Mesin Industri Bising ? Ini Tipsnya Biar Aman Saat Bekerja

Rasanya memang menjengkelkan ketika mesin industri bising menimbulkan gemuruh seisi ruangan. Berikut tipsnya agar aman saat bekerja.

Seiring dengan penggunaan yang terus-menerus, mesin dapat mengalami keausan hingga menimbulkan suara menjadi lebih bising pada masanya. Suara bising tersebut tentu dapat menganggu kenyamanan dalam bekerja.

Namun siapa sangka bahwa suara bising pada mesin juga dapat menjadi pertanda bahwa kondisi mesin membutuhkan perawatan ekstra, seperti pergantian oli maupun spare part. Jika tidak ditangani sesegera mungkin, bisa saja peluang kerusakan mesin lebih cepat merembet ke komponen lainnya

Tips Aman Bekerja Mesin Industri Bising

Dilansir dari website Liputan 6, kondisi kebisingan dapat menyebabkan gangguan komunikasi, gangguan tidur, gangguan pelaksanaan tugas, perasaan tidak senang, dan gangguan faal tubuh yang menyerang sistem keseimbangan dan sistem kardiovaskular hingga  menimbulkan tuli permanen pada pekerja.

Lalu bagaimana solusinya?

Untuk meredam suara bising yang dapat memekakan telinga, sangat penting bagi perusahaan pabrik menerapkan prosedur alat bantu lainnya untuk meredam suara bising.

Untuk itu, menjadi penting untuk memperhatikan gejala kerusakan mesin ini yang berupa suara bising salah satunya di pabrik Faber-Castell Indonesia, yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat ada sebuah kebijakan terkait kebisingan di dalam pabrik. Demi keselamatan pekerja selama bekerja dan tidak membahayakan pendengaran, alat pelindung telinga (ear protector) wajib dipakai pekerja.

Pentingnya Meredam Suara Bising Mesin

Jangan abai ya, seberapa penting meredam suara bising pada mesin khususnya sektor industri?

Perlu diketahui, pendengaran atau telinga manusia sendiri mempunyai batas untuk dapat menoleransi kebisingan. Beberapa ahli THT mengungkapkan bahwa batas manusia untuk menerima kebisingan tergantung pada durasi dan sound level yang dihitung dengan satuan Desibel atau disingkat dB.

Pada tingkat kebisingan 85 dB, telinga manusia sebaiknya tidak menerimanya lebih dari 8 jam. Sedangkan jika melebihi ukuran tersebut seperti misalnya 88 dB, maka jangan melebihi 4 jam, 91 dB jangan melebihi 2 jam, 94 dB jangan melebihi 1 jam, 97 dB jangan melebihi 30 menit, 100 dB jangan melebihi 15 menit. Hal tersebut adalah batas maksimal yang bisa diterima oleh manusia menurut para ahli dan menjadi acuan untuk banyak orang.

Berdasarkan fakta demikian, maka sangat penting untuk meminimalisir sumber suara bising dengan melakukan perawatan mesin industri. Perawatan secara berkala tentu dapat menunjang life time mesin menjadi lebih awet dan tahan lama.

Agar lebih maksimal, anda juga dapat menggunakan produk tambahan perawatan mesin yang dapat digunakan untuk menghaluskan dan mengurangi daya pantul suara mesin sehingga kebisingan dapat diminimalkan.

Dengan mengetahui tips dan pentingnya kondisi mesin industri bising, setidaknya anda dapat lebih menyanyangi organ terlinga agar tidak terjadi hal buruk yang terjadi kemudian. Ingat ya, perawatan mesin menjadi pondasi penting untuk cegah suara bising. Jika terjadi masalah yang tidak dapat diatasi, jangan pikir dua kali untuk segera menghubungi jasa maintenance industri.

Semoga bermanfaat..

Bagikan Sekarang

Leave a Comment