Cylinder hidrolik
cylinder hidrolik source google

Apa itu cylinder hidrolik? Komponen ini nyatanya hampir berperan pada sektor perindustrian, pertambangan, dan perusahaan manufaktur lainnya. Tanpa kehadiran cylinder hidrolik, bisa saja kienrja perusahaan kurang efektif dan efisien.

Pengertian Cylinder Hidrolik

Cylinder atau Silinder Hidrolik merupakan sebuah unit atau komponen penggerak atau aktuaktor pada sistem hidrolik alat berat yang memiliki peranan sebagai pengubah tenaga fluida untuk diubah menjadi tenaga mekanik atau gerak.

Gambaran sederhana yakni coba amat sebuah excavator. Excavator meruapakan salah satu jenis alat berat yang dapat mengangkat beban hingga ratusan kilogram. Pertanyaannya, dari mana energi tersebut diperoleh?

Energi yang diperoleh dari excavator yakni berasal dari fluida. Fluida merupakan suebuah zat cair yang menjadi cikal bakal sebuah energi untuk diubah menjadi torsi pembangkit. Zat cair bisa berupa oli dan minyak, namun mayoritas hampir menggunakan oli. Fluida terlebih dahulu diubah menjadi energi dalam pompa hidrolik.

Sistem Kerja Cylinder Hidrolik

Sudah paham mengenai sistem kerja silinder hidrolik? Siapa bilang memahami mesin silinder hidrolik itu rumit? Nyatanya tidak. Berikut penjelasan sederhana akan diurai dibawah ini;

Perlu diketahui, bahwa silinder hidrolik mendapatkan tekanan sebuah gaya dari fluida yang sudah memiliki torsi atau tekanan. Pada silinder hidrolik terdapat sebuah piston yang saling terhubung dengan rod. Komponen inilah yang dapat bergerak maju dan munder, tergantung pada sisi yang mendapat tekanan dari fluida.

Ingat, besar tekanan yang digunakan tentu berbeda pada masing-masing silinder. hal ini dipengaruhi oleh beban yang didapatkan, luas penampang silidner, serta sisi rod-ya.

Cara Mendapatkan Cylinder Hidrolik Berkualitas

Hingga saat ini, beberapa pengguna mesin alat berat masih dilanda dilema dalam mendapatkan komponen silinder hidrolik berkualitas dan terpercaya.

Bukan tanpa sebab. Hal ini sebagai salah satu sikap bijak dan kritis dalam menentukan kualitas terbaik yang akan digunakan, Pasalnya, silinder hidrolik merupakan suatu komponen vital bagi performa mesin dalam hal mengubah tenaga fluida menjadi fluida bertekanan.

Jika tenaga bermasalah, apa imbasnya?

Sudah pasti performa serta kesehatan mesin menjadi menurun. Jika sudah terjadi, bersiaplah merogoh kocek lebih dalam untuk biaya maintenance dan fatalnya dapat berimbas pergantian sparepart mesin.

Jangan sampai hal ini menimpa Anda!

Cara mudah mendapatkan silinder hidrolik berkualitas yakni sebaiknya perhatikan indikator;

Merek

Harga

Distributor Resmi

Sudahkah anda menerapkannya?

Tidak banyak pengguna yang menyadari indikator tersebut sebab tergiur dengan harga murah tanpa mengetahui kualitas.

Selain merek dan harga, nyatanya peranan distributor resmi sangat penting untuk ditelaah serta diterapkan. Ini alasannya !

Distributor resmi sudah pasti berani menjamin kualitas serta produk. Hal ini mengingat produk yang didapatkan langsung dari pihak produsen tanpa melalui berbagai perantara.

Masih belum menemukan distributor resmi?

Salah satu distributor resmi terbaik dikelasnya yakni Cipta Hydropower Abadi manghadirkan berbagai macam dan jenis silinder hidrolik untuk kebutuhan industri Anda. Layanan dan produk selengkapnya intip disini.

Demikian ulasan mengenai cylinder hidrolik. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai rujukan terpercaya Anda.

Informasi seputar hidrolik lainnya hanya di jual selang hidrolik.

Bagikan Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *