Cara Mengoperasikan Forklift Mudah Bagi Pemula

Bagaimana cara mengoperasikan forklift dengan mudah terutama bagi pemula? Jangan bingung, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Meksipun terlihat mudah, namun jangan dianggap remeh dalam mengoperasikan kendaraan alat berat yang satu ini. Kehadiran fokrlift kini makin banyak digunakan diberbagai sektor terutama pada sektor logistik dan industri untuk mengangkut serta memindahkan barang.

Bagi pengguna yang berkecimpung di dunia logistik, mesin forklift tentu bukanlah sesuatu yang asing terdengar di telinga. Forklift atau lift truck sudah hadir sejak lebih dari 100 tahun, pertama kali dibuat oleh Pennsylvania Railroad pada tahun 1906. Alat berat ini menggunakan sistem hidrolik forklift.

Ternyata penggunaan forklift cukup populer hingga saat ini.

Cara Mengoperasikan Forklift

Tidak boleh sembarangan, untuk mengoperasikan forklift memang dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan khusus untuk bisa mengoperasikan dengan benar.

Jika Anda hendal membeli atau menyewa forklift, maka Anda harus tahu bagaimana cara mengoperasikan forklift dengan benar agar tidak terjadi kesalahan yang membahayakan area kerja. Pasalnya, jika salah mengoperasikan unit maka akan berisiko terhadap keselamatan operator dan orang-orang yang ada di sekitar.

Sebelum mengoperasikan fokrlift, setidaknya Anda harus mengenali terlebih dahulu jenis yang akan digunakan.

Jenis Transmisi Forklift

1. Jenis Forklift Matic

Forklift jenis ini lebih menggunakan tenaga batterai atau accu sebab ramah lingkungan sehingga tidak menimbulkan polusi berlebih.
Pada umum nya matic lebih mudah dari pada manual, hanya yang membedakan terletak pada tuas handle. Tuas handle untuk matic ada 4, diantaranya :
1.  Naik turun
2.  Maju mundur
3.  Cungkil
4.  Geser kanan kiri
Penggunaan forklift matic biasanya lebih dikhususkan pada sektor perusahaan bebas polusi indoor seperti, garment, produk makanan, dll.
Untuk pengoprasian forklift matic :
– pedal bawah sebagai rem dan kopling apabila diinjak berati kopling dipegang
– namun apabila dilepas berarti rem akan berfungsi
– untuk menjalankan posisi memajukan handle lalu jalan maju atau mundur dan tidak ada gigi

2. Jenis Forklift Manual

Dibandingkan dengan jenis matic, jenis manual menggunakan bahan bakar berupa solar. Forklift manual tersedia dari jenis muatan 3 ton, 5 ton, bahkan lebih dari 8 ton. Pada pedal bagian bawah ada gas, kopling, dan rem seperti layaknya mobil.

Jika forklift manual ditempatkan pada penggunaan lingkungan bebas polusi, lain halnya dengan forklift manual yang digunakan di tempat outdoor sebab karena menghasilkan polusi yang cukup banyak dari knalpot.

Cara mengoperasikannya terbilang lebih sulit karena roda forklift yang dapat berbelok pada bagian belakang.

Untuk pengoprasian forklift manual :

– untuk handel paling kanan terdapat gigi maju dan mundur

-sebelahnya ada perseneling gambar kura-kura artinya gigi satu

-gambar kijang artinya gigi 2

-lalu untuk handel kiri dari kemudi ada naik turun dan cungkil

-pembedaan forklift manual dengan matic adalah tidak ada tuas maju mundur dan geser nya sehingga lebih sulit dari pengoperasian jenis matic

 

Nah demikian ulasan cara mengoperasikan forklift dengan mudah untuk pemula. Jangan lupa lakukan perawatan forklift agar unit tetap awet sehingga tidak mudah rusak lebih cepat.

 

Bagikan Sekarang

Leave a Comment