan mencapai batas garis pada tangki.

5. Gunakan Suku Cadang Hydraulic Resmi

Ingat, jangan pertaruhkan kenyamanan performa mesin hanya karena penggunaan suku cadang hydraulic abal-abal alias tidak berkualitas.

Dampak terbesar dari penggunaan suku cadang hydraulic abal-abal yakni mesin dapat berpotensi kerusakan ringan hingga berat. Hal ini berarti mesin rentan mengalami downtime hingga breakdown. Alhasil, kinerja produksi perusahaan mengalami penurunan secara signifikan. Bukankah perusahaan anda dapat merugi?

Jangan biarkan hal tersebut menimpa Anda. Pastikan anda menggunakan suku cadang hydraulic resmi bukan abal-abal. Distributor resmi Cipta Hydropower Abadi menyediakan kebutuhan suku cadang hydraulic resmi langsung dari produsen tanpa melalui perantara. Kualitas produk tentu terjaga dengan baik.

Nah itulah ulasan menarik dan bermanfaat seputar cara perawatan mesin alat berat. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan dapat dipratktekkan oleh sobat Hidrolik.

Jangan lupa mampir ke pembahasan lainnya hanya di Jual Selang Hidrolik.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: