Tips 3 Perawatan Mesin Tambang Agar Lebih Awet

Agar mesin makin awet dan aman dari kerusakan teknis, berikut ini tips perawatan mesin tambang yang dapat Anda lakukan selengkapnya.

Pada dasarnya, perawatan alat berat mesin tambang sangat penting dilakukan semata demi menjaga kualitas performa unit. Dibandingkan dengan mesin kendaraan, mesin alat berat memiliki ukuran relative besar, berfungsi untuk berbagai keperluan terutama industri perkebunan, pertambangan, atau pengeboran.

Agar hasil perawatan lebih maksimal, biasanya perusahaan akan mencari jasa atau layanan berekomendasi terbaik. Perawatan mesin tambang tidak terlepas dari pergantian spare parts, sehingga Anda harus memastikan spare parts terjamin kualitasnya bukan abal-abal alias kw.

Untuk mencari spare part hidrolik tambang, silahkan lihat rekomendasi selengkapnya disini.

3 Tips Perawatan Mesin Tambang

Tidak perlu mencari jasa terpercaya jika Anda sendiri dapat melakukan perawatan unit dengan mudah. Namun hal ini tentu saja tidak terlepas dari pemahaman teknis secara menyeluruh serta jam terbang yang tinggi. Dengan demikian, resiko salah bongkar pasang dapat terminimalisir.

Perlu diingat, baik alat berat yang sering digunakan maupun hingga jarang digunakan sudah menjadi sebuah keharusan untuk dapat mempertimbangan perawatan keduanya termasuk jenis perawatan mesin hidrolik.

Perawatan alat berat dapat mengembalikan kinerja setelah digunakan dan pemeliharaannya akan mencegah kerusakan. Beberapa diantaranya mungkin  membutuhkan pergantian suku cadang. Perbaikan bertujuan dalam upaya memaksimalkan performa, melindungi elemen penting dan pastinya meningkatkan efisiensi sehingga mencegah kita tidak perlu membeli perangkat baru.

Berikut ini tiga tips yang dapat dilakukan dalam melakukan perawatan alat berat tambang, diantaranya;

1. Mengontrol Mesin

Tips yang pertama yakni berupa pengontrolan atau pengecekan terhadap mesin dimulai dari suku cadang, komponen, dan bahan bakar. Hal ini bertujuan agar alat yang digunakan terhindar dari kemacetan tiba-tiba.

Sebaiknya amati mesin dengan seksama apakan terdapat getaran atau suara yang tidak biasa muncul seketika.

2. Membersihkan Mesin

Meskipun spele namun setidaknya mesin harus terbebas dari kotoran debu, tanah, hingga kerak oli yang menempel pada mesin. Membersihkan komponen utama pada umur mesin nyatanya dapat menunjang umur mesin menjadi lebih awet atau tahan lama. Berikan pelumas tambahan untuk menghindari korosi.

3. Lakukan Overhaul Mesin

Bagian lainnya dalam melakukan proses perawatan alat berat tambang ialah rutin terjadwal melakukan pengecekan kondisi sparepart sekaligus komponen lainnya seperti instalasi listrik, gerigi mesin atau suku cadangnya. Untuk melakukan maintenance, sebaiknya harus sesuai dengan standar operasi pabrikan sekaligus diperlukan rencana untuk CBM (condition Base Maintenance).

Demikian informasi seputar perawatan mesin tambang. Meskipun terkesan rumit hingga spele, namun ketiga poin diatas menjadi sebuah keharusan yang dapat berdampak besar bagi kelangsungan lifetime alat berat. Tentunya, dengan melakukan perawatan mesin tambang dapat membantu mengurangi biaya pergantian mesin baru.

Bagikan Sekarang

Leave a Comment