Trik Ampuh 4 Cara Pasang Hose Dengan Benar & Mudah

Bagaimana cara pasang hose dengan benar dan mudah? Masih banyak pengguna pemula yang merasa kebingungan ketika hendak memasang hose. Meskipun sebagian besar sudah paham teknik secara teoritis, namun tidak sedikit juga yang merasa ragu apakah hose yang sudah dipasang sudah benar dan aman. Oleh sebab itu artikel ini akan membahas bagaimana cara memang selang hidrolik dengan benar dan mudah.

Kehadiran selang hidrolik hingga kini memang banyak dimanfaatkan bagi pengguna mesin berbasis sistem hydraulic. Tidak hanya mesin industri, namun berbagai unit alat berat seperti excavator pun membutuhkan selang hidrolik berkualitas agar terhindar dari getas atau kerusakan lebih cepat.

Cara Pasang Hose Dengan Benar

Agar terhindar dari kesalahan teknis yang dapat menyebabkan merembetnya kerusakan mesin, berikut perhatikan tiga tips cara pasang hidrolik hose dengan benar dan tepat berikut ini;

1. Harus diingat, dalam proses pemasangan hose tidak boleh terlalu tegang atau kaku. Semakin kaku, maka dapat terindikasi terjadinya kebocoran. Pastikan terdapat celah dengan kisaran jarak tertentu agar hose dapat mengembang ketika suhu mencapai titik tekanan tinggi, serta dapat menyusut saat suhu rendah.

2. Selanjutnya, pastikan radius bengkokan selang tidak terlalu kecil. Jika terlalu kecil, maka hal ini akan mengakibatkan aliran turbulen ikut membentuk sudut kecil. Apabila kondisi ini dibiarkan maka tentu bisa merusak komponen selang hidrolik yang dipasang.

3. Lalu ikat atau pasang klem pada selang hidrolik yang sudah terpasang agar kondisi selang tidak tersentak atau bergerak ketika mendapat beban yang tinggi. Usahakan klem mengikat dengan kencang.

4. Gunakan hose spiral guard yang berguna untuk mencegah getas lebih cepat akibat gesekan antar hose serta melindungi dari paparan cuaca

Tips Pilih Hose Hydraulic

Nah kini Anda telah mengetahui empat poin penting dalam memasang hose hydraulic secara benar. Namun rasanya belum lengkap jika belum mengetahui tips dalam memilih selang hidrolik.

Mungkin banyak diantara para pengguna yang masih merasa abai dalam memilih selang hidrolik berkualitas. Pasalnya, setiap brand atau merek yang berbeda tentunya terdapat perbedaan kualitas yang harus ditilik lebih dalam oleh si calon pembeli. Dengan demikian, peluang terjebak pada produk abal-abal dapat dihindari dengan mudah.

Nah berikut ini tips dalam memilih hose hydraulic, selengkapnya berikut ini;

1. Jenis & spesifikasi tepat

Perlu memastikan bahwa hose yang hendak dipesan memang telah sesuai dengan jenis dan spesifikasi yang Anda butuhkan. Dengan demikian mesin dan sparepart hose tidak mengalami bentrok kinerja.

2. Brand kualitas genuine

Tidak semua brand hose memiliki kualitas genuine. Oleh sebab itu ada baiknya Anda memesan selang hidrolik yang dibutuhkan melalui distributor hidrolik resmi terpercaya.

3. Utamakan kualitas bukan kuantitas

Berapa banyak pengguna yang lebih memilih harga mudah dibandingkan produk berkualitas? Meskipun beberapa produk murah memiliki kualitas tepat namun tidak sedikit juga kualitasnya buruk.

Nah itulah sedikit tips ulasan bermanfaat seputar cara pasang hose beserta tips memilihnya. Semoga bermanfaat.

Bagikan Sekarang

Leave a Comment