Begini 2 Cara Membersihkan Radiator Alat Berat

Bagaimana cara membersihkan radiator alat berat yang benar? Agar tidak salah dalam perawatan, sebaiknya simak cara mudahnya berikut ini.

Perawatan alat berat baik harian maupun periode bulanan memang cukup beragam, salah satunya membersihkan radiator alat berat. Tidak hanya kendaraan pribadi roda empat, kesehatan radiator pada excavator, bulldozer, dll, alat berat juga harus ditinjau secara ekstra agar engine tidak mengalami overheat hingga menimbulkan kerusakan hidrolik yang lebih parah.

Umumnya, radiator memiliki fungsi sebagai sistem pendingin pada mesin dengan tujuan menjaga suhu pada engine agar tidak mengalami overheat. Komponen radiator memang cukup penting keberadaannya bagi unit alat berat sebab perannya sebagai menstabilkan temperatur atau suhu dengan cara menyerap suhu panas dari engine.

Mengenal Cara Kerja Radiator Alat Berat

Sudah tahu cara kerja radiator pada mesin?

Coolant mensirkulasi suhu rendah ke saluran yang mengelilingi engine untuk menyerap panas. Selama proses sirkulasi, coolant atau air radiator akan menyerap dan membawa suhu panas dari engine untuk kemudian dibawa kembali menuju radiator.

Ketika sudah berada dalam radiator, coolant pembawa panas ini otomatis masuk kedalam upper tank radiator. Proses pendinginan akan terjadi hingga selanjutnya diteruskan masuk ke dalam radiator core yang berfungsi membuang suhu panas ke udara.

Agar proses pendinginan lebih cepat, maka peran radiator core akan dibantu oleh kipas radiator atau fan dalam mengisap udara agar terjadi aliran di antara fins udara pada radiator core. Saat suhu panas sudah dipindahkan seluruhnya ke udara dan coolant kembali dingin, maka coolant tersebut akan disirkulasikan kembali mengitari engine untuk menyerap panas.
Dengan demikian, potensi mesin hidrolik panas hingga overheat dapat terminimalisir dengan mudah.

Cara Membersihkan Radiator Alat Berat

Agar tidak salah, berikut ini cukup tiga cara membersihkan radiator alat berat :

1. Dengan air mengalir

Penting untuk memperhatikan sirip pada area sulit dengan tekanan air yang lebih bertenaga. Pastikan untuk membilas sirip secara vertikal, jika tidak maka air akan merobohkan sirip sehingga sia-sia fungsi dari radiator.

Penyemprotan dengan menggunakan sabun khusus pembersih harus secara merata terutama pada pinggir sirip, lalu bilas busa dengan air. Hasilnya lebih bersih dari sekedar menggunakan air biasa untuk mencuci radiator.

2. Dengan pompa udara

Dibandingkan dengan air, menggunakan pompa udara lebih mudah untuk kotoran kecil dapat lepas dengan leluasa melewati sirip.

Nah demikian ulasan tentang cara membersihkan radiator alat berat yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat membantu..

Bagikan Sekarang

Leave a Comment