selang hose hydraulic
selang hose hydraulic source google

Demi menjaga performa kenyamanan mesin, sangat wajib untuk menggunakan selang hose hydraulic berkualitas. Lantas apa jadinya bila pengguna terjebak pada kualitas abal-abal alias tiruan? Meskipun kerusakan tidak dialami secara langsung, namun perlahan mesin pasti mengalami berbagai keluhan sehingga dapat mengganggu performa kenyamanan.

Selang hose hydraulic meruapakan salah satu komponen yang terdapat pada mesin berbasis sistem hidrolik. Peranannya yakni sebagai penghantar fluida untuk selanjutnya diubah menjadi sebuah energi pada pompa hidrolik. Jika kita simpulkan, selang hydraulic mempunyai peranan penting dalam sebuah sistem hidrolik.

Sebagai pengguna, rasanya wajib sekali untuk memberikan selang berkualitas terbaik pada peranan penting tersebut. Jika tidak, alih-alih kerusakan akan merembet ke komponen lainnya.

Bahaya Menggunakan Selang Hose Hydraulic Abal Abal

Hingga saat ini masih terdapat beberapa pengguna yang nakal atau terjebak pada selang hydraulic abal-abal alias tiruan. Penyebabnya hanya dua, bersikap apatis karena ingin pengeluaran murah atau kurangnya edukasi.

Umumnya, selang hydraulic abal-abal ditandai dengan harga yang murah. Mengapa harga suatu produk dapat terbilang lebih murah?

Ternyata ada penjelasannya. Harga selang hydraulic yang dibanderol dengan harga murah karena faktor material yang dipakai kurang bagus, serta proses pembuatan yang kurang memenuhi standar. Sangat wajar bila harga terbilang lebih murah.

Baca Juga: Selang Hidrolik Tekanan Tinggi Cegah Getas Lebih Cepat

Selain harga, merek juga dapat menjadi indikator. Semakin asing merek tersebut, maka sudah dipastikan kualitas selang sangat diragukan. Berfikir kritis merupakan salah satu langkah menyelamatkan kita dari kualitas abal-abal.

Lalu apa saja bahaya yang ditimbulkan?

Berikut penjelasan selengkapnya dibawah ini;

Getas Lebih Cepat

Tidak heran bila kualitas abal-abal dapat memicu getas lebih cepat dari perkiraan waktu. Seperti yang telah diulas sebelumnya, getas pada selang sebab faktor pembuatan selang yang kurang memenuhi standar serta material yang digunakan.

Kebocoran Fluida

Imbas dari getasnya selang yakni berubah menjadi kebocoran pada fluida. Selang hydraulic menjadi rusak dan kusut, sehingga menimbulkan celah kecil. Celah inilah yang berujung pada kebocoran fluida.

Timbul Suara Bising

Selanjutnya, mesin akan menimbulkan suara bising yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna. Hal ini dikarenakan fluida yang dialirkan oleh selang hydraulic tidak berjalan dengan optimal.

Mesin Overheating

Bahaya terakhir yakni mesin akan berujung overheating. Mesin akan mengalami suhu atau tekanan yang tinggi sebab kinerja oli yang terganggu. Jika mesin sudah mengalami gejala overheating, bersiaplah menguras kantong lebih dalam untuk biaya maintenance.

Waduh, bahaya sekali bukan?

Lalu, bagaimana cara memilih selang hydraulic berkualitas terbaik?

Cara Memilih Selang Hose Hydraulic Berkualitas

Agar tidak terjebak pada selang hydraulic abal-abal, maka sudah sepatutnya sebagai pengguna cerdas dan bijak harus menggunaka selang hyrdaulic kualitas terbaik. Sebenarnya terdapat beragam cara dalam menentukan kualitas selang terbaik, namun pada dasarnya dapat terangkum menjadi dua cara utama, apa saja itu?

Jangan Tergoda Harga Murah

Apakah harga murah sudah pasti selang abal-abal? Jawabannya bisa Iya, bisa Tidak. Diantara ribuan merek selang, ternyata masih ada kualitas terbaik dengan harga murah. Nah, disinilah pengguna harus menerapkan sikap bijak dan kritis dalam melihat spesifikasi selang lebih dalam. Nah, kira-kira merek apakah itu?

Distributor Resmi Selang

Selain harga, sebaiknya anda perlu mempertimbangkan pilihan distributor resmi sebagai solusi selang hydraulic terbaik anda. Mengapa harus pakai distributor resmi?

Baca Juga : Daftar Toko Hidrolik Terdekat Lengkap dan Murah Berkualitas

Distributor resmi sudah pasti berani menjamin kualitas sebuah produk selang hydraulic sebab legalitas langsung didaptkan oleh pihak produsen. Kualitas terjaga langsung didapatkan dari pihak produsen tanpa melalui perantara lainnya. Selain itu, harga pun terbilang lebih murah.

Cipta Hydropower Abadi sebagai distributor resmi selang hydraulic telah berkiprah hampir 40 tahun. Selama masa jejaknya sebagai spesialis hidrolik dan lubrikasi, setia mensupport berbagai macam perusahaan industri, pertambangan, maupun manufaktur lainnya.

Lalu, merek apa saja yang dipakai?

Cipta Hydropower Abadi menggunakan merek unggulan yakni Eaton, Yokohama, dan Alfagomma. Untuk lebih detailnya, silahkan lihat disini.

Nah itulah ulasan mengenai bahaya dan cara menentukan kualitas selang hose hydraulic terbaik untuk kebutuhan industri anda. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya Anada..

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *