Jadwal Pergantian Filter Hidrolik, Ini Jawaban Selengkapnya

Kapan ganti filter hidrolik? Nyatanya masih banyak pengguna yang merasa kebingungan terkait pergantian filter hidrolik. Bahkan jawaban pun dapat bervariasi antara sesama pengguna. Lalu manakah yang benar? Bisa jadi ulasan berikut ini akan menjawab tuntas pertanyaan diatas.

Pentingnya Ganti Filter Oli Hidrolik

Seberapa sering filter oli hidrolik harus dilakukan pergantian?

Mengingat peranannya, elemen filter hidrolik digunakan sebagai sistem penyaring partikel kontaminan padat dan zat koloid dalam medium kerja. Secara efektif dapat mengontrol tingkat polusi dari medium kerja, melindungi pengoperasian yang aman dari mesin, hingga memperpanjang umur mesin.

Jadi sudah terbayang bukan bagaimana pentingnya peranan dari sebuah komponen hydraulic system filter hidrolik? Dengan melakukan pergantian secara berkala, maka dapat menunjang peralatan bekerja lebih baik dan optimal.

Pergantian Filter Hidrolik

Umumnya, pergantian filter hidrolik terbagi menjadi dua opsi berdasarkan jam kerja mesin, diantaranya;

a. 250 jam ketika mesin pertama kali bekerja

b. 500 jam ketika mesin telah diganti setelah 250 jam pertama

c. 2000 jam ketika mesin dalam keadaan normal

Catatan :

Khusus untuk pabrik baja dan sejenisnya dengan lingkungan kerja buruk, pastinya sering membutuhkan penggantian filter hidrolik sebab lingkungan yang tidak bersahabat. Perlu diketahui, terlalu sering mengubah filter elemen akan mempengaruhi produksi. Oleh sebab itu disarankan untuk secara berkala mengambil sampel minyak hidrolik dan mengirimkannya untuk memeriksa kebersihan cairan, dan kemudian menentukan siklus penggantian yang wajar.

Perhatikan Saat Ganti Filter Hidrolik

Jangan buru-buru untuk mengganti filter hidrolik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pergantian filter hidrolik, diantaranya sebagai berikut;
1. Jangan isi filter dengan oli meskipun tergolong oli baru
2. Sebaiknya gunakan oli bersih dan lumasi seal
3. Pastikan menggunakan suku cadang filter hydraulic system original alias resmi
4. Pada mesin alat berat, sesuaikan dengan petunjuk arah hingga menempel pada filter base dan putar filter
5. Periksa dengan teliti dalam mendeteksi mesin dari kebocoran oli
6. Jangan sekali-sekali melakukan pergantian filter jika tidak merasa cukup ahli dibidangnya

Catatan :

Ketika melakukan pergantian filter oli hidrolik, jangan lupa untuk periksa bagian bawah elemen filter. Jika terdapat partikel atau serpihan serbuk, sebaiknya dibersihkan hingga area tersebut bersih. Jika beberapa komponen sudah rusak semisal katup, segera ganti komponen tersebut.

Layanan Ganti Filter Hidrolik

Mengganti filter hidrolik diperlukan wawasan yang cukup serta skill yang memumpuni.

Kini telah hadir layanan pergantian filter oli hydraulic dengan kualitas yang telah terbukti. Pasalnya, Cipta Hydropower Abadi telah berpengalaman lebih dari 38 tahun menghadirkan layanan instalasi, servis, hingga perawatan mesin hidrolik baik mesin industri hingga pertambangan.

instalasi filter hidrolik

Selain itu, Cipta Hydropower Abadi juga menghadirkan kebutuhan suku cadang hydraulic system termasuk filter oli hidrolik untuk kebutuhan mesin anda. Selengkapnya hubungi whatsapp di 08111-77633 atau email di info@ciptahydropower.com

Nah selesai sudah ulasan tentang pergantian filter hidrolik. Semoga hadirnya ulasan diatas dapat menjadi jawaban tepat untuk anda.

Bagikan Sekarang

Leave a Comment