Pengertian Hydraulic Hose Sizing dan Spesifikasinya

Apa itu hydraulic hose sizing ? Sebelum membeli selang hidrolik pada mesin, ada baiknya untuk mengetahui ukuran selang hidrolik beserta spesifikasi besaran ukuran pada hose. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu hal penting yang harus diketahui sebelum membeli selang hidrolik di sekitar kota Anda.

Umumnya, spesifikasi ukuran untuk selang hidrolik meliputi diameter dalam, diameter luar, dan panjang. Pada dasarnya, setiap spesifikasi ukuran mempunyai ukuran yang berbeda meskipun dalam produk yang sama. Dengan mengetahui hydraulic hose sizing secara spesifik, anda dapat menentukan ukuran yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Maka dari itu untuk mencegah kesalahan, ada baiknya untuk lebih teliti dalam membeli hydraulic hose. Jika memang dirasa membingungkan, anda dapat berkonsultasi langsung dengan ahlinya agar tidak salah pilih hose hydraulic.

Spesifikasi Bagian Hydraulic Hose Sizing

Berikut tiga poin utama yang harus Anda pahami terlebih dahulu dari hydraulic hose sizing, yaitu:

1. Inner Diameter atau I.D

Spesifikasi bagian pertama yakni Inner Diameter atau yang disingkat dengan I.D, merupakan ukuran diameter pada bagian dalam selang hidrolik saja. Sangat penting untuk mengetahui I.D sebab sangat mempengaruhi tekanan dan kecepatan aliran material (baik cairan maupun gas) selama masa operasional.

Perlu diketahui, ukuran I.D yang terlalu besar akan menyebabkan aliran menjadi melambat, sementara I.D yang terlalu kecil akan meningkatkan tekanan dan berisiko menyebabkan terjadinya kebocoran. Maka dari itu, selektif kenali spesifikasi mesin anda lebih dalam.

2. Outer Diameter atau O.D

Setelah mengetahui inner diameter, kini anda pun juga harus mengetahui out diameter atau disingkat dengan O.D. Out diameter adalah diameter hose secara keseluruhan jika diukur dari luar hose. O.D terdiri dari I.D dan tebal lapisan hose.

Perlu diketahui, dalam menentukan ketebalan pelapis selang hidrolik anda dapat menggunakan rumus selisih nilai O.D dan I.D. Dengan demikian, maka anda dapat menentukan apakah hose tersebut tepat untuk kebutuhan mesin anda.

3. Length of Hydraulic Hose

Setelah mengetahui diameter luar dan dalam, spesifikasi terakhir yakni panjang selang hidrolik. Ukuran selang hidrolik beragam, disesuaikan pada kebutuhan mesin.

Perlu diingat, semakin panjang selang hidrolik maka tekanan aliran akan semakin berkurang.

Setelah memahami 3 poin utama dalam pengukuran hose, hal lain yang penting untuk diketahui adalah dash sizes. Mengapa hal ini penting? Sebab, kode ukuran pada hydraulic hose rata-rata menggunakan dash size. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pembahasannya.

Mungkin Anda Butuh Ini Butuh Harga Hose Hydraulic Sytem Lengkap? Cek Disini

Mengenal Dash Size Pada Hydraulic Hose Sizing

Perlu diketahui, umumnya terdapat tiga standar  yang banyak digunakan yaitu Standar Amerika (SAE), Standar Jerman atau Eropa (DIN), dan Standar Jepang (JIS).

Dash size merupakan sebuah ukuran diameter dari sebuah hydraulic hose, tabung (tube) atau fitting dengan kelipatan 1/16. Dash size mengacu pada diameter I.D. Lain hal nya dengan tabung atau tube yang mengacu pada diameter ukuran O.D. Sementara itu, jika pada fitting, dash size akan terdiri dari dua angka yang menunjukkan ukuran selang dan ukuran fitting end connection.

Berikut ini adalah perbandingannya:

  • Hydraulic hose dash size -6: Hose size memiliki I.D 6/16 atau 3/8
  • Tube dash size -10                   : Tube atau tabung memiliki O.D 10/16 atau 5/8
  • Fitting dash size -8-6             : Fitting digunakan pada hose size -6 dan ukuran fitting end connection-nya -8.

Layanan Konsultasi Hydraulic Hose Sizing

Masih bingung dalam memahami ukuran hose tepat pada mesin?

Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada ahlinya guna mencegah kesalahan penggunaan ukuran yang dapat berakibat fatal pada mesin.

Salah satu layanan konsultasi terpercaya selama puluhan tahun yakni Cipta Hydropower Abadi. Lebih dari 35 tahun menghadirkan layanan konsultasi gratis langsung dari konsultan berkompeten. Bagi anda penggiat mesin hidrolik ala berat pertambangan, industri, manufaktur, hingga konstruksi, Cipta Hydropower Abadi merupakan pilihan tepat sebagai opsi terbaik berkonsultasi maupun membeli suku cadang hydraulic system.

Selesai sudah ulasan diatas, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Nantikan ulasan bermanfaat lainnya hanya di Jual Selang Hidrolik

Bagikan Sekarang

Tinggalkan komentar